Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Pepe Kenyal Manis

Posted on

ArenaWanita.com | Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Pepe Pepe merupakan salah satu jenis sebutan untuk kue basah dengan tampilan warna yang berlapis beraneka macam. Jenis kue yang termasuk kedalam golongan kue tradisional ini terbuat dari bahan campuran tepung sagu, tepung beras, santan dan juga gula. Kue lapis pepe tersebut diolah dengan cara pengukusan. Namun, pada proses tahap pengukusan yang dilakukan sangat berbeda dengan pengukusan pembuatan kue pada dasarnya, karena untuk adonan kue lapis pepe sendiri dibuatnya dibagi menjadi tiga campuran perpaduan pewarna makanan yang berbeda-beda dan untuk pada setiap adonan yang dibuat ini dikukus secara berseling yang pada akhirnya terjadilah kue yang memiliki lapisan warna-warni.

Adonan yang dikukus secara berseling membutuhkan waktu berdurasi 5 menit saja. Sedangkan untuk pengukusan pamungkasnya membutuhkan waktu yang berdurasi cukup lebih lama yaitu 30 menit untuk menghasilkan tingkat kematangan pada adonan yang dikukus secara menyeluruh. Karena merupakan jenis kue basah, jadi dalam artian tidak bisa bertahan hingga berhari-hari lamanya.

Solusi terbaik untuk pembuatan kue lapis pepe ini harus disesuaikan dengan tahap porsinya dan selalu memastikan juga harus habis dalam kurun waktu kurang dari satu hari agar tidak menjadi mubadzir nantinya. Nah, untuk mengetahui resep selengkapnya bisa anda simak ulasan resepnya melalui resep dan cara membuat kue lapis pepe kenyal manis dibawah ini :

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Pepe

Bahan-Bahan yang Diperlukan :

  • 2 liter santan kelapa
  • 3 lembar daun pandan
  • 15 helai daun jeruk purut, disobek
  • 2 sdt garam halus
  • 475 gram tepung sagu
  • 2 sdm tepung beras
  • 450 gram gula pasir
  • 15 tetes pewarna makanan , pilih warna merah
  • 15 tetes pewarna makanan, pilih warna hijau

Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Pepe Kenyal Manis

Berikut Cara Membuat Kue Lapis Pepe Kenyal Manis :

  • Yang pertama anda harus menyiapkan sebuah panci kemudian tuangkanlah santan kelapanya dengan daun jeruk purut yang sudah disobek, daun pandan dan juga garam. Lalu aduk-aduk merata dan dipanaskan hingga mendidih dan juga matang. Agar santannya tidak menjadi pecah maka anda harus sekali-kali mengaduknya pada saat perebusan berlangsung. Jika sudah menjadi matang maka angkat dan diamkan dalam panci hingga uap panasnya menjadi berkurang.
  • Berikutnya anda harus menyiapkan sebuah wadah adonan, kemudian tuangkan bahan tepung beras, gula pasir dan juga tepung sagu, setelah itu tambahkan pula adonan santan yang direbus matang tadi kedalam wadah adonan. Lalu aduk-aduk merata hingga adonannya tidak menajdi sebuah gumpalan tepung.
  • Selanjutnya pisahkan adonan tersebut kedalam 3 masing-masing wadah. Untuk adonan wadah yang pertama dicampur dengan bahan pewarna makanan hijau, dan untuk adonan wadah yang kedua dicampur dengan bahan pewarna makanan merah, sedangkan untuk adonah wadah yang ketiga dibiarkan putih saja tanpa menggunakan bahan campuran pewarna makanan.
  • Tahap berikutnya sediakan loyang lalu olesi dengan minyak goreng secukupnya, setelah itu panaskanlah didalam pengukusan.
  • Untuk campuran adonan warna hijau diambil lalu tuangkan kedalam loyang sebanyak 2 sendok besar, setelah itu kukuslah dengan waktu kurang lebih 5 menit. Lalu disusul juga dengan penambahan bahan adonan yang tanpa menggunakan bahan pewarna makanan kemudian kukus dengan waktu kurang lebih 5 menit. Lakukan terus tahap ini hingga adonan campuran warna hijau dan putihnya menjadi habis. Langkah berikutnya yaitu baru anda bisa melapisi bahan campuran adonan pewarna makanan merah dan dilanjutkan lagi ke tahap pengukusan hingga dengan waktu kurang lebih setengah jam lamanya agar semua adonan yang dikukus menjadi matang. Kemudian angkat dan diamkan menjadi dingin, setelah itu pisahkanlah kue dari loyangnya.
  • Kue lapis pepe yang sudah jadi kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian dengan memakai alat benang
  • Kue lapis pepe kenyal manis siap untuk anda nikmati.

Seperti itulah proses pembuatan dari Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Pepe Kenyal Manis yang bisa kami sajikan. Semoga resep diatas yang kami bagikan kepada anda bisa menjadi bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam mengkerasikan kue lapis pepe dirumah. Selamat mencoba.

Baca Juga: