Mengamati Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Posted on

ArenaWanita.com – Mengamati tumbuh kembang bayi dari setiap waktu merupakan hal yang menyenangkan bagi setiap orang tua. Pasalnya, ketika melihat buah hati tumbuh dengan baik, maka orang tua pasti akan puas karena telah berusaha memberikan perhatian yang terbaik untuk anak-anaknya. Setiap bulan pertambahan usia bayi adalah momen emas bagi orang tua karena pada setiap bulannya bayi akan memiliki kemampuan baru.

Artikel ini akan membahas tentang perkembangan bayi usia 7 bulan. Kemampuan apa sajakah yang sudah dimiliki bayi pada usia ini dan hal-hal khusus apa saja yang harus diperhatikan orang tua untuk merawat bayi di usia 7 bulan? Berikut ulasannya.

Dalam perkembangan bayi usia 7 bulan, ada beberapa kemampuan baru yang dimiliki bayi, di antaranya mereka sudah bisa merangkak. Jika pada usia 6 bulan bayi sudah bisa menggerakkan badannya, maka pada usia 7 bulan perkembangan motorik bayi sudah lebih signifikan karena ia sudah bisa merangkak.

Merangkak adalah tahap awal pada bayi sebelum ia pada akhirnya dapat berlatih berdiri dan berjalan. Orang tua harus memberikan pengawasan lebih saat bayi sudah bisa merangkak karena mereka akan sering terjatuh. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera, maka orang tua harus siaga untuk menopang bayi jika terlihat akan terjatuh.

Pada usia ini juga bayi akan senang untuk melempar-lempar mainannya. Ini adalah salah satu bentuk latihan bayi agar kemampuan motoriknya semakin berkembang. Di usia 7 bulan, mereka akan sangat dekat dengan mainnya. Karena itu, berikanlah mainan yang aman serta pastikan bahan yang terkandung tidak berbahaya dan bisa menyebabkan alergi.

Mengamati Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Hal yang sangat terlihat signifikan pada perkembangan bayi usia 7 bulan adalah tumbuhnya gigi. Biasanya gigi yang akan pertama tumbuh adalah dua gigi seri pada rahang bawah dan kemudian diikuti dengan dua gigi seri pada rahang atas. Namun usia 7 bulan ini bukan patokan pasti untuk tumbuhnya gigi sebab bayi bisa tumbuh gigi terlambat atau bahkan sebelum usia 7 bulan.

Hal ini sangat tergantung dengan asupan gizi yang dikonsumsinya. Karena bayi sudah memiliki gigi, maka orang tua mendapatkan tugas tambahan yaitu membersihkan gigi bayi sebanyak dua kali sehari. Akan tetapi, karena pertumbuhan giginya yang masih awal maka cukup bersihkan saja dengan kain yang diberi air, jangan gunakan pasta gigi karena belum cocok untuk bayi usia 7 bulan.

Untuk mendukung tumbuh kembangnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua, di antaranya bacakan buku pada anak. Walaupun belum memahami isi buku yang dibacakan, tapi dengan rutin membacakan cerita atau dongeng, ini akan menambah kosakata anak dan lama kelamaan ia akan mulai mengingatnya.

Baca juga:

Selain itu, perkenalkan pula dengan berbagai bunyi-bunyian untuk melatih indra pendengarannya agar lebih peka. Demikianlah pembahasan tentang perkembangan bayi usia 7 bulan, semoga kita bisa menjadi orang tua yang baik dan buah hati bisa tumbuh dengan baik sesuai dengan usianya.

Baca Juga: