Nama Bayi Laki-Laki yang Indah dan Syarat Makna

Posted on

ArenaWanita.com – Sebuah harapan terbesar dari pasangan suami istri yang baru menikah adalah hadirnya buah hati belahan jiwa. Ketika mereka dikaruniai bayi yang sehat dan lucu, pastinya menjadi PR bagi orang tua untuk memberikan nama yang terbaik. Jika sang buah hati adalah seorang laki-laki, tentunya harus ada daftar nama bayi laki-laki yang akan dijadikan sebagai referensi.

Pemberian nama biasanya tergantung dari latar belakang kedua orang tuanya. Biasanya nama dibuat menggunakan bahasa jawa, bahasa arab, bahasa inggris, ataupun bahasa yang lain yang memiliki makna.  Akan tetapi, tidak jarang kalau nama berasal dari singkatan kedua orang tuanya atau istilah-istilah asing yang sebenarnya secara bahasa tidak menunjukkan makna tertentu.

Sebagian orang mempunyai pemikiran tentang ‘apalah arti sebuah nama?’ dan di sisi lain banyak yang menganggap bahwa nama menyimpan sebuah harapan yang besar dari orang tua terhadap sang buah hati agar kelak menjadi orang yang memiliki sikap, kepribadian, dan intelektual yang sesuai dengan makna yang terkandung dalam nama tersebut.

Seiring dengan berjalannya waktu, jika ada keyakinan kuat dan ikhtiar yang besar, pastinya harapan yang terkandung dalam arti sebuah nama akan terwujud. Jika buah hati anda adalah seorang laki-laki, maka tidak ada salahnya untuk menyimak referensi tentang nama bayi laki-laki yang telah dirangkum di bawah ini.

Referensi Nama Bayi Laki-Laki yang Indah untuk Sang Buah Hati

  1. Nama indah bahasa arab dan sarat akan makna

Susunan kata dalam nama yang dibuat dari bahasa arab terkadang tidak sesuai dengan kaidah bahasa arab. Akan tetapi, jika sebagian besar orang telah faham pada makna secara lughowi (bahasa)  dari nama tersebut, maka hal ini tidaklah menjadi masalah yang berarti. Adapun contoh nama bayi laki-laki dengan bahasa arab antara lain:

Nama Bayi Laki-Laki yang Indah dan Syarat Makna

  • Syamsul Huda

Syamsul (Cahaya Matahari), Huda (Hidayah/petunjuk). Nama ini mengandung harapan bahwa kelak sang anak akan menjadi orang yang mampu memberikan arahan atau petunjuk yang baik kepada orang lain.

  • Aqil Mafruchin

Aqil (orang yang berakal), mafruchin (Orang yang dibuka (asal kata Farocha)). Berharap kelak akan menjadi anak yang dibuka akalnya (cerdas)  sehingga mampu menerima berbagai macam cabang ilmu yang disebar di muka bumi.

  • Fatchurrochman Taufiq

Fatchur (membuka), Rochman (kasih sayang), Taufiq (pertolongan). Diharapkan kelak nama bayi laki-laki ini akan menjadikan empunya sosok yang selalu diberi kasih sayang dan dibukakan jalan oleh Sang Kholiq atas segala kesusahan sekaligus menjadi orang yang suka menolong dan penuh kasih sayang terhadap sesama.

  • Ulin Nuha

Gabungan kata di atas terdapat dalam ayat suci Al-Qur’an yang bermakna ‘orang yang menggunakan akalnya untuk berfikir’.

  • Akmal Maulana

Akmal (Lebih sempurna), Maulana (pemimpin kita). Mengandung harapan bahwa kelak akan menjadi seorang pemimpin yang lebih sempurna sifat kepemimpinannya dibandingkan sebelumnya.

  • Hidayatul Ma’ruf

Hidayatul (petunjuk), Ma’ruf (kebaikan). Diharapkan kelak menjadi anak yang memberikan arahan atau petunjuk pada kebaikan.

  • Khoirul Anam

Khoirul (baik), Anam (makhluk). Diharapkan kelak menjadi insan yang baik akhlak dan budi pekertinya.

  • Amin Rofiq

Amin (dapat dipercaya), Rofiq (sahabat). Diharapkan dapat menjadi sahabat yang dapat dipercaya.

  • Hasbi Ainul yaqin

Hasbi (menghitung), Ainul (penglihatan), Yaqin (keyakinan). Diharapkan menjadi orang yang selalu instropeksi diri dengan selalu menghitung-hitung amal yang dia lakukan.

  • Nurainil Aziz

Nuranil (cahaya), Aziz (Agung). Diharapkan menjadi anak yang mulia bagaikan cahaya dalam kegelapan.

  • Ali Misbahul Munir

Ali (luhur/mulia), Misbahul (penerang), Munir (cahaya). Diharapkan nama bayi laki-laki ini menjadi doa agar kelak menjadi cahaya penerang yang mulia  bagi orang-orang di sekitarnya.

  • Chasanul Mubarok

Chasanul (kebaikan), Mubarok (berkah). Diharapkan kelak menjadi anak yang mampu membawa kebaikan yang berlipat-lipat (berkah).

  • Ali Burhan Syukroni

Ali (luhur/mulia), Burhan (tanda-tanda), Syukroni (perwujudan syukur). Diharapkan mampu untuk mensyukuri sebuah tanda-tanda atas kenikmatan yang diberikan oleh zat yang agung.

  • Zainul Ichsan

Zainul (Perhiasan), Ichsan (Bagus). Nama bayi laki-laki ini mengandung arti bahwa ia adalah perhiasan atau harta benda yang terbaik bagi kedua orang tuanya.

  • Syarifudin Musthofa

Syarifudin (orang yang mulia agamanya), Musthofa (pilihan). Diharapakan kelak menjadi manusia pilihan yang memiliki kemuliaan dalam agama.

  • Sholichul ‘Abdi

Sholichul (soleh/baik), abdi (hamba). Diharapakan menjadi hamba Allah yang mempunyai budi pekerti yang baik.

  • Adibul Mukhtar

Adibul (orang yang memiliki adab/tata kerama), Mukhtar (orang yang dipilih). Diharapkan kelak menjadi orang pilihan masyarakat yang memiliki tata krama yang baik.

  • Khotibul Hasan

Khotibul (orang yang menyampaikan suatu hukum), Hasan (baik). Diharapkan kelak menjadi orang yang adil, dimana dapat memutuskan suatu hukum yang baik.

  • Yuwafiq Amrulloh

Yuwafiq (Orang yang menolong), Amrulloh (perkaranya Allah). Diharapakn menjadi insan yang mampu menolong urusan atau agamanya Allah.

  • Fatichul Asror

Fatichul (orang yang dibuka), Asror (rahasia-rahasia). Berharap menjadi anak yang mampu menguak rahasia kekuasan Allah yang belum terkuak di muka bumi.

  • Zakiyatul Musthofa

Zakiyatul (bersih), Musthofa (pilihan). Diharapkan kelak akan menjadi anak pilihan umat yang bersih dari perbuatan tercela.

  • Hafidz Shodiq

Hafidz (orang yang menjaga diri), Shodiq (orang yang jujur). Lafadz Hafidz juga merupakan istilah untuk orang-orang yang hapal Al-Quran. Diharapkan dengan nama bayi laki-laki yang indah ini, kelah menjadi orang yang diberi nikmat berupa kemampuan untuk menghafal Al-Quran. Bisa juga diartikan sebagai seorang laki-laki yang mampu menjaga diri dari perbuatan tercela sekaligus orang yang dapat dipercaya.

Anda dapat mencari referensi nama bayi laki-laki  melalui arti kosa kata yang terdapat dalam Al-Quran, Hadist, Syi’ir orang arab, maupun dengan cara membuka kamus bahasa arab.

  1. Nama indah dalam bahasa Jawa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan istilah lain

  • Rizki Agung Putra

Nama bayi laki-laki dalam bahasa Jawa ini bermakna laki-laki yang diberikan rizki yang baik dan banyak.

  • Bagas Abimanyu

Nama ini mengandung makna orang yang baik budinya serta tidak takut menghadapi kesulitan dan tantangan yang menghadang.

  • Aditya Haris

Nama ini mengandung makna bahwa kelak akan menjadi laki-laki yang tampil sebagai orang yang tertata baik tingkah lakunya.

  • Aji Husada

Diharapkan menjadi obat penawar yang manjur bagi orang-orang yang hatinya maupun fisiknya sakit.

  • Alison Devian

Bermakna laki-laki pemimpin umat manusia yang mampu menerangi dunia.

  • Charles Alvyn

Nama ini memiliki makna laki-laki yang jantan sekaligus bisa menjadi teman yang setia

  • Eric Brandon

Nama ini bermakna seorang laki-laki yang jantan dan kuat seperti gagak yang menjadi pemimpin yang memiliki kekuasaan yang kokoh.

Baca juga:

Panggilan yang indah juga dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi sang anak ketika ia dewasa. Nama yang bagus dan penuh makna adalah kado terindah yang pertama kali diberikan oleh orang tua kepada sang buah hati. Jadikanlah nama bayi laki-laki di atas sebagai kado terindah anda. Selamat mencari dan memilih nama yang paling tepat.

Kata Kunci Halaman Ini:

yuwafiq artinya, janu tradisional yang paling manjur untuk menurunkan berat badan, foto bayi laki laki, fatchur rochman artinya, cara membikin nama bayi laki laki, arti nama yuwafiq, arti nama taufik aditya bebeserta sifat dan kepribadiannya, Arti nama anak yang jarang sakit, arti nama adibul mukhtar, arti dari nama misbahul munir

Baca Juga: