Resep Masakan Sunda Sehari-hari Sayur Asem

Posted on

ArenaWanita.com | Resep Masakan Sunda Sehari-hari Sayur Asem – Anda bingung akan memasak apa hari ini? anda tidak perlu kuatir karena saya akan memberikan salah satu resep masakan sunda sehari-hari yang mudah dan bahan-bahan yang digunakan pun mudah di cari di supermarket atau di pasar dengan harga yang terjangkau.

Resep masakan ini dapat anda lakukan di rumah dengan waktu yang singkat. Salah satu resep masakan sunda yang akan saya bahas hari ini adalah resep sayur asam khas sunda yang lezat dan nikmat.

Sayur asam khas sunda ini terbuat dari bahan-bahan yang ekonomis dan mempunyai citarasa yang khas, apalagi jika ditambahkan dengan ikan asin goreng dan sambal terasi yang akan menambah kenikmatan ketika menyantapnya.

Untuk seorang wanita, memasak sayur asem yang lezat dan nikmat adalah hal yang wajib wanita miliki. Karena kebanyakan orang menyukai sayur asem ini. jadi buat anda yang belum mengetahui cara membuat salah satu contoh resep masakan sunda sehari-hari yaitu sayur asem dengan benar, berikut cara pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan.

Bahan utama sayur asem :

  • Siapkan bahan-bahan seperti 10 buah melinjo yang bewarna merah, 1 buah labu siam yang dipotong dadu, kacang panjang yang dipotong sepanjang 3 centimeter, cabe ijo besar, kacang tanah sebanyak 2 sendok makan, daun salam yang sudah kering sebanyak 2 lembar, air, asam yang telah dicairkan , lengkuas yang dikeprek, daun melinjo yang telah dipotong, dan jagung manis yang telah dipotong menjadi 4 bagian.

Bumbu-bumbu sayur asem :

  • Siapkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, bawang merah, terasi bakar, cabe merah dan gula merah.

Sayur Asem

Cara pembuatan sayur asem :

  • Pertama, haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan seperti bawang putih, bawang merah, garam, cabe merah dan tersi bakar sampai halus.
  • Kedua, cuci bersih sayuran yang telah dipotong-potong tadi hingga bersih.
  • Ketiga, masukan air kedalam panci sebanyak 1.5 liter lalu masak hingga mendidih.
  • Keempat, setelah air dalam panci mendidih, lalu masukkan sayuran yang dipotong-potong tadi hingga semuanya empuk dan ditambahkan dengan daun salam, asem, cabe ijo dan lengkuas.
  • Kelima, setelah sayuran empuk, setelah itu masukkan bumbu yang dihaluskan tadi serta gula jawa secukupnya dan aduk hingga rata setelah itu biarkan bumbu matang.
  • Dan yang terakhir, setelah sayur matang lalu angkat dan hidangkan.

Baca juga:

Dan sayur asem yang anda inginkan pun akhirnya jadi. Untuk menambah rasa gurih, anda juga bisa menambahkan kaldu bubuk rasa sapi. Itulah salah satu contoh resep masakan sunda sehari-hari yang dapat anda praktekan dirumah. Semoga resep sayur asem diatas bisa bermanfaat buat anda yang ingin mencoba sayur asem khas sunda.

Baca Juga: