Bagaimanakah Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan?

Posted on

ArenaWanita.com – Perkembangan bayi usia 3 bulan adalah masa perkembangan yang dapat dibilang cukup signifikan. Beberapa kemampuan bayi dalam berpikir dan bertindak akan berkembang dengan cukup mengejutkan pada usia ini.

Bayi akan mulai memiliki kemampuan untuk menyerap kata-kata, menggerakkan beberapa anggota badan untuk tujuan yang jelas, dan juga beberapa hal lainnya. Yang pasti, usia 3 bulan bisa menjadi masa yang penuh kejutan dan menyenangkan bagi orang tua.

Anda dapat melihat bahwa perkembangan bayi usia 3 bulan akan cenderung terlihat pada kemampuan motoriknya. Pada usia ini, bayi akan mulai belajar untuk meraih sesuatu. Jika anda menggantung mainan di atas tempat tidurnya, ia akan mulai menggerakkan tangan dan mencoba meraihnya. Ini juga menjadi pertanda bahwa bayi anda mulai memiliki kemampuan untuk melakukan koordinasi antara mata dan tangan.

Namun, anda harus mulai berhati-hati. Anda sebaiknya tidak meletakkan benda-benda berbahaya di dekat bayi anda, terutama bila benda tersebut memiliki warna yang mencolok. Seiring dengan kemampuan bergerak, bayi anda juga mulai mempelajari hubungan sebab akibat.

Coba anda berikan ia mainan berupa lonceng-loncengan atau mainan sejenis yang dapat mengeluarkan bunyi di atas tempat tidur dan biarkan bayi anda untuk meraih mainan tersebut. Bayi akan mulai sadar bahwa mainan semacam itu dapat berbunyi ketika ia menyentuhnya. Selain gerakan tangan, bayi juga sudah mulai melakukan gerakan berupa menendang-nendang.

Bagaimanakah Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Agar merek tidak bosan, sebaiknya anda meletakkannya di sebuah kasur lantai tanpa jeruji agar ia bisa leluasa menggerakkan anggota badan. Selain itu, anda juga sudah bisa memposisikan tubuhnya untuk tengkurap dalam waktu yang lebih lama karena ia sudah bisa menopang sendiri kepalanya dengan tegak.

Perkembangan bayi usia 3 bulan juga dapat dilihat dari pola tidur mereka. Bayi akan memiliki jam tidur sebanyak 6 sampai 7 jam dalam sekali tidur karena lambung mereka sudah bisa menerima lebih banyak susu. Ini berarti anda mulai bisa tidur lebih baik karena bayi anda akan jarang terbangun. Namun, anda juga harus memperhatikan tidur siang bayi. Pada usia 3 bulan, bayi akan membutuhkan tidur siang sebanyak 1,5 sampai 2 jam. Pastikan mereka mendapatkan tidur siang sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembangnya.

Baca juga:

Pada usia 3 bulan memang terdapat banyak perubahan pada bayi baik dari segi gerakan motorik, pencernaan, dan juga dari jam tidur. Pada usia ini, anda akan sedikit lega karena bayi anda akan lebih mandiri dari sebelumnya. Namun, jangan biarkan bayi anda melakukan sesuatu yang berbahaya karena rasa penasaran akan mulai hadir seiring dengan perkembangan bayi usia 3 bulan. Bagaimanapun anda tidak boleh lengah sedikit pun dalam mengawasi masa pertumbuhan mereka.

Kata Kunci Halaman Ini:

pola tidur bayi usia 2 bulan pd siang -malam