Olahraga Renang Untuk Balita

Posted on

ArenaWanita.com | Olahraga Renang Untuk Balita – Olahraga yang sangat menyenangkan salah satunya adalah renang. Tidak hanya menyenangkan bagi orang dewasa saja, namun bayi pun juga bisa melakukan olahraga air ini. Sejak jaman dahulu, renang merupakan olahraga yang populer.

Di Indonesia sendiri, olahraga renang untuk balita telah ada sejak tahun 2000-an dan sangat diminati oleh para orang tua untuk kesehatan balita nya. Namun, sayangnya juga masih banyak orang tua yang masih memandang olahraga renang ini sebagai suatu aktivitas yang membahayakan bagi balitanya.

Atau ada kekhawatiran pada diri mereka mengenai keamanan pada balitanya jika mengajarkan renang di usia yang sangat dini. Padahal sebenarnya, mengajarkan balita untuk berolahraga renang akan banyak mendatangkan manfaat.

Secara umum, anak-anak sangat menggemari untuk bermain air. Nah, tinggal anda para orang tua mengetahui teknik untuk mengajarkan balita anda berenang. Anda tidak perlu takut untuk mengajarkan olahraga renang pada anak anda. Sebuah survei mengatakan sebanyak 40% para orang tua tidak pernah mengira bahwa terdapat manfaat yang sangat baik ketika mengajarkan balitanya untuk berenang.

Dengan mengajarkan olahraga renang pada balita tentu akan memberikan kepercayaan diri pada anak ketika di dalam air dan juga membuat sang anak mampu melindungi diri. Melatih balita untuk berenang sedini mungkin juga bermanfaat dalam perkembangan fisik balita anda. Selain itu si anak lebih mampu berkonsentrasi, memiliki gerak reflek, serta meningkatnya kecerdasan dan perilakunya saat memasuki usia kanak-kanak.

olahraga-renang-untuk-balita

Selain itu secara sosial, olahraga renang untuk balita akan membuat balita lebih mampu melakukan adaptasi serta penyesuaian diri terhadap anak-anak lainnya. Mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri ketika berada di lingkungan baru. Dengan begitu si anak akan memiliki potensi untuk menjadi anak yang berbakat, memiliki kemandirian, dan juga akan lebih menonjol kecerdasannya secara intelektual.

Dengan melakukan olahraga renang ini, akan memberikan pengalaman baru bagi balita anda. Yang akibatnya balita anda akan memiliki rasa percaya diri. Dengan kemandirian yang dimiliki ini, akan memengaruhi prestasi dari anak anda dan secara intelektual akan berkembang.

Manfaat lain yang bisa anda ketahui adalah secara kesehatan. Hal ini yang terpenting, dan pasti dengan olahraga tentu akan mendatangkan manfaat dari segi kesehatan. Olahraga renang untuk balita sangat baik untuk pertumbuhan tulang serta sendi. Selain itu, juga mampu untuk meningkatkan daya tahan serta menjaga stamina dari anak anda.

Melakukan olahraga untuk jangka panjang akan memberikan kemampuan untuk memperbaiki sistem kardiovaskuler yang akan memungkinkan kinerja jantung menjadi efisien bersamaan dengan oksigen di dalam tubuh. Ketika balita anda berenang atau menyelam, maka tubuh balita anda akan mengalami tekanan yang cukup kuat di permukaan tubuhnya. Hal tesebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan peredaran darah.

Demikian manfaat yang bisa anda ketahui tentang olahraga renang untuk balita. Berikut ini akan disampaikan metode yang bisa anda gunakan dalam mengajarkan balita anda untuk berenang. Pada dasarnya, hal yang pertama anda lakukan adalah memberikan pengenalan pada anak mengenai medan baru bagi syaraf motorik anak.

Seorang balita mulai bisa melakukan aktivitas berenang ketika berusia 2-3 minggu, namun hal tersebut juga perlu dilakukan konsultasi dengan dokter anak anda. Pendapat lain juga mengatakan bahwa seorang balita di usia 4 bulan baru bisa diajarkan untuk berenang. Nah, di bawah ini ada beberapa tahapan yang bisa anda ikuti ketika mengajari anak anda berenang.

  1. Balurkan cairan khusus pada balita anda sebelum berenang. Cairan ini gunanya agar kulit tubuh balita anda terlindungi dari sinar matahari, karena kulit pada balita masih peka dan rentan rusak. Selain itu juga melindungi dari iritasi yang terjadi pada kulit balita anda.
  2. Untuk perlindungan mata, gunakanlah kacamata khusus untuk berenang.
  3. Berikan pujian pada anak balita ketika mampu melewati tahapan berenang yang anda ajarkan.
  4. Jangan lepaskan sedikit pun pengawasan pada anak anda ketika di kolam renang.

Kata Kunci Halaman Ini:

balita, olahraga balita di bawah 1 tahun, renang apakah perlu dilakukan untuk balita 1 tahun

Baca Juga: