Pentingnya Kandungan Gizi untuk Wanita Hamil

Posted on

ArenaWanita.com | Kandungan Gizi untuk Wanita Hamil – Makan untuk wanita hamil berarti menyuplai gizi untuk dua orang sekaligus, yaitu untuk ibu hamil sendiri dan janin dalam kandungannya. Hal ini menjadi sebuah tanggung jawab yang cukup berat mengingat beberapa sumber informasi makanan untuk ibu hamil dan calon bayi kadang justru bertentangan.


Misalnya, ikan sangat penting untuk wanita hamil tetapi ada sebagian jenis ikan mengandung merkuri yang membahayakan kesehatan. Begitu juga dengan daging, daging mengandung protein tinggi dan merupakan salah satu kandungan gizi untuk wanita hamil, tapi disisi lain daging juga merupakan sumber kolesterol.

Jika kita mau teliti, sebenarnya banyak makanan bergizi yang bermanfaat untuk wanita hamil sekaligus aman untuk perkembangan janin. Artinya makanan tersebut kaya nutrisi dan relatif ‘aman’ dikonsumsi wanita hamil dan calon bayi. Mau tahu apa saja jenis makanan itu? Berikut ini contohnya:

Telur

Kualitas protein yang terkandung pada telur memang luar biasa. Selain memberi manfaat sekitar 90 kalori, dari sebutir telur kita bisa memperoleh 12 vitamin,mineral dan protein berkualitas yang sangat berguna untuk pertumbuhan sel-sel bayi pada fase eksponensial. Perlu kita ketahui pertumbuhan sel-sel bayi sebagian besar terbentuk karena protein. Disamping itu, telur banyak mengandung kolin yang bermanfaat untuk perkembangan otak bayi dan mencegah kerusakan tabung saraf. Lemak omega 3 yang terkandung dalam telur juga bermanfaat untuk menyehatkan penglihatan.

Ikan salmon

Ikan salmon salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan protein tinggi sekaligus sumber lemak omega 3. Kandungan gizi tersebut sangat baik untuk ibu hamil karena pada ikan salmon kadar mercury-nya jauh lebih rendah dibanding jenis ikan lain. Kandungan mercury berlebihan bisa membahayakan kesehatan janin karena menghambat perkembangan sistem saraf. Tapi perlu diingat, mengkonsumsi ikan salmon tidak perlu berlebihan. Cukup rata-rata 1,2 kg /minggu, hal ini untuk mencegah masuknya mercury berlebih kedalam tubuh.

Pentingnya Kandungan Gizi untuk Wanita Hamil

Kacang

Makanan jenis kacang-kacangan aman dikonsumsi wanita hamil. Kandungan serat pada sayuran jenis kacang-kacangan sangat penting untuk wanita hamil selama menunggu kelahiran selama 9 bulan. Pada masa kehamilan, rata-rata wanita sering mengalami sembelit, gangguan saluran pencernaan serta wasir, dan serat merupakan zat ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Selain mengandung serat tinggi, biji dari kacang-kacangan juga kaya akan zat besi, folat, seng dan kalsium. 

Ubi jalar

Ubi jalar terutama yang berwarna oranye memiliki karotenoid dan pigmen tanaman. Kandungan gizi pada ubi jalar mampu dikonversi menjadi vitamin A yang bagus untuk wanita hamil. Vitamin A tersebut bisa menggantikan peran buah-buahan dan sayuran. Vitamin A sendiri juga bisa didapat dari berbagai sumber makanan hewani seperti telur, susu dan hati. Selain karotenoid, ubi jalar juga kaya serat, vitamin C dan folat.

Popcorn

Wanita hamil selain membutuhkan vitamin A dan C, juga sangat membutuhkan nutrisi dari vitamin E, fitonutrien dan selenium untuk memproteksi sel-sel janin. Popcorn yang terbuat dari gandum banyak mengandung zat-zat tersebut. Selain popcorn, kandungan gizi seperti ini bisa didapat dari roti gandum dan oatmeal.

Baca juga:

Demikianlah sebuah artikel mengenai Pentingnya Kandungan Gizi untuk Wanita Hamil yang dapat ArenaWanita informasikan kepada AW’ers.