Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Posted on

ArenaWanita.com – Pertumbuhan bayi sangat menarik untuk disaksikan oleh setiap orang tua. Semakin bertambahnya usia, fisik dan kemampuan motorik serta  komunikasi bayi  akan semakin berkembang. Pada perkembangan bayi usia 5 bulan, buah hati anda sudah dapat memproduksi suara dan menggerakkan tubuhnya. Berikut adalah perkembangan yang terjadi pada bayi berusia 5 bulan yang harus anda ketahui.

Sebagai informasi, kemampuan berbahasa bayi dapat dilihat saat ia sudah mencapai usia 5 bulan. Ia mulai meniru dan mengingat suara-suara yang ada di sekitarnya. Pada tahap perkembangan bayi usia 5 bulan, mereka akan mencoba dan mengeksplorasi suara dan bunyi yang bisa diucapkan.

Sebagai orang tua, ada baiknya jika anda sangat memperhatikan ucapan yang bayi anda lakukan secara berulang-ulang karena di usia ini, ia mulai mengeluarkan suara-suara yang berbeda untuk mengekspresikan sesuatu. Contohnya, ia akan mengeluarkan suara yang khas ketika ingin bermain atau ketika ia lelah. Selain meniru, bayi di usia 5 bulan mulai mengerti suara yang didengarnya. Ia akan bereaksi ketika ia mendengar namanya diucapkan.

Pada tahap perkembangan bayi usia 5 bulan, kemampuan motorik mereka sudah jauh lebih berkembang dari usia sebelumnya. Jika pada usia 4 bulan bayi hanya bisa duduk ketika anda membantunya dengan cara menarik lengannya, di usia ini ia bisa duduk sendiri tanpa bantuan. Ketika bayi sedang duduk, bantulah dia dengan cara memberikan sandaran karena punggung bayi belum cukup kuat untuk menopang tubuhnya.

Perkembangan motorik yang terjadi pada bayi usia 5 bulan juga akan membuat bayi mencoba untuk merangkak secara perlahan- lahan. Saat ia sedang tengkurap, ia akan menggunakan kedua tangannya untuk menopang bagian atas badan. Oleh karena itu, perhatikanlah selalu bayi anda agar tidak terjadi kecelakaan atau hal-hal berbahaya.

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Selain motorik kasar, perkembangan motorik halus bayi yang berusia 5 bulan juga dapat terlihat dengan jelas. Ia mulai bisa memegang botol susu dengan erat. Jika anda melihat bayi membenturkan botol susunya atau benda lain ke lantai atau ke tembok, jangan langsung memarahi atau melarang  karena suara yang keluar ketika ia membenturkan benda dapat membuatnya senang.

Hal ini juga merupakan salah satu tahap perkembangan bayi yang wajar. Di usia ini pula, ia dapat memasukan benda- benda kecil yang ada di sekitar dengan menggunakan jari-jarinya. Maka dari itu, sebagai orang tua yang baik, anda harus waspada untuk tidak meletakkan barang yang dapat membuat bayi tersedak.

Baca juga:

Perhatikanlah perkembangan bayi usia 5 bulan dan berikan rangsangan yang dapat melatih tumbuh kembangnya agar ia dapat tumbuh dengan baik dan menjadi anak yang cerdas. Jangan pernah lupa bahwa orang tua memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian seorang anak.

Kata Kunci Halaman Ini:

perkembangan bayi 5 -6 bulan