Ayo Lihat Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Posted on

ArenaWanita.com – Masa perkembangan bayi usia 2 bulan adalah masa-masa yang cukup rentan terhadap kekurangan gizi dan serangan penyakit. Untuk itu, ibu harus terus memperhatikan bagaimana perkembangan si bayi dan bagaimana kondisi kesehatannya.


Jangan sampai bayi mengalami sesuatu yang tidak anda ketahui. Ini akan berakibat pada terhambatnya pertumbuhan dan mempengaruhi  perkembangan fisik serta psikis pada tahap selanjutnya.

Lalu, apa saja yang dapat dijadikan patokan bagi ibu untuk melihat perkembangan bayi usia 2 bulan? Ketika usia bayi menginjak 2 bulan, ada beberapa hal yang dapat anda perhatikan untuk mengetahui apakah bayi anda tumbuh dan berkembang dengan sehat atau tidak. Pertama, anda dapat melihat perkembangan bayi dari sisi gerakan motoriknya. Pada usia 2 bulan, bayi memiliki perkembangan gerakan motorik berupa kemampuan menopang kepalanya sendiri.

Meskipun masih belum stabil, setidaknya bayi mampu menegakkan kepalanya setinggi 45 derajat apabila tubuhnya diposisikan untuk tengkurap. Selain itu, bayi juga sudah mulai mampu menggerakkan tangannya untuk dimasukkan ke dalam mulut sebagai bagian dari kemampuannya menghisap. Selain kemampuan motorik, anda juga harus memperhatikan pola tidur bayi sebagai bagian dari perkembangannya.

Perkembangan usia 2 bulan dari segi pola tidur adalah berupa jam tidur berkisar 15-16 jam sehari dengan jeda bangun setiap 2-3 jam untuk menyusu. Dalam merawat bayi usia ini, sebaiknya anda jangan terlalu lama membiarkannya terjaga. Letakkan bayi anda di tempat tidur ketika ia mulai terlihat mengantuk.

Ayo Lihat Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah kemampuan bayi dalam berbicara. Pada perkembangan bayi usia 2 bulan, bayi sudah mulai dapat berbicara dalam satu suku kata sederhana seperti “ah” atau “eh”. Bayi akan mendengarkan suaranya sendiri dan menggunakannya sebagai dasar untuk melatih kemampuan bicaranya sendiri. Selain itu, pada usia 2 bulan bayi juga sudah mulai menceritakan benda di sekitarnya melalui gerakan mata dan ia akan terlihat semangat ketika berbicara meskipun dengan bahasa yang sederhana.

Kemampuan ini juga diiringi dengan kemampuan bayi dalam menggunakan panca indera mereka secara keseluruhan. Pada usia ini, indera bayi mulai berkembang dan menjalankan fungsi masing-masing dengan lebih baik. Meski begitu, indera yang masih dominan adalah pendengaran. Pada usia ini, bayi akan lebih suka mendengarkan anda berbicara dan menggunakannya sebagai acuan untuk belajar bicara di bulan-bulan berikutnya.

Baca juga:

Pertumbuhan bayi memang menyita banyak perhatian kita. Selain karena masih rentan dengan serangan penyakit, perkembangan bayi juga harus diperhatikan karena bisa saja terdapat satu atau dua kejanggalan yang merupakan penyebab dari suatu sindrom atau penyakit yang harus dideteksi sejak dini untuk mencegah hal yang lebih serius. Jadi, bagaimanakah perkembangan bayi usia 2 bulan anda? Jadilah orang tua yang cerdas dan siaga.