Cobain Yuk Nikmatnya Kuliner Unik dari Yogyakarta

Posted on

ArenaWanita.com – Yogyakarta, kota kenangan berhati nyaman. Ya, siapa yang bisa menampikan hal tersebut, Jogja bukan tempat asing bagi parawisatawan. Tak sedikit yang datang kesini lebih dari sekali, namun rasanya tak pernah ada yang bosan menginjakan kaki ditanah istimewa ini.


Kata orang rasa cinta datangnya dari mata turun kehati, namun tak bisa dipungkiri jika rasa cinta juga bisa datang dari lidah. Yups, nikmatnya kuliner Jogja memang membuat banyak orang jatuh cinta dan bisa berhenti memikirkannya. Nah, kali ini ArenaWanita.com akan memberikan informasi seputar kuliner yang ada di Yogyakarta.

Bubur Gudeg

Bertandang ke Jojga memang tidak afdol jika tak menggoyang lidah dengan kelezatan gudeg. Namun bagaimana jika wisata gudeg anda kali ini disajikan secara berbeda. Jika gudeg biasa disantap saat makan siang atau makan malam, kali ini anda bisa menikmatinya dipagi hari. Datanglah ke jalan Gayam yang terletak dipusat kota, jangan melintas terlalu cepat karena anda akan melewatkan seorang ibu yang tengah menjajakan bubur.

Bukan bubur ayam atau pun kacang hijau, tapi ini dia yang namanya bubur gudeg. Perpaduan antara bubur dan gudeg memang terdengar cukup aneh bagi yang pertama kali mendengarnya. Namun jangan ditanya rasanya, dijamin anda bakal memesan poersi kedua.

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda atau turi yang dimasak dengan santan selama berjam-jam. Warna coklatnya dihasilkan dari daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg biasa disajikan dengan kuah santan kental atau areh, ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Jika nasi putih biasanya pelengkap utama, kali ini gudeg disajikan diatas bubur beras putih kemudian diberi kuah semur tahu. Hmm, santapan yang lezat untuk membuka hari bukan? Satu porsi bubur gudeg dihargai mulai dari 9 ribu hingga 17 ribu rupiah tergantung lauk yang dipilih.

Bubur Gudeg

Bubur gudeg dengan telur tahu harganya 9 ribu rupiah, jika ingin ditambah potongan opor ayam ditambah 8 ribu rupiah lagi. Biasanya bubur gudeg disajikan untuk bekal anak sekolah ataupun para pekerja yang berangkat ke kantor. Bubur gudeg jalan Gayam pun sudah melegenda, penjualnya adalah generasi ketiga semenjak pertama berjualan puluhan tahun silam. Yang pasti menurut para pembeli rasanya tak berubah hingga kini.

Soto Gobyos

Soto Gobyos

Bosan dengan masakan Jawa yang bercitarasa manis? Yuk, kita coba sajikan kuliner yang satu ini soto gobyos. Letaknya dikawasan wisata Patuk membuat soto gobyos mudah ditemukan. Soto gobyos Buhadi buka sejak pukul 7 pagi hingga habis. Soto gobyos akan membuat lidah anda gobyos alias kepedesan. Pasalnya cabe merahnya langsung diulek dimangkuk, anda bisa minta jumlah cabai sesukanya. Namun biasanya 2 cabai saja sudah cukup pedas, bagi penggila pedas 5 hingga 6 cabai baru memuaskan lidah membara.

Setelah ulekan cabai masukan nasi, toge rebus, potongan daging sapi, daun seledri dan taburan bawang goreng, yang istimewa adalah guyuran kuahnya yang berasal dari kaldu dengkul sapi. Anda bisa menambahkan guyuran asam jeruk nipis untuk menambah kesegaran dan nikmati selagi hangat. Guyuran kuah pedas hangat akan membanjiri ruang lidah anda. Jika ingin menambah lagi anda bisa mencoba soto gobyos dengan paduan suiran ayam kampung. Satu porsi soto gobyos cukup anda bayar dengan satu selembar uang 10 ribu rupiah. Cukup terjangkau dan pastinya dijamin lezat.

Nasi Bakmoy

Nasi Bakmoy

Satu lagi sajian di grobak kuliner buhadi nasi bakmoy. Penganan asal negeri Tiongkok ini juga diburu oleh para penggemar kuliner. Nasi bakmoy mirip dengan nasi tim kuah kaldu, hanya saja nasi yang disajikan adalah nasi matang. sedangkan lauk utamanya adalah ayam dan potongan tahu. Nasi bakmoy dikenal sebagai makanan rakyat, karena sajiannya yang simpel dan mudah didapat. Setelah diberi ayam dan potongan tahu, sajikan dengan seledri dan bawang goreng, tuang sedikit kuah kaldu dan masi bakmoy lezat siap disantap. Citarasa nasi bakmoy lebih manis dan gurih, cocok bagi anda yang kurang suka dengan masakan pedas. Untuk harga nasi bakmoy sama dengan soto gobyos 10 ribu rupiah saja permangkuknya.

Baca juga:

Nah, itulah beberapa kuliner unik dari kota istimewa Yogyakarta. Semoga informasi yang kami sajikan dapat menambah wawasan anda selamat mencoba.