Ini Dia Aneka Olahan Lidah Sapi yang Menggoda Selera Kamu

Posted on

ArenaWanita.com – Lidah sapi adalah bagian daging sapi yang berasal dari lidah sapi. Biasanya, daging ini digunakan sebagai bahan dasar makanan untuk Sate Padang dan Semur Lidah, lidah tapi asam. Namun, apakah anda tau olahan lidah sapi apa saja yang mewarnai kuliner Indonesia? Yuk, mari kita simak informasinya.

  • Balado Lidah Sapi

Olahan yang pertama adalah Balado Lidah Sapi. Dendeng lidah sapi khas Sumatera Barat ini nyaris sama populernya dengan Rendang. Balado ditambahkan sebagai tanda olahan ini karena memakai cabe merah sebagai bumbunya. Dibuat dari lidah sapi segar yang diiris membujur serat tipis-tipis, dibumbui bawang dan garam. Setelah itu digoreng kering hingga renyahnya nyaris seperti kerupuk.

Bumbu cabainya dibuat dari cabe merah besar, bawang merah, bawang putih, garam dan cuka. Bumbu ini disiramkan keatas dendeng saat disajikan, teksturnya garing dan renyah dan bumbunya pedas gurih asam warnai hidangan balado sapi. Untuk merasakan hidangan ini, anda bisa mengolahnya sendiri tanpa harus datang ke Sumatera Barat.

Lidah sapi yang sudah empuk dipotong kotak kemudian digoreng hingga wearnanya berubah kekuningan. Siapkan juga tomat yang sudah diiris dan ulek bawang merah, bawang putih dan terasi cabe ijo, tidak perlu hingga halus ya! Olahan Balado Lidah sapi lebih sedap dengan bumbu ulekan kasar.

Panaskan minyak dan masukan bumbu ulekan serta salam, sereh dan daun jeruk juga cabe ijo layu. Masukan tomat, beri garam putih sesuai selera. Masukan lidah potong dan terakhir masukan kentang sebagai bahan pelengkap.

Olahan Lidah Sapi - Balado Lidah Sapi

  • Lidah Sapi Cabai Rawit

Olahan lidah sapi yang berikutnya adalah Lidah Sapi Cabai Rawit. Mungkin, dari sebagian orang lidah sapi belum terbiasa dikonsumsi ya sebagai makanan. Tetapi, apabila anda sudah mencoba dijamin lidah sapi ini tak kalah rasanya dengan daging sapi dari bagian lainnya. Bahkan lidah sapi ini cenderung bertekstur lebih lembut setelah dimasak dan beraroma sapi yang lebih halus. Olahan kali ini akan memacu adrenalin bagi anda para pecinta kuliner pedas, dengan ramuan bumbu cabai rawit pedas dijamin olahan Lidah Sapi Cabai Rawit menggugah selera anda. Sama halnya dengan balado, racikan bumbu Lidah Sapi Cabai Rawit hanya berbeda dari jenisnya saja yaitu cabe rawit.

Olahan Lidah Sapi - Lidah Sapi Cabai Rawit

Untuk merasakan hidangan ini anda bisa menyiapkan lidah sapi segar sebagai bahan utamanya. Siapkan juga tomat yang sudag didiris dan uluk bawang merah, bawang putih, terasi cabe rawit yang kemudian dihaluskan. Panaskan minyak, masukan bumbu yang sudah diulek beserta salam sereh, daun jeruk dan aduk hingga harum. Masukan tomat dan beri garam dan tak lupa juga gula putih sebagai bahan penyedap. Masak hingga bumbu bercampur rata dan menimbulkan wangi harum.

  • Lidah Setan

Untuk olahan lidah yang terakhir adalah Lidah Setan. Lidah sapi memang merupakan salah satu bagian favorit dari sapi untuk diolah menjadi resep masakan Indonesia, salah satunya Lidah Setan. Nama Lidah Setan tidak seseram yang anda kira. Julukan Lidah Setan diperoleh karena rasa pedasnya yang luar biasa, bahkan mereka menyebutnya Lidah Setan. Olahan ini berdominan rasa pedas, namun masih menyelipkan manis, asam dan asin, jadinya lidah ini serasa rama bergoyang.

Olahan Lidah Sapi - Lidah Setan

Bahan-bahan atau bumbu-bumbu olahan lidah Setan cukup sederhana, lidah sapi segar, cabe rawit merah, jahe, tomat, garam, merica bubuk, gula pasir, air dan minyak untuk menumis. Tumis bumbu tumbuk kasar, daun salam dan jahe sampai harum. Masukan tomat dan aduk hingga rata. Tambahkan lidah, garam, merica bubuk dan gula pasir. Tuang air sedikit-sedikit sambil diaduk, masak lidah sampai matang dan meresap. Lidah Setan siap disajikan dengan nasi hangat. Sensaai cabe rawit dan bumbu meresap kedalam lembutnya lidah sapi, memberikan sensasi pedas dan dijamin menggoyang lidah anda. Selamat mencoba.

Kata Kunci Halaman Ini:

olahan lidah sapi, aneka olahan lidah sapi, resep olahan lidah sapi, macam olahan lidah sapi, resep masakan berbahan dasar lidah sapi, resep balado lidah sapi, aneka masakan lidah sapi, aneka resep berbahan dasar lidah sapi, menu olahan lidah sapi, berbagai olahan lidah sapi