Perhatikan Kepala Bayi Anda, Jika Bentuknya Datar, Ini Risikonya Pada Tumbuh Kembangnya

Posted on

ArenaWanita.com – Bayi yang alami sindrom kepala datar nyatanya berisiko lebih tinggi alami keterlambatan dalam sistem tumbuh kembangnya. Berikut ini rangkuman dari studi yang dikerjakan oleh beberapa pakar dari George Institute for Global Health, University of Sydney dimuka 2017.

Studi yang dikerjakan oleh Asisten Profesor Alexandra Martiniuk ini adalah studi pertama yang mempelajari sekitar jalinan pada keterlambatan sistem tumbuh kembang dengan keadaan bentuk kepala datar yang dipunyai oleh bayi, terlebih dalam segi ketrampilan motorik.

Perhatikan Kepala Bayi Anda, Jika Bentuknya Datar, Ini Risikonya Pada Tumbuh Kembangnya

Hasil riset yang dimuat di Journal of Developmental and Behavioral Pediatricsÿ ini diantaranya menuturkan kalau keterlambatan dalam perubahan motorik, bhs, serta kognitif bayi telah bisa terdeteksi mulai sejak umur 6 bln..

Keterlambatan ini selalu bertahan sampai bayi berumur 3 th.. Menurut Martiniuk, type ketrampilan motorik yang seringkali terhalang yaitu kekuatan duduk serta merangkak. Kemudian, umumnya diikuti dengan juga terlambat bicara.

Sindrom kepala datar dapat berlangsung bila bayi kerap tidur dalam posisi telentang kurun waktu yang lama.

” Bila Ibu memperhatikan bentuk kepala si kecil tampak datar, baiknya selekasnya bawa ke dokter untuk di check apakah diperlukan therapy spesifik. Diluar itu, Ibu baiknya berikan saat pada anak untuk melakukan aktivitas dalam posisi tengkurap, sudah pasti sembari tetaplah dipantau. Umumnya dengan sendirinya bakal berlangsung pergantian, ” kata Martiniuk.

Hal-hal lain yang dapat dikerjakan Ibu yaitu bebrapa kerap meletakkan bayi dalam posisi tidak sama waktu dia bangun. Umpamanya dengan digendong tegak, dipangku sembari ditopang dengan tangan, sampai berbaring miring.

Begitu, posisi kepala bayi akan berpindah-pindah dan otot lehernya bakal jadi makin kuat. Ini dapat menolong menghindar bentuk kepala datar yang bikin bayi terlambat berkembang, dan melakukan perbaikan keadaannya apabila bentuk kepalanya telah telanjur datar.