Olahan Jengkol: Kroket Jengkol dan Jengkol Tahi Lala

Posted on

ArenaWanita.com | Olahan Jengkol – Hampir semua orang tahu jengkol, dan bila mendengar atau melihat sosoknya yang terlintas pertama kali dipikiran kita adalah baunya. Iya, jengkol memang dapat memberikan efek bau tak sedap, baik pada saat bernafas maupun pada saat buang air besar maupun air kecil. Ini dia si bulat yang bisa buat aroma tak sedap pada mulut.

Meskipun bau ternyata jengkol tetap menjadi makanan favorit, baik di negara kita Indonesia tetapi juga di Thailand, Malaysia dan Singapura. Meskipun bau, ternyata jengkol bisa go Internasonal juga. Jengkol merupakan keluarga kacang polong dengan pohon berbunga, dan merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara.

Pohon jengkol ini sendiri mempunyai ukuran yang terhitung sangat tinggi dan cukup besar. Buahnya berupa polongan dengan bentuk gepeng berbelit menyerupai sepiral disertai warna lembayung yang tua. Pada biji buahnya berkulit ari tipis dengan warna cokelat mengkilap, meskipun mempunyai aroma tak sedap kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada jengkol sangat tinggi. Kandungan gizi apa saja yang terdapat di jengkol, yakni ada energi, protein, karbohidrat,vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor serta kalsium. Selain itu jengkol juga kaya akan kalsium jadi aman untuk dikonsumsi untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Ternyata buah yang beraroma tak sedap ini mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang sangat tinggi dan diminiati oleh banyak orang hingga kini, meskipun banyak mengandung gizi dan nutrisi untuk mengkonsumsi buah jengkol jangan berlebihan, karena bisa menyebabkan keracunan dan sakit kejengkolan. Sakit kejengkolan adalah penyakit susah buang air kecil atau yang biasa terkenal dengan sebutan anyeng-anyengan. Yakni volume air kencing yang dikeluarkan berkurang dan terkadang disertai bercak-bercak darah.

Cara mengurangi bau pada jengkol, ini adalah tipsnya, sebelum membersihkan jengkol sebaiknya si bulat ini kita rendam terlebih dahulu selama satu malam, biar kulitnya yang berwarna hitam itu mengelupas dengan sendirinya. Dalam proses perendaman itulah yang juga ampuh dalam menghilangkan baunya. Selain merendam buah jengkol, ada juga tips menghilangkan bau jengkol dengan cara mengubur jengkol selama satu minggu didalam tanah, atau bisa juga merebusnya bersamaan dengan daun melinjo. Selain menimbulkan aroma yang tak sedap ternyata jengkol dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak dan mencegah anemia dan diabetes pada orang dewasa.

Yang berguna untuk tubuh manusia ternyata jengkol bisa diolah menjadi penganan yang enak dan lezat. Pertama-tama yaitu kroket jengkol, biasanya kroket itu terbuat dari kentang, tapi kali ini disajikan dalam varian yang berbeda yakni yang berbahan dasar jengkol.

Kroket Jengkol
Kroket Jengkol

Siapkan bahan-bahannya seperti jengkol yang sudah direbus, tepung roti, pala bubuk, mentega, merica dan garam. Untuk isi kroketnya sendiri menggunakan bahan-bahan yakni irisan wortel, irisan keju dan ayak. Cara membuatnya, pertama aluskan jengkol yang sudah direbus tunggu hingga teksturnya padat. Lalu campur jadi satu dengan semua bumbu dan ratakan dengan cara mengaduknya. Untuk isi kroketnya sendiri semua bahan-bahan yang sudah di iris aduk jadi satu kasih garam dan merica, bentuk hingga menjadi bulat dan baluti secara menyeluruh dengan tepung roti. Proses terakhir digoreng hingga warnanya berubah kecokelatan, itu tandanya sudah matang angkat dan iriskan. Kroket jengkol siap disajikan dan disantap.

Jengkol Tahi Lala
Jengkol Tahi Lala

Selain kroket jengkol, ada olahan jengkol lainnya yaitu jengkol tahi lala. Cara membuatnya mudah banget, terlebih dahulu rebus jengkol hingga empuk lalu jengkol kita bentuk tipis-tipis, dengan cara dipukul-pukul tapi jangan terlalu keras yaa biar gak begitu benyek.

Baca juga:

Untuk bumbu sausnya atau tahi lala nya terbuat dari santan kelapa yang direbus dalam jangka waktu tertentu, yang akan menghasilkan minyak dan ampas kelapa. Minyak dan ampas kelapa harus dipisah, karena ampasnya akan dimakan bersamaan dengan jengkolnya. Sebelum disantap taburi dulu dengan merica yang akan menambah citarasa dilidah selamat menikmati.!!

Kata Kunci Halaman Ini:

jengkol tahi lala, cara membuat tahi lalat jengkol, resep jengkol lalaan, cara masak lalak jengkol, cara membuat tahi lala jengkol, cara membuat lalak jengkol, tahilala, cara membuat jengkol bumbu tahilala, cara memasak jengkol tahi lala, buat tailala jengkol

Baca Juga: