Resep Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Aman Dikonsumsi Sehari-hari

Posted on

ArenaWanita.com | Resep Makanan Untuk Penderita Diabetes – Jika anda adalah seorang penderita penyakit diabetes, yang anda lakukan sekarang adalah mengatur pola makan anda dan sebisa mungkin menghindari makanan yang mengandung manis. Berikut akan saya berikan tips untuk mengatur pola makan bagi penderita diabetes sekaligus contoh resep makanan untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi sehari-hari.


Bagi penderita diabetes, makanan manis adalah satu hal yang menjadi pantangan. Namun tahukah anda, ternyata ada makanan-makanan yang terlihat tidak manis namun mengandung glukosa yang harus dihindari oleh penderita diabetes.

Ya, penderita diabetes sejatinya bukan hanya menghindari makanan yang bergula saja namun juga menghindari makanan yang mengandung glukosa. Nah bagaimana caranya mengatur pola makanan untuk penderita diabetes?

Beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mengatur pola makan anda penderita diabetes selain dengan menyediakan resep makanan untuk penderita diabetes adalah:

4 komponen dalam makanan yang mempengaruhi gula darah

Ada empat komponen dalam makanan yang dapat mempengaruhi gula darah anda yaitu karbohidrat, serat, protein dan lemak. Anda harus bijaksana mengkonsumsi makanan yang mengandung 4 komponen tersebut agar dapat mengelola gula darah anda dengan baik.

Crispy Chicken Salad

Hindari cemilan yang berlebihan

Anda boleh mengkonsumsi cemilan, asal itu yang rendah gula. Cemilan yang aman untuk penderita diabetes diantaranya adalah roti gandum. Anda bisa memakannya dengan minum teh namun ingat tanpa ada tambahan gula. Jikalau ingin memakai gula pun tambahkan gula yang non kalori atau gula jagung.

Hindari junk food

Banyak sekali orang yang beralasan demi kepraktisan kemudian mengalihkan makan siangnya dengan makan junk food. Padahal junk food sama sekali tidak memiliki manfaat apa-apa bahkan bisa disebut makanan sampah karena efek yang diakibatkan jika kita mengkonsumsinya.

Itulah beberapa tips untuk mengatur pola makan anda khususnya yang menderita diabetes. Selain mengatur pola makan, olahraga juga sangat penting dilakukan untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam tubuh. Setelah anda menjaga pola makan serta diiringi dengan rutin melaksanakan olahraga setiap hari diharapkan kadar gula yang ada dalam tubuh anda bisa terkelola dengan baik. Berikut contoh resepnya.

Crispy Chicken Salad

Bahan:

  • Daging ayam fillet 300 gram
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air jeruk nipis
  • Tepung gandum 500 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun selada ¼ ikat
  • Mayones

Cara membuat dan mengolah resep makanan untuk penderita diabetes ini :

  • Ambil daging ayam fillet kemudian lumuri dengan garam, merica dan air jeruk nipis sampai rata. Diamkan ± 15 menit agar bumbu meresap sempurna.
  • Setelah itu lumuri daging ayam fillet yang telah berbumbu tadi dengan tepung gandum sampai merata.
  • Goreng daging ayam fillet yang berbalut tepung di dalam minyak panas sedang dengan jumlah minyak yang banyak.
  • Siapkan daun selada kemudian petik dan taruh di mangkok besar. Setelah daun selada siap, taruh crispy chicken di atas daun selada, lengkapi dengan mayones rendah gula. Siap disajikan.

Kata Kunci Halaman Ini:

resep cemilan untuk penderita diabetes, resep kue untuk penderita diabetes, cara membuat cemilan untuk diabete, resep kue untuk diabetes, resep cemilan untuk diabetes, resep kue tradisional buat penderita kencing manis, resep kue diabetes, apakah penderita diabet boleh makan ayam goreng tepung, reaep camilan rumah untuk penderita diabetes, mengolah gandum untuk makanan diabetes