Nunggak Pajak Motor? Buruan Bayar di Tempat Ini, Bebas Denda Sampai Tanggal Berikut Lho!

Posted on

ArenaWanita.com – Untuk beberapa yang memiliki kendaraan yang tengah mempunyai tunggakan pembayaran pajak kendaraan, informasi ini dapat sedikit menolong. Pemerintah Daerah Spesial Istimewa (DKI) Jakarta mendatangkan program penghilangan sangsi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) serta sangsi administrasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB).

Info ini didapat dari akun media sosial Humas Polda Metro Jaya, Rabu (19/7/2017). Program yang diadakan mulai 19 Juli 2017 ini juga akan dilangsungkan sampai 31 Agustus 2017 yang akan datang.

Nunggak Pajak Motor? Buruan Bayar di Tempat Ini, Bebas Denda Sampai Tanggal Berikut Lho!

Keinginannya beberapa harus pajak yang mempunyai sangsi administrasi bisa selekasnya lakukan pembayaran pajak kendaraannya di Samsat paling dekat yang ada di lima lokasi DKI Jakarta.

Harus pajak dapat juga memakai sarana e-Samsat dan gerai Samsat yang ada di pusat perbelanjaan.

Pada Maret lantas, Tubuh Pajak serta Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta memberitahukan sejumlah 3, 8 juta kendaraan di lokasi Ibu Kota menunggak pajak.

Bekerja sama juga dengan pihak kepolisian, mereka berencana untuk membuat razia kendaraan yang menunggak pajak itu.

Pihak kepolisian pernah berencana proses razia juga akan diselenggarakan pada Mei kemarin.

Tetapi gagasan itu diundur karna menanti kesiapan pihak kantor pajak mendata kendaraan yang punya masalah.

Masih tetap Belum juga Tahu Masalah Pajak Progresif di STNK? Begini Keterangannya

Janganlah kaget bila ketahui skutik 110 cc Anda lebih mahal daripada pajak kendaraan bermotor (PKB) skutik 150 cc dengan th. buatan yang sama.

Mungkin saja, hal itu karna terserang pajak progresif.

Bagaimana caranya lihatnya?

Masalah pajak progresif, ada kode-kode spesifik pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang menyebutkan tingkatan pajak progresif.

Cobalah check serta simak STNK Anda, lalu mencari halaman Surat Ketentuan Pajak Daerah PKB/BBN-KB serta SWDKLLJ yang umumnya berwarna cokelat.

Di bagian kanan, diatas besaran PKB, BBN-KB, dan sebagainya, ada kotak pertama yang diisi kode-kode.

Saksikan sisi kode paling belakang, tersebut tanda pajak progresif.

Umumnya tiga angka, apabila tercantum 001, berarti kendaraan Anda yaitu yang pertama, serta dipakai pajak 2 % dari Basic Pengenaan Pajak (DPP) kendaraan itu.

DPP ditetapkan oleh pemerintah daerah semasing dengan lihat harga market kendaraan serta beberapa hal yang kurangi nilai kendaraan itu.

Lantas, bila tercantum angka 002, 003, dan sebagainya, berarti kendaraan telah terkena pajak progresif yang tunjukkan kendaraan itu yaitu kepemilikan yang ke-2, ke-3, dan sebagainya.

PKB semakin lebih besar, yaitu 2, 5 % dari DPP untuk motor ke-2, lantas 3 % untuk motor ke-3, dan sebagainya ditambah 0, 5 % hingga batas 17 kendaraan.

Kata Kunci Halaman Ini:

penghilangan denda pajak kendaraan di jakarta

Baca Juga: