Tips Memilih Nama Bayi Perempuan

Posted on

ArenaWanita.com – Memiliki buah hati tentunya menjadi impian bagi setiap pasangan yang sudah menikah, baik itu calon bayi laki-laki ataupun perempuan. Salah satu wujud syukur atas karunia yang diamanahkan oleh Tuhan tersebut adalah dengan memberi nama yang baik bagi bayi tersebut.

Ada banyak nama bayi perempuan yang memiliki arti yang baik, mulai dari nama kejawen, islami, kristiani, maupun modern yang bisa dipilih oleh para orang tua untuk menamai putra-putri kecilnya tersebut.

Tips memilih nama bayi perempuan yang memiliki arti indah dan baik

Nama bisa menjadi doa bagi siapa pun yang menyandang nama tersebut. Nama juga bisa berupa harapan dari orang tua agar anaknya kelak bisa seperti tumbuh sesuai makna nama yang disandangnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk memberikan nama bayi perempuan Anda dengan nama yang indah dan penuh makna.

Beberapa tips berikut bisa mempermudahkan Anda dalam memilih nama bayi perempuan:

Beranilah untuk memilih nama yang berbeda

Setiap orang pasti memiliki nama favoritnya masing-masing. Begitu juga dengan Anda, pasangan, dan juga keluarga. Jika terdapat sebuah nama favorit dalam keluarga Anda dan pasangan, nama tersebut tidak wajib digunakan. Tidak ada salahnya untuk mencoba nama lain yang memiliki arti yang sama bagusnya dengan nama tersebut. Nama yang akan dipilihkan untuk putri kecil Anda tentunya sudah melalui proses dan pertimbangan yang panjang. Tidak ada salahnya memiliki nama yang berbeda dengan nama anggota keluarga lain. Bukankah itu akan memudahkan Anda saat mencari nama panggilan untuk putri kesayangan Anda?

Inspirasi bisa datang dari hobi Anda dan pasangan

Inspirasi nama untuk si buah hati juga bisa berasal dari hobi yang dimiliki Anda. Selain hobi, inspirasi nama juga bisa berasal dari kecintaan atau kesukaan pada sesuatu hal. Misalkan suami atau istri Anda adalah orang yang bergelut dalam dunia musik, nama “melodi” terdengar cukup bagus untuk mengisi rangkaian nama putri tercinta. Tapi perlu diingat bahwa jangan terlalu nyeleneh dalam memberikan sebuah nama, karena bisa menjadi masalah bagi putri Anda saat ia dewasa kelak.

Tips Memilih Nama Bayi Perempuan

Inspirasi nama keluarga

Inspirasi nama keluarga yang dimaksud adalah dengan menyematkan nama keluarga atau marga di rangkaian nama bayi perempuan Anda. Beberapa suku di Indonesia masih menyematkan nama marga di belakang nama anak-anak mereka, sehingga tentu bukan menjadi hal yang aneh bahkan sudah menjadi kebanggaan sendiri saat menyandang nama marga tersebut. Hal ini juga bisa menjadi wujud apresiasi sekaligus bukti bahwa putri kecil Anda adalah satu bagian dari keluarga besar. Bagi beberapa orang, menyandang nama besar keluarga adalah sebuah kebanggaan.

Tegas dalam campur tangan anggota keluarga yang lain

Ada kalanya orang tua ingin turut ikut campur dalam pemberian nama bagi cucu tercinta. Walaupun begitu, Anda dan pasangan adalah orang yang paling berhak untuk memberikan nama bagi si buah hati. Usulan mereka tentu bisa menjadi pertimbangan. Namun demikian, semua keputusan kembali pada Anda dan pasangan sebagai orang tua dari si bayi.

Ada banyak sekali pilihan untuk nama bayi perempuan yang memiliki arti yang indah dan baik. Nama-nama tersebut bisa berupa kombinasi beberapa macam bahasa yang jika digabungkan memiliki arti yang indah dan juga menjadi harapan yang baik. walaupun begitu, ada beberapa hal yang harus Anda hindari saat memilih nama untuk putri tercinta:

Hindari nama yang sering dipakai

Memilih dan menggunakan nama yang sering dipakai pada umumnya memberikan kesan yang sudah biasa bahkan terkesan kurang spesial. Bayangkan, jika Anda memberikan nama-nama yang sudah sering dipakai untuk nama bayi perempuan seperti Dewi contohnya, lalu Anda mengajak si buah hati jalan-jalan dan ada orang tua lain yang memanggil anaknya yang bernama “Dewi”. Putri Anda pasti akan bingung dan mengira orang tersebut memanggilnya kemudian menyahut lalu menghampiri orang tersebut. Bukankah ini berbahaya? Jadi sebaiknya pilihkan nama yang berbeda dan jarang digunakan oleh orang lain.

Hindari nama yang pengucapannya sulit

Setiap orang tua pasti menginginkan untuk memberikan nama yang unik untuk buah hatinya. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak memberikan nama yang sulit, baik itu dari segi pengucapan maupun penulisannya untuk nama bayi perempuan ataupun laki-laki. Mungkin bagi Anda, nama yang diberikan cukup mudah dilafalkan, namun bagaimana dengan orang lain seperti kakek atau neneknya? Akan menjadi lucu bukan jika kakeknya kesulitan memanggil nama cucunya sendiri?

Hindari nama yang membingungkan

Membingungkan yang dimaksud adalah ada unsur nama laki-laki pada nama bayi perempuan atau sebaliknya. Hal ini tentu akan membingungkan bagi siapa pun yang mendengar nama tersebut. Oleh karena itu, hindarilah memberikan nama berunsur nama laki-laki pada nama putri Anda, sehingga tidak akan menimbulkan kerancuan nantinya.

Hindari nama yang terlalu pendek atau terlalu panjang

Nama yang terlalu panjang atau terlalu pendek tentunya akan memberikan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika nama bayi perempuan Anda terlalu panjang, suatu hari Anda akan mengalami banyak masalah baik saat penulisan akta kelahiran maupun ijazah pada saat putri Anda bersekolah. Sedangkan jika namanya terlalu pendek, tentu akan dirasa ada yang kurang. Jika namanya terlalu pendek, secara otomatis nama itu akan menjadi satu-satunya nama panggilan untuk putri Anda.  Pada beberapa kolom pengisian data biasanya terdapat nama panjang dan nama panggilan. Tentu akan membingungkan jika nama yang dimiliki hanya terdiri dari satu kata saja. Oleh karena itu, paling tidak berikan minimal dua kata untuk nama putri tercinta.

Hindari pemilihan nama tanpa mengetahui arti atau maknanya terlebih dahulu

Setiap nama yang diberikan pasti memiliki arti, makna, atau rahasia dibalik pemilihan  tersebut. Banyak sekali istilah unik yang bisa ditemukan terutama dari internet. Tetapi jangan asal mencomot istilah tersebut untuk menjadi bagian dari rangkaian nama bayi perempuan Anda. Sebaiknya, cari tahu arti dari nama atau istilah tersebut. Jangan sampai ada penyesalan karena menyematkan nama atau istilah yang kurang jelas pada nama putri Anda. Karena itu, pikirkan baik-baik jika ingin mengambil istilah atau nama yang ditemukan. Walaupun sekilas terdengar ear catching atau enak didengar, pastikan nama atau istilah tersebut mengandung makna baik yang bisa membawa pengaruh positif bagi masa depan putri Anda.

Baca juga:

Dari uraian di atas mengenai beberapa tips memilih nama yang baik untuk bayi perempuan serta beberapa hal yang harus dihindari tentunya Anda memiliki gambaran, kira-kira nama apa yang cocok dan pas yang akan diberikan kepadasi kecil. Tentunya nama yang diberikan memiliki arti yang baik dan berisi doa sesuai dengan nama bayi perempuan sebagai anugrah terindah bagi keluarga Anda.

Kata Kunci Halaman Ini:

Nama bayi modern yg sulit pengucapannya

Baca Juga: