Persiapan Apa Saja Yang Paling Penting Saat Membuat Kitchen Set?

Posted on

ArenaWanita.com | Persiapan Membuat Kitchen Set – Apakah anda saat ini memiliki rencana untuk membuat kitchen Set? Apa yang telah anda persiapkan?


Terdapat beberapa hal yang harus anda pahami dan pelajari dengan baik  sebelum keputusan diambil. Baik itu ketika memilih material, orang yang dapat dipercaya untuk bertanggung jawab dalam pengerjaan sampai bentuk menentukan desain. Terdapat beberapa yang harus anda perhatikan ketiaka membuat Kitchen Set, diantaranya?

  • Harus Memperhitungkan Luas Dapur

Satu hal yang paling pertama anda perhatikan adalah luasnya tempat ketika akan meletakkan kitchen set. Dengan perhitungan luas dapur yang dimiliki. Andapun harus mengetahui apa saja yang memang diperlukan untuk kitchen set  maupun yang tidak diperlukan oleh kitchen set.

Jika ruangannya kecil tidak terlalu luas sebaiknya didahulukan kelengkapan yang utama seperti untuk menyimpan piring, gelas, pisau, dan peralatan lainnya yang kecil. Ukuran sangatlah penting apalagi bagi yang kurang peralatan pun mempengaruhi panci yang anda miliki jangan terlalu besar atau penggorengan dengan ukuran standar saja.

  • Material Dasar

Seperti yang kita ketahui terdapat banyak jenis yang dapat digunakan untuk material dasar dalam membuat kitchen set. Seperti multiplex/playwood, particle board, block board , MDP.

Persiapan Apa Saja Yang Paling Penting Saat Membuat Kitchen Set

  • Material untuk Finishing

Pembuatan Kitchen set akan memberikan suasana yang rapih dan indah. Selain memiliki nilai keindahan. Finishing juga dapat memberikan perlindungan terhadap bahan dasar kitchen set dari rusaknya bahan dasar tersebut serta akan membuat lebih tahan lama. Untuk finishing sendiri terdapat beberapa macam, misalnya deco sheet, melamic dan duco, HPL.Masing-masing jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Persiapan Membuat Kitchen Set

Deco sheet ini  merupakan jenis tempel yang di lapisi dengan bahan yang elastis dan tipis, biasanya memiliki motif seperti urat kayu. Hal Ini merupakan material yang paling ideal untuk pembuatan kitchen set dapur rapih dan bersih yang jarang sekali digunakan untuk memasak makanan yang berat. Bahannya  dapat menyesuaikan dengan bentuk kitchen set dan fleksible tidak akan mudah terkelupas. Kekurangannya, mungkin karena bahannya tipis, deco sheet ini tidak tahan terhadap panas dan minyak, jadi lebih pas untuk menjadi bahan pelapis sekitar cabinet saja.

HPL atau high pressure laminate merupakan  bahan plastik yang tipis. Cara pemasangannya kurang lebih sama dengan deco shet, yaitu ditempel dengan menggunakan lem tetapi hanya saja bahannya lebih tebal. HPL ini juga banyak digunakan untuk finishing kitchen set juga, HPL ini mudah sekali untuk dibersihkan dan akan memiliki kekuatan jika menghadapi panas.

Sedangkan melamic yaitu finishing yang berbentuk cairan dengan cara disemprot yang digunakan sebagai pelapis luar furniture. Finishing sangat memerlukan perawatan ekstra, disarankan jangan sampai permukaannya jarang untuk dibersihkan dan dibiarkan basah karena dapat mengembangbiakkan jamur di tempat itu.

Baca juga:

Pilihan lainnya yang sejenis adalah cat dudo, yang merupakan tipe finishing paling mahal namun dengan kemahalannya tidak akan membuat anda kecewa. Dapat membuat kitchen set menjadi lebih elegan dan akan dapat bertahan lama. Cat dudo ini terdapat beberapa efek seperti glossy, doff, dan lainnya.


Kata Kunci Halaman Ini:

apa saja persiapan orang kitchen saat opening, apa saja yang diperlukan untuk membuat kitchen set