Aneka Olahan Makanan Pokok Khas Indonesia

Posted on

ArenaWanita.com – Nasi yang berasal dari beras adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Nasi atau beras juga berada diperingkat teratas dalam daftar 9 kebutuhan pokok mayoritas masyarakat Indonesia. Sebenarnya masih banyak makanan yang mengandung nutrisi sama dengan nasi, seperti kentang, jagung, singkong, gandum dan sagu. Tetapi yang mengkonsumsi makanan pokok selain nasi hanya di beberapa daerah saja.

Beras tenyata tidak hanya diolah menjadi nasi saja, dimana banyak modivikasi makanan baru yang berbahan dasar beras. Beras pun tidak hanya berwarna putih, ada beras merah, beras hitam dan beras ketan. Berikut adalah beberapa olahan makanan dari berbagai beras yang bisa kita temui dibeberapa daerah di Indonesia.

  • Ketan Lalampa Manado  

Yang pertama adalah ketan lalampa. Selintas bentuknya mirip lontong, namun ketan lalampa yang menjadi makanan khas Manado ini sangat berbeda. Lalampa terbuat dari beras ketan dengan isi ikan didalamnya. Makanan ini hampir mirip dengan gogos di Makasar atau lemper di Jawa. Hanya proses pembuatannya yang sedikit berbeda. Dimana gogos dan lemper tidak dibakar, sedangkan lalampa dibakar dan diolesi minyak sayur.

Isi ketan lalampa biasanya ikan. Selain daging ikan, isi ketan lalampa bisa juga diisi dengan abon ikan. Cara pembuatan ketan lalampa tidak terlalu sulit, pertama siapkan 500 gram beras ketan yang dicuci bersih dan direndam semalaman.


Lalu siapkan bahan lainnya yaitu 450 ml santan kental, 1 sendok garam, abon ikan dan daun pisang. Kemudian kukus beras ketan selama 10 menit atau setengah matang. Masukan beras ketan yang masih panas kedalam santan panas dan aduk sampai kering.

Ketan Lalampa Manado

Setelah itu kukus kembali selama 10 menit hingga matang, lalu angkat dan dinginkan. Taruh 2 sendok makan nasi ketan kedalam daun pisang dan pipihkan, beri 1 sendok abon ikan lalu gulung dengan bungkus daun pisang. Terakhir bakar nasi ketan yang sudah dikukus diatas bara api yang diolesi minyak sayur hingga daun berwarna kecoklatan. Setelah itu kita tinggal menikmati makanan khas Manado ini.

  • Kerak Telor

Berikutnya adalah kerak telor, makanan ini asli dari daerah Jakarta. Kerak telor terdiri dari bahan-bahan dasar beras putih, telur ayam serta ebi yang disangrai garing dan ditambah bawang merah goreng. Bumbunya sendiri berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica putih dan gula pasir, yang semuanya dihaluskan. Makanan ini sudah ada sejak zaman dulu, meski saat ini keberadaannya mulai nyaris hilang, namun pada masa Kolonial Belanda kerak telor sempat menjadi makanan elit khas betawi yang terkenal kelezatannya. Makanan ini dihidangkan saat pesta dan hajatan para pemesar.

Kerak Telor

Bagi mereka yang rindu dengan makanan tradisional khususnya dari betawi, patut berterimakasih kepada pedagang keliling yang masih setia menjajakan kerak telor. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 5000 hingga RP 7000. Harga tersebut bisa lebih mahal jika kerak telor dijual di mall besar. Memang saat ini banyak mall yang mengedepankan makanan tradisional seiring dengan trend wisata kuliner yang sedang naik daun.

  • Beras Rendang Payakumbuh

Di Payakumbuh kota Bukittinggi Sumatera Barat, terdapat banyak usaha kecil makanan tradisional yang mampu bersaing ditengah menjamurnya makanan modern dan makanan cepat saji. Satu makanan khas yang menjadi ujung tombak ekonomi masyarakat Payakumbuh adalah beras rendang. Makanan tradisional yang manis dan legit ini berasal dari beras ketan yang direndam kemudian dihaluskan. Beras rendang yang sudah menjadi tepung kemudian dicampur dengan gula dan santan yang telah dimasak lebih dulu.

Beras Rendang Payakumbuh

Campurannya akan berbentuk adonan kalis yang dapat dibentuk sesuai selera. Biasanya adonan tersebut dibentuk diatas piring, bisa pipih atau segi empat. Seiring perkembangan zaman, beras rendang sudah lagi menjadi makanan tradisional yang menjadi pelengkap sebuah pesta. Beras rendang sudah menjadi oleh-oleh yang dikemas, sehingga memiliki nilai jual tinggi. Sejumlah toko-toko besar di Payakumbuh sudah menjual beras rendang sebagai makanan khas yang mereka banggakan.

  • Nasi Merah Bakar

Olahan makanan pokok lainnya yang bisa mengganti nasi putih adalah nasi merah. Dengan nasi merah tidak hanya disajikan dari hasil ditanak, tapi dalam bentuk lain yakni nasi merah bakar atau nasi merah goreng. Banyak manfaat yang diperoleh tubuh kita dari nasi merah. Bahkan bagi anak-anak bisa memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan perkembangan otak, karena kandungan zat besi yang lebih tinggi.

Kandungan serat, vitamin dan mineral 2 hingga 3 kali lebih besar dari nasi putih. Vitamin B1 yang terkandung didalamnya juga bisa mencegah penyakit beri-beri pada anak-anak. Menurut penelitian, beras merah juga mengandung anti oksidan yang mampu mencegah timbulnya kanker usus. Sedangkan kandungan seratnya bisa mengatasi gangguan pencernaan dan cocok bagi mereka yang sedang melakukan program diet.

Nasi Merah Bakar

Kadang tidak meningkatkan kadar gula dalam darah, mengkonsumsi nasi merah bisa mengurangi resiko diabetes hingga 16%, mencegah tekanan darah tinggi serta memerangi kolestrol jahat. Karena kaya akan manfaat inilah, sehingga para peneliti merekomendasikan agar menggantikan nasi putih dengana nasi merah. Apalagi kini bisa disantap dalam berbagai variasi seperti nasi merah bakar.

Baca juga:

Untuk membuat nasi merah bakar sendiri diperlukan minyak zaitun, daun bayam merah, buncis yang dipotong serong, daging ayam yang dipotong berbentuk dadu kecil-kecil, telur, merica bubuk, garam dan tentu saja nasi merah. Semua bahan tersebut dicampur dan diaduk hingga rata. Selain itu kita juga harus menyiapkan sausnya. Setelah siap semua, maka seluruh bahan nasi bakar dipanggang diopen pada suhu 175 derajat celcius selama 25 menit. Setelah selesai dibakar, hidangan nasi merah bakar pun siap disantap.

Itulah beberapa olahan makanan pokok yang khas dari Indonesia. Informasi diatas tadi semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Selamat mencoba.


Kata Kunci Halaman Ini:

olahan makanan pokok, makanan pokok manado, aneka makanan pokok, hasil pengolahan makanan pokok, macam macam olahan makanan pokok, makanan pokok daerah jakarta, olahan beras pada makanan indonesia