Inilah Olahan Rendang yang Harus AW’ers Coba

Posted on

ArenaWanita.com – Informasi kali ini yang kami sajikan adalah tentang olahan rendang. Anda tentu sudah sangat pamiliar dengan daging khas Padang Sumatera Barat ini. Bumbu rempah yang melimpah membalut daging sapi yang empuk dan sedap.


Kelezatannya telah memikat banyak penikmat kuliner. Jika anda salah satu pecinta rendang, anda harus mencoba berbagai olahan rendang berikut ini. Ragam kreasi dan inovasi telah membawa rendang menjadi masakan yang tidak biasa. Berikut informasi selengkapnya untuk anda.

  • Coklat Rendang

Olahan rendang yang pertama adalah coklat rendang. Anda tidak salah dengar, dalam kreasi ini cokelat yang manis memang dipadukan dengan rendang yang pedas dan gurih. Penasaran dengan rasanya? Membuat coklat rendang rupanya tidak terlalu sulit, yang pertama dilakukan adalah menyiapkan bumbu rendangnya. Masak bumbu hingga mendidih dan mengental. Setelah itu masukakn suiran daging sapi, aduk hingga daging dan bumbu menyatu.

Masak daging sambil terus diaduk sampai kadar airnya berkurang. Rendang siap jika warnanya coklat tua dan bumbunya mengering. Setelah cukup dingin, masukan rendang kedalam wadah puth prosesor. Kemudian pasang alatnya dimesinnya dan nyalakan sampai rendang benar-benar halus. Nah.. kini siapkan coklat yang akan menjadi campurannya.

Gunakan coklat batangan berkualitas bagus untuk mendapatkan rasa yang lezat. tim coklat hingga meleleh, kemudian campurkan rendang halus kedalam coklat cair. Pastikan keduanya tercampur rata sebelum dimasukan kedalam plastik sgitiga. Jangan lupa untuk menyiapkan cetakan dengan bentuk pavorit anda. Lalu tuang coklat rendang melalui lubang plastik yang telah dilubangi. Coklat rendang sudah jadi, anda tinggal memasukannya kedalam kulkas. Agar coklat benar-benar keras.

Coklat Rendang Manis dan Enak

Kalau sudah artinya coklat rendang bisa dikemas dan dinikmati. Nah, anda harus mencoba sendiri untuk bisa merasakan sensasi unik ini. Siapa sangka coklat dan rendang bisa berpadu menjadi rasa yang apik dimulut. Diantara berbagai variasi rasa coklat yang ada dipasaran, coklat rendang bisa jadi yang paling unik. inovasi ini mejadikan coklat rendang sebagai cemilan dan oleh-oleh yang pantas diberikan untuk siapa saja.

Rendang Teripang

Olahan rendang berikut ini juga tak kalah unik. kalau biasanya rendang menggunakan daging sapi, beberapa daerah pesisir di Indonesia mengolah resep rendang dengan bahan baku hasil laut. Teripang atau yang sering disebut timun laut menjadi bahan utama dalam olahan rendang selanjutnya. Hewan invertebrata ini memang belum sepopuler ikan dalam kebiasaan dalam konsumsi masyarakat Indonesia. Namun hasi laut ini sejatinya sangat layak untuk dijadikan sumber protein. Teripang hidup pada dasar subtsrap pasir didalam dasar laut atau lingkungan terumbu. Hewan yang bergerak lambat ini tersebar luas luas di lingkungan laut di seluruh dunia.

Mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam. Dilihat dari gizinya, teripang ternyata mengandung gizi yang cukup lengkap. Diantara protein, kolagen, antiseptik alamiah, saponin, omega3 dan 6, asam amino, serta vitamin dan mineral lainnya. Jadi tidak salah jika menjadikan teripang sebagai menu harian anda. Nah, teripang yang digunakan untuk menjadi rendang adalah teripang yang sudah mengalami proses pembersihan perebusan dan pengeringan. Sebelum dimasak, teripang harus direndam air beras terlebih dahulu agar mengembang kembali. Sambil menunggu, anda bisa mulai menyiapkan bumbunya.

Rendang Teripang Gurih dan Lezat

Bumbu yang digunakan relatif sama dengan rendang pada umumnya. haluskan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, bawang merah dan rempah lainnya. Teripang yang sudah empuk dan mengembang, lalu di iris setebal 1cm. Selanjutnya panaskan sedikit minyak sayur dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan juga cabai giling sesuai selera dan aduk hingga merata. Setelah harum masukan teripang yang sudah dipotong-potong. Sertakan juga daun salam dan sereh agar semakin sedap. Jangan lupa ketinggalan santan, garam dan penyedap juga diberikan secukupnya lalu aduk semuanya sampai rata.

Rendang teripang dimasak hingga didapatkan bumbu yang kental dan legit. Rasa rendang teripang sungguh tidak kalah dengan rendang daging sapi. Bumbunya gurih dan sedap khas rendang. Bedanya rendang teripang menyajikan tekstur kenyal, namun lembut saat digigit. Sedapnya rendang teripang sangat pas dimakan dengan nasi putih hangat. apalagi jika dimakan bersama keluarga tercinta. Kelezatannya tentu semakin menghangatkan suasana.

Nasi Goreng Rendang

Olahan rendang selanjutnya merupakan modivikasi dalam memanfaatkan sisa rendang dirumah anda. Pernahkah anda mencoba nasi goreng rendang? Cara membuatnya sangat mudah. Rasanya juga sangat menggugaah selera. bahan yang diperlukan untuk membuat nasi goreng rendang adalah bawang putih, bawang merah, cabai merah, daun bawang, telur yang sudah dikocok, nasi putih, garam, lada bubuk dan rendang sapi. Nah, proses pertama yaitu mencincang bawang putih dan bawang merah sampai halus.

Untuk cabai merah belah terlebih dahulu, lalu buang biji di dalamnya. Cara ini akan mengurangi rasa pedas yang sudah di peroleh dari bumbu rendang. Selanjutnya cairkan margarin diatas wajan, kemudian masukan bawang merah dan bawang putih cincang. Tumis sampai mengeluarkan aroma sedap. lalu tuang telur yang sudah dikocok dan aduk menjadi orak-arik. Berikutnya masukan nasi putih dan tambahkan irisan daun bawang segar.

Nasi Goreng Rendang yang Enak dan Lezat

Agar semakin sedap berikan garam dan lada sesuai selera. terakhir masukan rendang secukupnya. Bumbu rendang sekaligus berfungsi sebagai bumbu nasi goreng. Jika mau anda bisa menambahkan sedikit kecap manis. Aduk sebentar dan nasi goreng rendang pun siap disajikan. bagaimana mudah sekali bukan. Hanya butuh waktu singkat untuk membuatnya. Karenanya nasi goreng rendang sangat cocok bagi anda yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan. Aromanya sangat harum, rasanya pun juga sedap dan kalorinya juga cukup memenuhi kebutuhan energi dipagi hari. Jadi jangan lupa ya untuk mencoba nasi goreng rendang.