Ini Dia Olahan Si Licin, Belut Khas Nusantara

Posted on

ArenaWanita.com – Bagaimana kesan pertama anda ketika melihat belut? Licin dan seperti ular kecil tentunya ya. Bisa jadi anda merasa geli juga untuk memegangnya. Ya memang ada sebagian orang merasa jijik dan geli dengan belut.

Tapi jangan salah dibalik licinnya kulit belut, belut dapat di olah menjadi hidangan yang gurih dan lezat untuk dinikmati. Kali ini ArenaWanita.com akan menyajikan olahan-olahan belut khas Nusantara yang rasanya di jamin lezat.

Pepes Belut

Olahan belut yang pertama adalah pepes belut. Sebelum di pepes, belut yang licin ini harus di bersihkan dulu kotoran dan isi perutnya, karena dapat menimbulkan rasa pahit jika tidak di buang. Setelah itu belut di belah, kemudian di lebarkan kulitnya.

Sama seperti pepes-pepes yang lainnya. Pepes belut juga di bungkus dengan daun pisang. Sebelum di bungkus dengan daun pisang, belut diberi alas daun salam, agar rasa dan aromanya menjadi enak. Setelah dibungkus rapih, proses pemasakannya bukan di kukus loh.

Pepes Belut

Olahan belut yang satu ini di bakar agar menimbulkan aroma yang khas. Nah setelah matang, pepes belut yang lezat siap untuk di santap. Pepes belut mempunyai citarasa yang gurih, bertekstur lembut dan juga yang pasti enak. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak masyarakat yang gemar mengkonsumsi belut. Sehingga petani sekarang banyak yang membudidayakan belut.

Tongseng Belut

Olahan belut selanjutnya adalah tongseng belut. Olahan ini bisa dibilang unik, karena pada umumnya tongseng identik dengan daging kambing atau sapi. Cara pengolahannya sebenarnya identik dengan pengolahan tongseng pada umumnya. yang membedakan adalah aroma dari daging belut, yang ternyata sangat cocok dengan kuah khas tongseng yang pedas manis. Selain itu perpaduan belut goreng dengan berbagai bahan dalam bumbunya.

Seperti daun kemangi, tomat, daun bawang, kecap dan sambal. Rasa lezat akibat percampuran bahan-bahan ini begitu terasa di lidah. Belut sendiri memiliki nilai energi yang cukup tinggi, yakni 303 kg kalori perseratus gram daging. Nilai energinya sendiri jauh lebih tinggi dibandingkan telur dan daging sapi. Jadi bagi yang ingin makan-makanan sehat, tongseng belut ini pantas anda coba.

Tongseng Belut

Belut Saos Inggris

Belut yang licin ternyata memiliki khasiat yang telah terbukti secara ilmiah. Sebut saja sebagai obat asma, menurunkan kolestrol, hingga mencegah darah tinggi. Ditambah lagi rasa dagingnya yang gurih dan lembut membuat belut banyak diolah menjadi aneka masakan. Olahan belut saus inggris ini adalah percampuran belut goreng dengan saos inggris, saos inggris sendiri pun merupakan penyedap untuk berbagai macam masakan yang dimasak maupun tidak dimasak. Saos inggris untuk belut goreng ini dibuat dengan komposisi, garam , bawang, cabai, blimbing biji dan air asam. Warna sajian ini kehitaman, sedangkan bawang putih yang sudah di geprek terlihat bertabur banyak atau kalau orang Jawa bilang melekoh.

Belut Saos Inggris

Sedangkan belut yang sudah diolah dan di potong-potong seukuran jempol orang dewasa terlihat makin menggoda. Belut saos inggris memang tak ubahnya burung dara saos inggris, tapi rasa daging belut jelasa berbeda dengan burung dara. Ditambah sambal lombok seda sajian belut saos inggris terasa lezat dan menggoda selera kuliner. Seporsi belut saos inggris, ditambah dengan sepiring nasi putih hangat menjadikan sajian ini terasa lebih nikmat. Jadi silahkan coba olahan belut ini untuk membuat sehat hidup anda.

Rujak Belut

Anda pernah makan rujak? memang ketika mendengar kata rujak seringkali terbesit dalam pikiran kita adalah kumpulan buah-buahan yang di potong kecil-kecil dan di campur dengan bumbu atau sambal rujak. Namun rujak tidak melulu tentang buah-buahan. Jika anda adalah orang yang suka bereksperimen dengan makanan, olahan ini dapat anda coba yaitu rujak belut. Rujak belut sendiri sudah tergolong langka keberadaan nya. Olahan ini hanya bisa ditemukan di daerah pedesaan Brebes Jawa Tengah. Rujak belut ini merupakan perpaduan belut goreng yang di potong kecil-kecil. Kemudian di siram dengan bumbu rujak yang bahannya hampir serupa dengan rujak buah.

Rujak Belut

Cara membuatnya sebenarnya tak sulit, bahkan anda bisa praktekkan sendiri dirumah. Pertama belut yang masih hidup di cuci dan di bersihkan isi perutnya sampai bersih. Setelah itu dicampur dengan bumbu bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, kemiri dan ketumbar. Belut yang hidup kemudian dimasukan ke suatu tempat. Serta dicampur dengan racikan bumbu-bumbu tadi dan di tutup rapat. Selanjutnya belut digoreng, lantas di potong-potong 10 hingga 15cm.

Baca juga:

Sebelum di sajikan, di buatkan dahulu bumbu rujak. Bumbunya terdiri dari bumbu kacang, gula merah, merica, tomat, jahe, garam dan bawang merah. Khusus untuk bawang merah dan tomat tidak di gerus, tapi di potong-potong sebagai penyedap. Bumbu rujak yang sudah jadi kemudian di ulek dengan potongan belut. Nahh jadilah menu istimewa rujak belut. Rujak belut biasanya dimakan bersama dengan nasi dan tambahan lalaban seperti, mentimun dan kemangi. Tertarik untuk mencoba dan membuat olahan belut khas Nusantara sendiri.

Kata Kunci Halaman Ini:

rujak belut brebes, aneka macam rujak yg enak, aneka olahan belut, cara membuat belut bumbu rujak, cara pembuatan rujak belut, masakan olahan belut, olahan belut, resep rujak belut khas brebes