Ternyata Inilah 4 Faktor Penyebab Kegemukan Selain Makanan

Posted on

ArenaWanita.com – Kegemukan atau obesitas adalah kelebihan barat badan akibat penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Walaupun, setiap orang memerlukan sejumlah lemak tubuh untuk menyimpan energi sebagai penyekat panas menyerap guncangan dan fungsi lainnya.


Namun, lemak memang penyebab utama obesitas. Secara ilmiah obesitas terjadi akibat mengkonsumsi kalori lebih banyak dari yang diperlukan tubuh. Makan terlalu banyak dan tidak rajin olahraga, mungkin jadi faktor utama penyebab kegemukan.

Walaupun terjadinya obesitas, melibatkan beberapa faktor lain seperti faktor genetik, lingkungan dan sikis tapi ternyata bukan itu saja penyebabnya. Berat badan berlebih bisa disebabkan beberapa hal yang bisa jadi tidak pernah anda duga sebelumnya. Apa sajakah itu? mari kita simak informasi berikut ini.

Menyalakan Air Conditioner (AC)

Penyebab lain dari kegemukan diluar makanan yang pertama adalah Menyalakan Air Conditioner atau AC. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan International Journal of Obesity daerah Selatan Amerika Serikat memiliki populasi obesitas paling tinggi diantara Negara bagian Amerika lainnya. Dari penelitian tersebut diketahui rata-rata rumah dikawasan tersebut menggunakan AC dan setiap tahunnya meningkat dari 37% hingga 79%.

Kebiasaan penduduk menggunakan AC adalah agar berada dalam suhu yang nyaman. Padahal saat tinggal terus-menerus disuhu nyaman inilah tubuh tidak perlu bekerja mendinginkan atau menghangatkan tubuh. Akibatnya lemak yang seharusnya terbakar oleh aktivitas, akhirnya tertimbun dalam tubuh terutama dibagian perut. Apalagi dengan suasana nyaman itu orang akan lebih terasa nikmat menyantap apapun. Jadi bagi anda yang selalu berada dalam ruangan berAC harus lebih berhati-hati, dan jangan lupa untuk diimbangi dengan olahraga agar tubuh anda tetap bergerak dan membakar lemak.

Menyalakan Air Conditioner (AC)

Kurang Tidur

Penyebab kegemukan lainnya diluar makanan adalah kurang tidur. Jangan salah tafsir mengenai kurang tidur akan membuat tubuh kita menjadi kurus. Karena sebaliknya dari kurang tidur tersebutlah kegemukan bisa menyerang kita. Menurut penelitian yang dibuat dalam Jurnal of Archives Disease Childhood saat seseorang tidak mendapat cukup istirahat, ternyata akan mempengaruhi pembentukan glukosa dan akhirnya muncul penyakit diabetes. Disaat bersamaan kurang tidur akan menambah rasa lapar yang berujung pada peningkatan nafsu makan. Dan yang lebih penting kurang tidur membuat tubuh merasa lelah dan lemas. Akibatnya aktivitas fisik yang seharusnya dilakukan siang hari jadi berkurang. Padahal aktivitas pada siang hari akan membuat pembakaran lemak lebih maksimal. Sebaliknya karena aktivitas berkurang termasuk olahraga pastinya akan memicu berat badan naik lebih cepat. Jadi jika tidak terlau penting untuk begadang, lebih baik dihindari saja.

Kurang Tidur

Menyalakan Lampu Saat Tidur

Mungkin penyebab kegemukan diluar makanan yang satu ini yaitu menyalakan lampu saat tidur dimalam hari tidak pernah anda sadari, padahal dampaknya cukup mengejutkan juga. Ketika anda tidur dalam keadaan lampu kamar menyala, maka akan berpotensi membuat anda sering terbangun. Disaat itulah situasi lain muncul dan tidak pernah anda sadari. Ketika terbangun seringkali membuat perut anda menjadi terasa lebih lapar.

Dalam kondisi tersebut melanjutkan tidur pun akan menjadi sulit, dan menyantap makanan yang ada didapur atau memanfaatkan cemilan yang ada dianggap sebagai solusi menghentikan rasa lapar agar secepatnya bisa tidur. Padahal ketika menyantap makanan atau cemilan pengganjal lapar itulah potensi kegemukan datang. Makanan atau cemilan yang kita santap dan melanjutkan tidur akan membuat lemak tidak terurai, karena kita tidak segera melanjutkan aktivitas yang bisa membakar lemak dalam tubuh.

Menyalakan Lampu Saat Tidur

Polusi

Lalu kegemukan yang terjadi pada tubuh anda bisa diakibatkan karena polusi. Dari hasil sebuah study yang ditulis Food Science and Nutrition polusi bisa mempengaruhi metabolisme tubuh terutama yang melakukan pembakaran lemak tak sehat dalam tubuh kita. Beberapa diantara polusi yang mengganggu metabolisme tubuh adalah zat kimia yang terdapat pada plastik, sisa pembakaran sampah, Zat yang terdapat pada pestisida dan polusi lainnya.

Sebagai antisipasinya diupayakan agar aktivitas kita jauh dari polusi tadi. Jika memungkinkan hindari makanan yang dalam pertumbuhannya dibantu pestisida atau dalam plastik. Langkah terakhir adalah kenali tumbuhan-tumbuhan penetralisir polusi disekitar kita, dan gunakan tumbuhan tersebut untuk menghilangkan polusi disekitar kita.

Polusi

Nah, itulah beberapa hal yang bisa membuat kita mengalami kegemukan diluar faktor dari makan berlebihan. Satu hal yang perlu kita sadari adalah tetap memperhatikan pola hidup sehat seperti memilih makanan, tidur yang cukup dan olahraga teratur. Dijamin anda akan sehat sekaligus memiliki penampilan memikat.


Kata Kunci Halaman Ini:

4 faktor kegemukan, faktor penyebab kegemukan selain makanan, penyebab kegemukan selain makan, penyebab kegemukan selain makanan