Mengetahui Beberapa Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Posted on

ArenaWanita.com | Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya – Ketombe merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan anda. masalah ketombe memang kerap kali membuat anda risih, apalagi kulit yang mengalami masalah ketombe ialah kulit kepala.

Ketombe bisa muncul dibagian tubuh lain seperti telinga, alis, sisi hidung, jenggot dada,. Ketombe muncul di daerah tubuh dimana daerah tersebut ditumbuhi rambut, atau daerah lain yang memiliki folikel rambut kecil, nama lain untuk ketombe ialah dermatitis seboroik.

Untuk mengatasi masalah tersebut kali ini kita akan membahas mengenai penyebab ketombe dan cara mengatasinya. Sebenarnya banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan ketombe dalam tubuh, namun tidak semua cara yang ada itu aman, anda tetap harus memilih cara yang paling aman, sehat dan menyehatkan untuk tubuh anda.

Sebelum kita membahas mengenai penyebab ketombe dan cara mengatasinya, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu hal apa saja yang menyebabkan ketombe bisa muncul dalam tubuh kita, agar dikemudian hari anda bisa meminimalisir atau bahkan menghindari hal-hal yang akan disampaikan berikut ini. Pertama, penyakit kulit.

Pesoriasis adalah penyakit autoimun yang mengakibatkan kulit bersisik dan tidak rata permukaannya, gejala ini kerap muncul di kulit kepala, yang akhirnya terkelupas dan menjadi ketombe atau serpihan. Kedua,alergi. Kulit bagian kepala bisa bereaksi negatif terhadap suatu produk perawatan rambut yang digunakan, sehingga kulit kepala menjadi pecah-pecah atau bersisik, kadang menimbulkan rasa perih dan gatal.

Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

Penyebab ketiga ialah minyak berlebih di kulit kepala. Anggapan bahwa kulit kering lebih rentang terjadi ketombe ternyata salah. Kulit berminyak lebih rentang mengalami ketombe, minyak berlebih di kulit kepala akan mengikat sel-sel kulit mati menjadi serpihan-serpihan atau ketombe.

Penyebab ketombe dan cara mengatasinya yang selanjutnya ialah jamur, jamur disetiap kepala orang pasti ada, yaitu jamur Malassezia yang berfungsi mencerna minyak di kulit kepala, jika jumlahnya normal maka akan baik-baik saja, namun jika berlebih akan menimbulkan ketombe.

Baca juga:

Setelah anda mengetahui penyebab ketombe dan cara mengatasinya, kali ini kita bahas cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan cuka. Memang terdengar mengerikan, tetapi cara ini cukup ampuh, caranya juga sangat mudah dan efektif menghilangkan ketombe.

  • Pertama siapkan ½ cangkir air hangat, dan ½ cangkir cuka apel
  • Kedua, campurkan air hangat dan cuka apel tadi, sesuaikan takarannya dengan kondisi rambut di kepala anda, jika tebal bisa menambah porsi tiap bahan asal 1:1
  • Ketiga, tuangkan campuran tadi ke kulit kepala lalu gosok secara perlahan dan lembut selama beberapa menit.

Keempat, bilas menyeluruh dengan air bersih, tunggu sekitar 8 jam sebelum anda melaksanakan mandi normal seperti biasa, dan yang harus anda ingat adalah, lakukan cara tersebut secara ruin setiap hari untuk hasil maksimal.

Kata Kunci Halaman Ini:

apa penyebab ketombe di jenggot

Baca Juga:

loading...