Perawatan Rambut Praktis Bagi Ibu Hamil

Posted on

ArenaWanita.com | Perawatan Rambut Praktis Bagi Ibu Hamil – Kaum ibu yang sedang hamil tentu tak bisa melakukan perawatan rambut secara sembarangan. Ibu hamil perlu lebih selektif memilih berbagai bahan perawatan rambut, karena ada beberapa jenis bahan kimia yang bisa berpengaruh pada kesehatan janin.


Agar aman, perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami banyak dianjurkan. Berikut ini adalah tips memanfaatkan bahan alami untuk mendapatkan rambut yang sehat lebat, tanpa mengganggu kesehatan sang janin.

1. Cuka Apel

Selain baik untuk kesehatan, cuka apel juga baik untuk melembutkan rambut. Caranya, campurkan 1 atau 2 sendok makan cuka apel dengan tiga gelas air. Gunakan ramuan ini untuk membilas rambut pascakeramas. Selain itu, untuk menghaluskan rambut, Anda bisa juga menggunakan ramuan berikut:

Campurkan setengah gelas jus lemon dengan 2 sendok makan cuka apel, lalu tambahkan segelas air. Ramuan ini tak hanya berguna untuk membilas tapi juga sebagai shampo bagi rambut yang berketombe.

2. Baby Oil

Perawatan Rambut Praktis Bagi Ibu Hamil - Baby Oil

Untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala, oleskan baby oil sesaat sebelum tidur di malam hari. Keramaslah pada keesokan paginya. Namun, tips ini hanya berlaku untuk ketombe kering. Jika ketombe Anda berbentuk lempengan besar dan menyebabkan kulit kepala lembab bahkan koreng, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

3. Coklat sebagai pewarna alami

Untuk menghasilkan warna coklat alami pada rambut, ibu hamil bisa menggunakan bubuk coklat tanpa gula yang dicampur sedikit air. Gunakanlah bahan ini untuk keramas. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilaslah.

4. Jus lemon untuk warna rambut lebih terang

Perawatan Rambut Praktis Bagi Ibu Hamil - Jus Lemon

Jika ingin membuat warna rambut lebih terang bercahaya, oleskan saja jus lemon tanpa gula ke rambut Anda, dan jemur rambut selama beberapa menit. Lakukan ini setiap hari.

5. Salah Mewarnai Rambut

Pewarna rambut tak selamanya menghasilkan warna yang kita inginkan. Terkadang setelah selesai mewarnai, warna yang muncul jauh dari harapan. Jika Anda mengalami hal tersebut, tuangkan Diet Coke ke seluruh rambut hingga merata, lalu bilas setelah 30 menit. Pewarna rambut akan luntur seketika, terutama jika proses pewarnaan rambut belum terlalu lama.

6. Mengusir Bau Asap Rokok

Untuk menghilangkan bau asap rokok di rambut secara praktis dan cepat, oleskan tisu basah ke kepala Anda. Tak perlu banyak-banyak, secukupnya saja. Ini bisa menjadi alternatif instan ketika Anda tak memiliki cukup waktu untuk mencuci rambut.