Resep Masakan Khas Sunda Yang Sederhana

Posted on

ArenaWanita.com | Resep masakan khas sunda – memang sering menjadi perbincangan mengingat bahwa masakan khas sunda terkenal akan kelezatannya. Mungkin sudah hampir setiap orang pernah mencicipinya, namun apakah anda sudah bisa membuatnya sendiri di rumah? pasti anda akan merasa lebih bangga jika mengkonsumsi masakan yang anda masak sendiri.

Selain bangga, anda juga tidak perlu mengkhawatirkan tentang kebersihannya karena kita sendiri yang memilih bahan – bahannya.

Sebenarnya ada apa saja masakan khas sunda? ada banyak sekali makanan khas sunda yang memiliki cita rasa lezat. Di sini kami akan memberi tahu anda tentang resep bagaimana cara membuat gurame goreng saus tauco. Apa saja bahan – bahan yang di butuhkan untuk membuat masakan tersebut?

Di antaranya yaitu, 1 sendok teh garam, 3 sendok makan air jeruk nipis, 3 sendok makan air jeruk nipis dan 1 ekor ikan gurame yang berukuran besar atau 2 ekor berukuran sedang. Karena yang akan kita bahas itu resep masakan khas sunda gurame goreng saus tauco, maka kita juga harus mempersiapkan bahan untuk membuat bumbu saus tauco.

Di antaranya yaitu, 160 gram tauco, 2 sampai 3 sendok makan gula pasir, 230 ml air, 7 cm jahe, 14 butir bawang merah, 6 bawang putih, 1/2 bawang bombay yang di potong memanjang, 130 gram cabai hijau, 200 gram cabai merah, 3 batang daun bawang, 35 buah cabai rawit, minyak goreng secukupnya untuk menumis dan 250 gram tomat yang di potong – potong sesuai dengan selera.

Masakan Khas Sunda Yang Sederhana

Jika saus tauco sudah di buat, maka mulai lah anda memasaknya.

  • Bersihkan ikan dari semua jeroan dan juga insang, cuci sampai bersih. Lumuri dengan menggunakan garam dan air perasan jeruk nipis. Biarkan selama 20 menit.
  • Cincang lah jahe, iris lah bawang merah dan bawang putih hingga tipis, iris cabai merah dan hijau, dan biarkan lah cabai rawit utuh.
  • Panaskan lah minyak goreng dalam wajan. Masukkan ikan sampai terendam minyak. Jika salah satu sisi ikan sudah menjadi kering, maka balikkan. Goreng sampai ikan menjadi kering dan matang.
  • Panaskan 6 sendok makan minyak goreng di dalam wajan, kemudian tumis lah jahe dan bawang putih sampai bau harum tercium. Masukkan bawang bombai, bawang merah dan cabai, kemudian aduk. Masukkan lah saus taoco, dan aduk sampai rata.
  • Tuangkan air dan bubuhkan gula secukupnya. Masukkan daun bawang dan tomat, masak sampai semua bahan matang, angkat.
  • Dan resep masakan khas sunda yang terakhir yaitu, taruh lah ikan gurameh yang sudah di goreng pada piring saji. Tuangkan saus taoco panas di atas ikan gurameh tersebut, hidangkan dengan menggunakan lalapan daun kemangi serta mentimun.

Kata Kunci Halaman Ini:

resepmasakankhassunda