5 Olahan Rujak yang Wajib Kamu Coba

Posted on

ArenaWanita.com – Melimpahnya hasil alam ternyata berpengaruh pada kekayaan budaya kuliner di Indonesia. Contohnya macam-maca rujak yang bisa kita temukan di berbagai penjuru daerah. Rujak selain bisa jadi makanan selingan juga di anggap menyehatkan, karena isinya yang sebagian besar buah-buahan.

Masyarakat Indonesia sendiri sudah mengenal olahan rujak sejak lama. Walaupun memiliki kesamaan dalam nama, namun cara pengolahan dan bahan-bahan yang digunakan sangat unik dan beragam. Nah,, ada apasaja? Yukk kita simak bersama.

Rujak Buah

Rujak yang satu ini,,hmmm pasti mudah di jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Olahan yang sederhana namun pavorit banyak orang. Iyaa,, rujak buah. Keunikan dari rujak buah adalah kolaborasi dari aneka jenis buah yang digunakan dengan sambalnya. Yang ternyata bisa menimbulkan sensasi rasa yang berbeda di lidah. Jadi, bagi anda yang bosan dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dengan cara biasa, mungkin rujak buah bisa jadi alternatif pilihan.

Buah yang sering digunakan biasanya adalah pepaya, jambu, mangga, timun, nanas dan bengkoang. Anda juga bisa menggunakan buah-buahan lainnya, tergantung ketersediaan buah tersebut di daerah masing-masing maupun musim berbuahnya. Rujak digemari banyak karena memiliki rasa yang segar. Tak heran jika banyak wanita hamil yang sering mengalami gejala mual dan enek, ngidam olahan kuliner yang satu ini.

Bahan pembuatannya antara lain, kacang, cabai dan gula merah. Tingkat kepedasan sambal rujak juga bisa di sesuaikan loh. Cukup ditambahkan atau di kurangi cabainya sesuai selera. tunggu apalagi,, jadikan rujak sebagai pelegkap makan siang anda nanti yaa!!.

Rujak Buah

Rujak Cingur

Rujak yang satu ini, bagi anda yang berasal dari Jawa Timur khususnya Are Suroboyo pasti sudah hafal luar kepala deh. Apalagi kalau bukan rujak cingur. Dalam bahasa jawa kata cingur berarti mulut, hal ini merujuk pada irisan mulut sapi yang di rebus dan di campurkan kedalam hidangan. Selain itu, makanan ini disebut rujak cingur karena bumbu olahan yang di gunakan adalah petis udang dan irisan cingur. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah, seperti mentimun, kerahi atau sejenis timun khas Jawa Timur, bengkuang, mangga muda, nanas, kedongdong.

Kemudian ditambhakan lontong, tahu, tempe, serta sayuran seperti toge, kangkung dan kacang panjang. Semua bahan tadi di campur dengan bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula merah, cabai, kacang tanah, garam dan irisan tipis pisang klutuk. Semua bumbu dicampur dengan cara diulek, sebabnya rujak cingur disebut dengan rujak ulek. Penasaran ingin mencoba? jangan khawatir,, anda tak perlu jauh-jauh ke Jawa Timur ko. olahan kuliner yang satu ini sudah banyak tersebar ke seluruh Indonesia.

Rujak Cingur

Rujak Bebek

Rujak bebek menjadi olahan kuliner rujak selanjutnya. Eitss.. jangan salah sebut ya. Bukan rujak hewan bebek ya, tapi rujak bebek. Belum jelasa asal muasal rujak yang satu ini, yang jelas asal kata bebek berasal dari akronim dalam bahasa jawa yang artinya tumbuk. Tak heran jika di beberapa daerah, rujak yang satu ini juga dikenal dengan rujak tumbuk. Rujak yang satu ini sebenarnya sangat mudah ditemukan dimana-mana. Khususnya diwilayah pulau Jawa. Ciri khasnya ada pada penjualnya. Tukang rujak bebek biasanya memanggul dagangannya dengan dua buah kotak kayu berisi buah-buahan, serta lumpang sebagai alat penumbuknya. Bedanya dari rujak buah biasa adalah cara pengolahannya.

Jika biasanya buah hanya di iris-iris, disini buah akan dimasukan kedalam sebuah alat tumbuk dari kayu bernama lumpang. Alat ini berupa penumbuk tradisional berbentuk silinder dengan bagian tengah berlubang, sampai beberapa cm sebelum dasar. Buah-buahan yang sudah dimasukan kedalam lumpang lalu ditumbuk dengan alu. Berupa kayu panjang dengan ujung membulat. Buah yang lazim digunakan adalah ubi, kedongdong, pisang batu, nanas dan juga mangga.

Tak ketinggalan ditambahkan bumbu penambah rasa pedas, yaitu cabai, gula merah, garam dan juga sedikit terasi. Semua bahan ini lalu ditumbuk hingga tercampur menjadi satu. Suara tumbukan yang dihasilkan juga menjadi ciri khas dari rujak bebek ini. Setelah rujak cukup lembut, rujak ditempatkan pada daun pisang kecil yang dibuat menyudut kebawah atau pucuk, lalu diselipkan satu lembar kecil daun yang berfungsi sebagai sendok. Hmm.. dijamin nikmat deh. Selamat mencoba!!.

Rujak Bebek

Rujak Kuah Pindang

Rujak kuah pindang. Hmm.. kalau anda berwisata mengunjungi kota Denpasar Bali jangan sampai kelewatan rujak yang satu ini ya. Rujak asli Denpasar ini mempunyai nama rujak kuah pindang. Rasanya yang segar dan pedas pasti akan membuat anda ingi mencoba lagi dan lagi. Dinamakan rujak kuah pindang karena dalam penyajiannya rujak ini menggunakan kuah ikan pindang. Rujak ini berisikan buah-buahan yang dirajang, seperti mangga muda ,nanas, jambu air, bengkuang dan mentimun. Kemudian buah-buahan ini disiram oleh kuah yang banyak yang dicampurkan gerusan cabai dan terasi. Kuah ikan pindang inilah yang membedakan rujak kuah pindang dengan rujak yang lainnya.

Rujak Kuah Pindang

Rujak Es Krim

Olahan rujak yang tak kalah unik ada di kota Yogyakarta. Kalau tadi ada rujak cingur dan rujak kuah pindang, kali ini berasal dari kota gudeg yogyakarta. Ada yang namanya rujak es krim. Dengar kata-katanya saja sepertinya ingin segera mencicipi rujak ini ya. Bahan-bahan yang digunakan sebenarnya mirip seperti rujak buah lainnya. Hanya saja buah-buahan yang telah diserut dan dicampur dengan sambal rujak, kali ini ditambah dengan es krim. Pencampuran rasa dari buah yang segar serta sambal rujak yang pedas, berpadu indah dengan rasa manis dan dingin dari es krim.

Rujak Es Krim

Hmmm.. dijamin membuat lidah anda bergetar. Biasanya penjual menyajikan disebuah mangkok dengan meletakan rujak serut dan bumbunya terlebih dahulu. Kemudian diberikan esputar diatasnya. Hmmm.. sungguh menggiurkan bukan.

Kata Kunci Halaman Ini:

olahan rujak, buah yang sering dipakai untuk rujak, rujak, peralatan penjual rujak es krim, olahan dari rujak, olahan bengkoang selain rujak, manfaat buah crai yg seperti timun buat rujak, kepribadian penyuka buah jambu dan bengkoang, cara membuat rujak tumpuk tanpa tumbukan, rujak buah di campor se serot

Baca Juga: