Perawatan Kulit Sensitif, Berikut Ini Tipsnya!

Posted on

ArenaWanita.com | Perawatan Kulit Sensitif – Umumnya kulit sensitif mempunyai reaksi yang cukup cepat jika memakai sebuah produk tertentu, cuaca yang panas, kondisi lingkungan yang tidak mendukung, atau bahan kimia yang berbahaya.

Karena harus kita sadari jika merawat kulit yang sensitif itu tidak dapat sembarangan. Karena bisa saja dengan kita menggunakan produk perawatan wajah bisa memberikan efek yang negatif jika digunakan kepada kulit sensitif.

Salah satu gejalanya yaitu, kulit wajah akan memerah, kemudian timbul jerawat, lebih parahnya lagi akan terjadi iritasi. Hal tersebut pastinya tidak akan nyaman dan malahan bisa memmbuat penampilan anda menjadi rusak.

Kulit yang sensitif memerlukan perawatan yang ekstra dikarenakan kulit sensitif jauh lebih mudah untuk tumbuh jerawat serta permasalahan kulit yang lainnya. Penumpukan kotoran di kulit sensitif membuat kulit wajah anda akan timbul banyak jerawat ataupun komedo.

Perawatan Kulit Sensitif

Untuk anda yang mempunyai kulit sensitif, simak tips bagaimana perawatan kulit sensitif dibawah ini.

  1. Jika kulit anda terkena iritasi, maka ketika wajah dibersihkan pakailah air dan untuk make up remover gunakan yang memakai bentuk tisu. Jauhi pemakaian waslap, sebab waslap umumnya keras. Hindari pemakaian air yang dingun juga air hangat, sebab suhu yang ekstrem bisa membuat kulit anda lebih cepat terkena iritasi. Pakailah air yang mempunyai suhu normal.
  2. Pakailah produk yang memiliki kandungan herbal alami, misalnya aloe vera dan chamomile, dimana zat – zat tersebut memiliki fungsi sebagai anti-iritasi.
  3. Jauhi penggunaan penyegar wajah yang memakai alkohol, sebab kulit sensitif sangatlah reaktif. Ada baiknya anda memilih jenis penyegar yang terdapat kandungan witch hazel atau lavender.
  4. Hindari penggunaan pembersih wajah yang terdapat kandungan zat eksfoliasi. Apabila mempunyai kulit yang berminyak, maka pakailah pembersih yang mengandung salicylic acid dimana fungsinya yakni sebagai membuka sumbatan pada pori – pori kulit.
  5. Memilih tabir surya yang terdapat titanium diokside atau zinc, sebab zat tersebut memiliki fungsi untuk bisa mencegah terjadinya iritasi terhadap kulit wajah yang disebabkan dengan adanya paparan sinar matahari.
  6. Make up dibersihkan dengan memakai pembersih lembut dimana pembersih tersebut tidak terdapat sabun (soap free) juga sifatnya lembut (mild).

Kata Kunci Halaman Ini:

salicylic acid untuk kulit sensitif, silicic acid di kulit sensitif

Baca Juga: