AW’ers Wajib Tahu Olahan dan Manfaat Jahe Merah

Posted on

ArenaWanita.com – Anda tentu sudah tak asing lagi dengan tanaman rimpang yang satu ini bukan? Ya jahe. Tanaman dengan nama latin Zingiber officinale ini adalah rimpang yang populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Bentuknya seperti jemari tangan yang menggembung diruas tengahnya.

Jahe memiliki banyak jenis, salah satu yang paling kaya manfaat adalah jahe merah. Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa yang lebih pedas, sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Ukuran rimpangnya paling kecil dan kulit kulit berwarna merah dan seratnya lebih besar dibanding jahe biasa.

Ya, agar lebih mudah mengontrolnya anda bisa tanam jahe merah dilokasi yang mudah dulu, dibelakang rumah misalnya lalu jika sudah tumbuh tunas pindahkan ke lokasi yang lebih baik. Jahe merah memang bisa tumbuh dimana saja, tidak memerlukan tempat khusus bahkan di polibek pun bisa.

Untuk perawatan pun cukup bersihkan dari rumput-rumput liar dan beri pupuk setiap 2 minggu sekali. Menanamnya bisa didaerah sejuk dan bisa pula didataran rendah. Jahe merah berkembang biak secara vegetatif atau tanpa melalui proses perkawinan.

Jahe merah tumbuh didaerah tropis dan subtropis. Saatnya panen adalah jika usia tanaman sudah menginjak 1 tahun, anda akan mendapatkan jahe merah segar cukup besar dan baunya sangat harum.

Manfaat Jahe Merah

Sebagai ampuh sebagai obat tradisional jahe merah juga bisa dibuat jadi minuman yang menyegarkan. Ya segelas Bir Kocok mampu mendinginkan badan. Tapi jangan keburu berpikir negatif ya? karena meskipun bernama bir, minuman ini sama sekali tidak mengandung allkohol. Grobak kecil dengan botol-botol berisi cairan coklat tampak diantara lalu lalang pejalan kaki dijalan SuryaKencana Bogor. Ya disinilah bir kocok yang melegenda bisa anda coba. Sebagai minuman tradisional bir kocok sudah ada sejak tahun 60 an.

Minuman ini merupakan warisan tradisi dari Jawa Barat, kandungan dalam bir kocok dipercaya berkhasiat untuk menghilangkan lelah. Bahan-bahan untuk membuat minuman ini terdiri dari gula pasir, gula aren, jahe merah, pandan serta bubuk kayu manis dan cengkeh. Pembuatan diawali dengan merebus air sambil menunggu mendidih, haluskan jahe merah dengan cara diblender dengan begini sari Jahe bisa dikeluarkan dengan maksimal.

Olahan Jahe Merah Bir Kocok

Kemudian secara bertahap masukan jahe halus, bubuk kayu manis dan cengkeh, gula aren, gula pasir serta pandan kedlam rebusan air. Masak semua bahan sambil diaduk sampai matang. kini bir kocok hanya tinggal disaring dan dimasukan kedalam botol, setelah dingin bir kocok bisa langsung dinikmati. Dan inilah yang membuat minuman ini disebut bir kocok. Sebelum disajikan rempah-rempah ini akan dikicok beersama es batu. Kocokan ini memunculkan busa saat minuman dituang.

Baca juga:

Dilihat sekilas minuman ini tampak sangat mirip dengan bir, namun saat diminum rasa menyegarkanlah yang akan anda rasakan. Manis dan dinginnya bir kocok langsung menyerbu dimulut, lalu perlahan rasa dingin berganti hangat saat minuman mengalir ketenggorokan. Setelah beberapa tegukan yang tertinggal adalah segar yang mengusir haus dan panas. Segelas bir kocok bisa dinikmati dengan harga 4 ribu rupiah saja pergelas. Harga yang murah untuk sensasi rasa yang meriah. Jangan sampai tidak mencobanya bila berkunjung ke kota hujan ya?

Baca Juga: