Resep dan Cara Membuat Puding Karamel Lembut

Posted on

ArenaWanita.com | Resep dan Cara Membuat Puding Karamel – Karamel merupakan sebuah penghasilan gula yang dilarutkan kedalam air panas sehingga menjadi menyatu dan juga mengental. Tentunya karamel ini sering sekali dibuat dan dijadikan sebagai pelengkap dalam membuat jenis aneka makanan. Dan untuk kesempatan kali ini kami akan mencoba membuat sebuah karamel yang akan dipadu satukan dengan puding atau nam bekennya dengan sebutan puding karamel.  Pastinya dari setiap kalangan bayak orang suka mendapatkan kesalahan tata cara membuat karamelanya, dan kesalahannya itu adalah dengan mencetak sebuah karamel pada cetakan puding tersebut yang dimana karamelnya malah menjadikannya lengket dan susah untuk dipisahkan dari dalam cetakan puding itu sendiri.

Dalam permasalahn itu hanyalah sebuah kesalahan ringan belaka, namun terkadang orang selalu ingin cepat dan tidak teliti dan terjadilah penempelan karamel tersebut pada wadah cetakan pudingnya. Solusi terbaiknya adalah Anda harus memperhatikan wadah penggunaannya atau cetakan pudingnya. Dan selalu memastikan juga kalau wadah puding tersebut memiliki bahan anti panas dan yang untuk lebih kondusifnya lagi Anda harus membersihkan wadah tersebut dengan air sebelum diisi dengan bahan karamel serta pudingnya. Nah, jika Anda sudah paham dengan tata cara seperti ini maka dikatakan bahwa karamel tersebut tidak akan melekat lagi pada wadah cetakan atau puding itu sendiri. Jika Anda bersedia ingin membuat puding karamelnya maka Anda harsu melihat cuplikannya lewat resep dan cara membuat puding karamel lembut dibawah ini :

Resep dan Cara Membuat Puding Karamel

Bahan-Bahan yang Harus Disiapkan :

  • 500 ml susu cair
  • 125 gram gula pasir
  • 1 sdt gelatin bubuk, diaduk dengan air 150 ml
  • 1 sdt agar-agar bubuk, pilih warna putih
  • 2 butir telur ayam, ambil kuningnya saja
  • 1 sdm ekstrak vanili

Berikut Untuk Bahan Karamelnya :

  • 75 ml air putih bersih
  • 75 gram gula pasir

Resep dan Cara Membuat Puding Karamel Lembut

Berikut Cara Termudah Dalam Membuat Puding Karamel :

  • Pertam-tama siapkan air putih dan panaskan hingga matang untuk membuat karamelnya.
  • Sembari menunggu airnya matang, tentu Anda harus menyiapkan sebuah wadah untuk karamelnya nanti. Dan gunakanlah wadah yang tahan anti panas dan bersihkanlah pada bagian permukaannya dengan air.
  • Jika airnya sudah menjadi matang maka berikan bahan gula pasir kedalamnya. kemudian aduk-aduk hingga merata dan diamkanlah hingga gulanya menjadi larut dan menjadi berubah mengental. Ketika karamel selesai dibuat maka angkat dan masukan kedalam wadah yang mempunyai tahan panas.
  • Langkah selanjutnya yaitu pembuatan puding dan cara pertamanya dengan memanaskan susu terlebih dahulu sampai dengan mendidih dan disusul dengan menambahkan bahan gula. Lalu kemudian aduk-aduk hingga merata dan menjadi larut lalu setelah itu masukan bahan lainnya yang berupa agar-agar dan juga gelatin. Kemudian aduk-aduk sekali-kali hingga semua bahan tambahannya menjadi larut dalam air serta teksturnya menjadi berubah kental.
  • Nah jika sudah selesai menjadi adonan puding, maka ambilah sendok besar kemudian campurkan bahan kuning telurnya dan kocoklah hingga tercampur rata setelah itu tuangkanlah kedalam adonan puding tersebut. Kemudian aduk-aduk hingga campuran kuning telurnya menjadi menyatu dengan adonan puding.
  • Untuk langkah yang terakhir yaitu angkat dan juga tuangkan adonan puding yang sudah jadi kedalam wadah anti panas yang tentunya sudah ada isian karamel sebelumnya. Dan setelah itu barulah dimasukan kedalam lemari es supaya cepat mengeras.

Jika puding karamelnya sudah berteksturkan berubah menjadi mengeras maka keluarkanlah didalam lemari es tersebut untuk dipisahkan dari wadahnya dan kemudian dipotong lalu sajikanlah menjadi beberapa bagian. Dan itulah Resep dan Cara Membuat Puding Karamel Lembut yang kami bagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kata Kunci Halaman Ini:

resep puding karamel, resep dan cara membuat torta

Baca Juga: