Putri Malu – Sering Diabaikan, Tumbuhan Liar Ini Punya Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Posted on

ArenaWanita.com – Siapa yang tidak tahu tumbuhan putri malu yang daunnya senantiasa mengatup waktu disentuh? Untuk beberapa orang bahkan juga seringkali memainkan tumbuhan ini di pekarangan tempat tinggal. Tumbuhan ini mempunyai keunikan dengan daun yang bergerigi kecil-kecil dan ada duri di bagian batangnya.

Bunganya yang berupa bundar serta bewarna pink senantiasa tampak cantik. Putri malu atau Mimosa pudica di barat dikenal dengan sebutan cemara kecil (small evergreen). Tanaman ini memiliki sebagian nama panggilan, touch-me-not, dan sensitive plant.

Bernama putri malu karna tumbuhan ini sensitif pada rangsangan serta juga akan mengatupkan daunnya saat disentuh, hal semacam ini dipandang jadi sifat pemalu pada tumbuhan. Namun sesungguhnya tumbuhan ini akan mengatupkan daunnya saat matahari tenggelam serta membukanya kembali saat matahari terbit.

Nah, tidak banyak yang tahu kalau tumbuhan yang sering kita temui di tempat hijau umpamanya pinggir sawah maupun pekarangagan tempat tinggal ini, nyatanya menaruh segudang faedah untuk kesehatan lho.

Tumbuhan ini memiliki kandungan mimosin, tanin dan asam pipekolinat yang baik untuk badan. TribunTravel. com sudah merangkum dari beragam sumber, faedah tumbuhan putri malu untuk menyembuhkan sebagian penyakit.

1. Menyembuhkan Batuk

Untuk kamu yang menanggung derita batuk terlebih dibarengi dahak, jadi coba meminum air rebusan putri malu. Rebus 10 sampai 15 gr dengan air seperlunya sampai mendidih, minum airnya saat telah dingin.

2. Menyembuhkan Hepatitis

Rebusan putri malu nyatanya dapat juga menyembuhkan penyakit hepatitis. Langkahnya cukup mudah, yakni merebus putri malu sebanuak 15 gr dengan air 200 cc hingga mendidih lebih kurang sepanjang 15 menit. Nah, setelah itu rebusan ini diminum dengan teratur guys.

3. Menyembuhkan Bronkitis

Satu diantara penyakit paru-paru, bronkitis dapat juga sembuh dengan tanaman ini. Cukup hanya 60 gr akar putri malu ditambahkan lebih kurang 600 cc air serta di rebus sampai tersisa air lebih kurang 200 cc. Setelah itu rebusan ini dapat diminum 2 x guys.

4. Menyembuhkan sulit tidur

Untuk kamu yang sering tidur sampai larut malam serta pada akhirnya buat anda sulit tidur jadi harus banget cobalah ramuan dari tanaman ini. Sama dengan langkah menyembuhkan tiga penyakit diatas.

Untuk menyembuhkanmu dari insomnia, anda cukup merebus 50 gr tumbuhan putri malu dengan air seperlunya. Kosumsilah dengan teratur serta rasakan khasiatnya.

Nah, semua suatu hal yang terlalu berlebih pastinya tidak baik untuk kesehatan badan. Oleh karena itu, hentikanlah untuk mengkosumsi ramuan putri malu bila di rasa telah banyak perubahan serta perkembangan.

Satu hal yang butuh diingat, kalau baiknya wanita yang tengah hamil begitu dilarang mengkosumsi tumbuhan ini karna beresiko jelek untuk janin. Diluar itu, pemakaian akar putri malu dalam jumlah dalam dosis yang banyak dapat berbuntut keracunan serta muntah-muntah.

Baca Juga: