Resep Makanan Untuk Anak 1 Tahun Keatas Yang Bergizi

Posted on

ArenaWanita.com | Resep Makanan Untuk Anak 1 Tahun KeatasPerkembangan buah hati memang harus terus kita pantau dan kita bina setiap waktunya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaganya, salah satunya adalah memberikan makanan dan minuman yang bergizi untuk dia seperti resep makanan untuk anak 1 tahun keatas yang bergizi berikut ini.


Tiap tahap perkembangan anak pasti berubah setiap waktu begitu juga dengan asupan nutrisi yang harus diterimanya, dan kali ini kita akan membahas resep makanan yang pas untuk buah hati yang berusia 1 tahun keatas. Sebenarnya, untuk usia 1 tahun ini, anak masih harus menerima ASI sampai umur 2 tahun nanti, begitu kata sang ahli.

Ada beberapa hal tentang makanan untuk anak usia 1 tahun keatas :

  • Berikan sumber karbohidrat yang berbeda. Ada banyak pilihannya seperti ubi, roti, beras merah atau beras biasa.
  • Memang wortel dan bayam sehat untuk anak, tapi coba variasi lain dengan sayuran, brokoli, dan lain-lain.
  • Anak belum menerima makanan dengan bumbu menyengat, karena itu coba gunakan daun salam agar rasa makanan atau buburnya lebih gurih.
  • Jika anak menolak untuk makanan yang baru, coba saja berulang kali. Namun jika memang anak tetap tidak mau, ya jangan dipaksakan karena bisa-bisa nanti anak trauma dengan makanan itu.

Meski begitu, ada beberapa resep makanan yang mungkin bisa anda coba di rumah untuk menambah asupan nutrisi bagi anak. Berikut ini adalah resep makanan untuk anak 1 tahun keatas.

Nasi Tim Ayam

Untuk resep yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, anda bisa memberikannya sampai usia 2 tahun. Bahan-bahannya adalah :

  • Nasi aron 80 gram yang dimasak setengah matang
  • 50 gram tomat diiris tipis
  • Daging ayam 50 gram (gunakan daging giling)
  • Kuning telur 1 butir
  • Wortel 100 gram (bisa variasi dengan jagung atau brokoli)
  • Lalu air secukupnya saja

Nasi Tim Ayam

Cara membuatnya, pertama masukkan semua bahan tadi ke dalam satu mangkok. Untuk ini anda butuh mangkok yang tahan panas tentunya. Kemudian jika sudah dimasukkan semua, siram dengan air sampai semua bahan terendam. Siapkan panci untuk mengkukus, lalu masukkan mangkok berisi bahan-bahan tadi ke dalam panci dan tutup. Tim sampai matang. Dan nasi tim ayam sudah siap di sajikan untuk sang buah hati.

Baca juga: Resep Masakan Anak 2 Tahun

Dari resep diatas tadi, anak bisa memperoleh nutrisi yang cukup banyak seperti dari ayam, tomat, kuning telur, brokoli, dan lainnya. Jangan lupa untuk menyiapkan air putih untuk minum anak, dan pastikan air yang diberikan selalu bersih dan jernih. Nah, itu tadi resep makanan untuk anak 1 tahun keatas yang bisa anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba.


Kata Kunci Halaman Ini:

makanan bergizi untuk anak 1-2 tahun, makanan bergizi untuk anak usia 1 tahun keatas, cara membuat makanan bergizi untuk anak, makanan bergizi untuk anak 1 tahun, makanan bergizi untuk anak, resep makanan sehat untuk anak diatas 1 tahun, makanan bergizi untuk balita usia 1 tahun, Makanan bergizi untuk bayi 1-2tahun, Makanan bergizi untuk anak usia 1 thn, makanan bergizi untuk balita 1 tahun lebih