Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Posted on

ArenaWanita.comPerkembangan bayi usia 4 bulan merupakan salah satu perubahan sifat yang dapat terlihat jelas pada bayi anda. Ia akan menjadi lebih aktif dan responsif. Itu terjadi karena pada usia ini, otak bayi mulai memproses dengan cepat rangsangan-rangsangan yang ia lihat dan rasa.

Perubahan yang dapat dirasakan mulai dari berkembangnya kemampuan motorik bayi dari motorik halus dan kasar, hingga kemampuan untuk menggunakan indera. Berikut adalah perkembangan-perkembangan yang terjadi pada bayi usia 4 bulan.

Proses tumbuh kembang motorik mempengaruhi kemampuan gerak seorang anak. Jika dilihat dari perkembangan motorik halus, di usia 4 bulan, bayi anda sudah dapat menggenggam barang yang ada di tangannya dengan lebih kuat. Ia juga sudah bisa memindahkan barang dari salah satu tangannya ke tangan yang lain. Namun, walau perkembangan ini sangat wajar terjadi di usia 4 bulan, belum tentu semua bayi dapat melakukannya karena perkembangan setiap bayi berbeda-beda.

Oleh karena itu, rangsangan sangat diperlukan untuk membantu proses perkembangan bayi usia 4 bulan. Untuk melatih motorik halusnya, anda dapat memberikan mainan yang enak untuk digenggam dan aman untuk digigit karena pada usia ini juga bayi seringnya akan memasukan semua benda yang ada di genggamannya ke dalam mulut.

Di usia tersebut, bayi juga mulai dapat menggerakkan sendiri tubuhnya. Ia mulai bisa tengkurap dengan cara bertumpu pada perut, dan menahan menggunakan tangannya. Saat tengkurap, ia juga akan mencoba untuk mengangkat kepalanya membentuk sudut 90°. Ia akan mencoba hal tersebut ketika merasa otot lehernya sudah semakin kuat. Untuk merangsang aktivitas mengangkat kepala, anda dapat melatih otot-otot lehernya dengan cara menarik pergelangan tangan bayi dengan perlahan ketika ia sedang terlentang.

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Jika anda sudah menarik kedua pergelangan tangannya dan bayi anda terjatuh ke belakang, itu pertanda bahwa otot leher bayi belum cukup kuat karena seharusnya ketika anda melakukan ini, ia dapat duduk tanpa terjatuh lagi ke belakang. Jika perkembangan bayi usia 4 bulan sudah semakin baik, ia akan bisa duduk sendiri di usia selanjutnya.

Ketika bayi sedang mengangkat kepala di posisi tengkurap dan lalu anda memanggilnya, anda akan menyadari bahwa bayi akan menoleh ke arah anda. Ini terjadi karena pada usia 4 bulan, indera-indera pada bayi akan menjadi lebih peka. Ia akan menjadi semakin responsif ketika mendengar suara atau bunyi-bunyian. Selain itu, penglihatan bayi juga akan menjadi lebih tajam. Ia akan mulai mengenali anda dan mulai mencermati apa saja yang terjadi di sekitarnya.

Baca juga:

Hal ini akan menyebabkan timbulnya rasa keingintahuan yang tinggi pada bayi sehingga ia akan mencoba untuk memasukan segala benda yang dapat ia genggam ke mulut dan mencoba untuk mengecapnya. Oleh karena itu, jika bayi sudah mencapai usia 4 bulan, anda harus lebih cekatan dalam menjaga mereka agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Itulah perkembangan bayi usia 4 bulan yang akan anda lihat dan pastinya setiap momen akan menjadi pengalaman yang luar biasa menyenangkan bagi setiap orang tua.

Kata Kunci Halaman Ini:

kepala bayi 4 bulan belum kuat

Baca Juga:

loading...