Rahasia Cantik dengan Air Beras

Posted on

ArenaWanita.com – Beras yang biasanya kita masak kemudian menjadi nasi sebagai makanan sehari-hari kita, ternyata memiliki banyak manfaat. Butiran beras yang sudah kaya akan asam ferulik yaitu sebuah nutrisi yang banyak ditemukan dalam biji-bijian berperan sebagai antioksidan yang hebat. Air bekas cucian beras pun ternyata juga banyak berguna bagi kecantikan.


Di Jepang air beras ini dugunakan para wanita jepang untuk mencuci muka ataupun mandi. Sedangkan di Indonesia nenek moyang kita telah menggunakan khasiat dan manfaat air beras ini sejak lama. Selain biasa digunakan sebagai masker wajah, air beras bisa juga dipakai untuk lulur seperti lulur jawa yang terbuat dari bubuk beras dan juga rempah-rempah herbal.

Nah, berikut ini telah ArenaWanita.com rangkum rahasia cantik dengan air beras, simak informasinya.

Membersihkan Wajah

Rahasia cantik dengan air beras yang pertama adalah ternyata air beras dapat membuat wajah menjadi bersih. Ya , ini bisa terjadi karena air beras mengandung inosito yang membantu pembentukan sel dan memperlambat penuaan dini. Air beras atau yang dikenal dengan air tajin ini juga dapat berfungsi sebagai pelembab melancarkan peredaran darah diwajah. Sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit.

Membersihkan Wajah dengan air beras

Caranya adalah dengan menclupkan kapas pada air beras kemudian ditepuk-tepukan pada daerah wajah. Lakukan cara tersebut 2 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Nah. Perawatan secara rutin ini dapat membuat wajah terlihat muda dan segar.

Menghaluskan Kulit

Menghaluskan Kulit dengan air beras

Saat ini perawatan kulit adalah sesuatu yang berharga, tak hanya wanita para pria juga sudah mulai melakukan perawatan terhadap kulitnya. Sama seperti wajah daerah tubuh yang lain memerlukan perawatan. Salah satu perawatan yang murah adalah dengan menggunakan air beras, dengan melakukan perawatan alami menggunakan air beras kulit tubuh pun akan terlihat lebih cantik dan bersih.

Selain itu manfaat lainnya dari mandi air beras bagi kulit adalah kulit bebas kuman dan noda hitam. anda bisa melakukannya dengan cara berendam dengan menggunakan air beras selama 15 menit. lakukanlah cara ini secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari. Lambat laun kulit akan menunjukan perubahannya sebanyak 20% setelah beberapa minggu.

Perawatan Rambut

Perawatan Rambut dengan air beras

Bukan hanya bermanfaat bagi kulit dan wajah, air beras juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Hal ini disebabkan karena air beras memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan rambut salah satunya adalah kandungan protein. Nah, kandungan-kandungan tersebut ternyata dapat berguna bagi rambut yaitu dapat menguatkan rambut dan juga dapat memperbaiki rambut yang rusak.

Untuk penggunaan air beras dirambut ini bisa digunakan ketika setelah anda melakukan keramas. Caranya adalah setelah menggunakan shampo cuci rambut dengan menggunaka air beras. Setelah itu biarkan selama beberapa menit saja, kemudian anda membilasnya dengan menggunakan air bersih. Lakukan metode ini secara teratur maka rambut anda pun akan terlihat sehat berkilau dan tentu saja tampak lebih indah.

Minuman Kesehatan

Minuman Kesehatan dengan air beras

Rahasia cantik dengan air beras berikutnya adalah air beras yang dapat digunakan sebagai minuman kesehatan. Ya, air beras ternyata dapat menyehatkan tubuh, hal ini dikarenakan air beras mengandung 8 jenis asam amino esensial yang bisa membantu meregenerasi sel dan juga otot. Tak hanya itu air beras juga dapat diminum yang dapat memberikan tambahan energi ditubuh kita.

Bahkan ada beberapa orang yang mencampurkan beras dengan rempa-rempah yang menyehatkan, salah satunya adalah minuman beras kencur. Kencur yang dikenal sebagai rempah yang memiliki kandungan sehat, salah satunya adalah minyak atsiri yang diklaim memiliki fungsi sebagai zat analgesik yaitu bahan yang memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit. Sangat cocok bila rempah ini dicampur dengan air beras.

Masker Air Beras

Masker Air Beras

Tak hanya untuk minuman ternyata air beras juga dapat digunakan sebagai masker alami. Caranya adalah dengan menggunakan sari pati daeri air cucian beras. Sari pati tersebut dapat diperoleh dengan cara mengendapkan air cucian beras selama beberapa saat hingga muncul endapan pati beras. Kemudian pisahkan dari airnya dan gunakan endapan pati beras tersebut kewajah anda seperti sedang menggunakan masker.

Baca juga:

Selain beras putih anda juga dapat menggunakan beras merah dan beras hitam sebagai masker dengan menyesuaikan jenis kulit anda. Biasanya beras putih untuk kulit yang memiliki kecendrungan berminyak. Beras hitam untuk kulit normal dan beras merah lebih cocok untuk kulit kering.

Nah, itulah tadi rahasia cantik dengan beras. Semoga dapat menambah wawasan anda dan selamat mencoba juga ya!


Kata Kunci Halaman Ini:

masker beras hanya dicampur air biasa