Penyebab Rambut Rontok Berlebihan yang Sering Anda Alami

Posted on

ArenaWanita.com | Penyebab Rambut Rontok Berlebihan yang Sering Anda Alami – Rambut rontok merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami oleh semua orang dari segala usia, baik itu remaja, dewasa, ataupun lanjut usia. Rambut rontok sendiri paling sering terjadi pada rambut yang panajang, karena rambut panjang cenderung memiliki akar rambut yang rapuh sehingga akan mudah terlepas dari kulit kepala.

Hal inilah yang menyebabkan masalah rambut rontok menjadi salah satu momok utama bagi wanita yang berambut panjang. Jika rambut rontok dibiarakan, hal yang sangat mengkhawatirkan ini akan menimbulkan kebotakan yang serius. Siapapun pasti akan merasa malu apabila mengalami kebotakan, apalagi seorang wanita.Oleh karena itu, perlu dicari tahu penyebab rambut rontok berlebihan dan solusinya sebelum terlambat.

Dikutip dari Detik.com, kerontokan rambut sebenarnya merupakan hal yang wajar karena terjadi secara alami. Secara normal, rambut seseorang bisa rontok 50-100 helai perhari.Kerontokan rambut alami tersebut terjadi karena proses regenerasi sehingga rambut yang rontok tersebut akan digantikan dengan yang baru.

Jadi anda tidak perlu khawatir. Namun, jika rambut anda rontok dengan jumlah yang lebih banyak, sebaiknya and cari tahu penyebab rambut rontok berlebihan yang anda alami dan cari solusi terbaiknya. Berikut ini beberapa penyebab rambut yang anda miliki mengalami kerontokan:

Terjadi ketidakseimbangan siklus pertumbuhan rambut

Pada dasarnya, rambut dapat tumbuh sepanjang setengah inchi per bulan dan hal ini berlangsung selama 2-6 tahun.Dalam masa tersebut, terjadi pula masa istirahat dan terbentuknya folikel rambut baru.Hal ini membuat rambut sangat rentan untuk rontok.

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan yang Sering Anda Alami

Menjalani kehamilan dan persalinan

Pada masa kehamilan dan persalinan, wanita mungkin mengalami kerontokan rambut selama kurang lebih tiga bulan. Namun, kondisi tersebut akan normal kembali dan rambut yang anda miliki akan tumbuh dengan sendirinya.

Gangguan hormon

Gangguan hormon juga berpengaruh dalam kerontokan rambut.Hal ini terjadi karena tiroid yang tidak aktif maupun terlalu aktif sama-sama berisiko menimbulkan rambut rontok. Hal ini juga terjadi kalau ada masalah pada hormon androgen dan estrogen.

Infeksi

Infeksi jamur di kulit kepala turut memiliki andil dalam memicu rambut rontok secara berlebihan.Anda harus mengatasi jamur ini jika ingin rambut kembali sehat.

Efek samping obat-obatan

Beberapa obat yang bisa menyebabkan kerontokan rambut adalah obat asam urat, obat kemoterapi, vitamin A, dan obat pengencer darah.Oleh karena itu, anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

Gizi tidak seimbang

Asupan makanan yang kurang akan mengakibatkan seseorang kekurangan nutrisi maupun gizi di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan seseorang bisa mengalami kerontokan.

Penyakit autoimun

Pada wanita yang mengalami penyakit lupus dan diabetes bisa mengalami kerontokan rambut.

Menopause

Kerontokan rambut menjadi salah satu gejala dari hadirnya menopause.

Stres

Tekanan pikiran dan efek traumatis memicu jatuhnya rambut.

Kata Kunci Halaman Ini:

apakah rambut panjang rantan rontok, rambut rontok dengan sendirinya, kenapa rambut bisa rontok ? wajar ?, Perempuan cenderung lebih sering mengalami rambut rontok, penyebab rambut panjang jadi rontok, penyebab jatuhnya rambut, patofisiologi rambut rontok berlebihan pada wanita, kenapa rambut panjang mudah rontok, waktu rontok secara normal, apakah rambut pjg cenderung rontok

Baca Juga: