Resep Masakan Udang Bakar Yang Gurih Dan Matang Sempurna

Posted on

ArenaWanita.com | Resep Masakan Udang Bakar – Siapa orang yang tidak menyukai makanan seafood. Jika kita melihat restoran atau rumah makan atau bahkan pedagang kaki lima yang menyediakan menu seafood pasti selalu ramai dikunjungi. Salah satu menu favorit orang-orang adalah menu yang menyertakan bahan udang di dalamnya.


Resep masakan udang bakar merupakan salah satu menu favorit. Udang merupakan hewan air yang memiliki tekstur daging lembut dan gurih. Ada banyak sekali menu yang menjadikan udang sebagai bahan utama dalam pembuatannya.

Bahkan di hampir setiap restoran pasti menyertakan menu udang sebagai menu andalannya. Bagi anda yang menginginkan menu ini di rumah anda sendiri, anda tidak perlu membelinya ke rumah makan tertentu, cukup dengan membuatnya sendiri di rumah.

Dalam artikel kali ini akan kita bahas proses pembuatan masakan udang bakar. Selain lebih menghemat uang, anda juga bisa lebih kreatif dengan mengkreasikan menu anda sendiri. Anda bisa menambahkan bahan tertentu sesuai selera anda.

Berikut kita sajikan bahan-bahan yang harus anda persiapkan untuk resep masakan udang bakar. Bahan-bahan tersebut diantaranya :

  • Siapkan udang windu besar sebanyak 4 ekor
  • 1 buah jeruk nipis
  • ½ sendok makan margarin
  • Bawang putih ½ siung
  • Garam secukupnya

Udang Bakar Gurih

Bumbu oles untuk udang bakar:

  • Bawang merah goreng sebanyak ½ sendok makan
  • Air perasan jeruk nipis ½ sendok makan
  • Saus sambal botol sebanyak 1 sendok makan
  • Lada putih halus ( bubuk ) ¼ sendok makan
  • Kecap manis 50 ml

Setelah anda mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan, saatnya anda menyimak langkah-langkah dalam membuat resep udang bakar spesial ini. Pertama, bersihkan terlebih dahulu udang windu dengan cara gunting sungut udang, dan belah punggungnya lalu cuci bersih. Kedua, lumuri udang dengan bumbu oles yang telah disiapkan tadi yaitu bawang putih parut, perasan jeruk nipis, garam merata ke seluruh bagian, diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.

Ketiga, aduk bumbu oles sampai merata yaitu kecap manis, saus botol,bawang merah goreng yang telah dihaluskan, air jeruk nipis, dan lada putih. Keempat, lelehkan margarin, lalu campurkan ke bumbu oles tadi, aduk sampai merata. Kelima, oles kembali udang dengan bumbu oles yang telah disiapkan tadi. Keenam, terakhir bakar udang dalam bara api, putar-putar sambil sesekali diolesi sisa bumbu oles. Setelah warnanya berubah menjadi merah kecoklatan segera angkat udang dari bara, lalu sajikan di piring saji. resep masakan udang bakar ini dibuat untuk 3 porsi.

Baca juga:

Bagi anda yang memiliki masalah dengan penyakit kolesterol ada baiknya anda membatasi mengkonsumsi makanan seafood termasuk udang, agar kolesterol anda tidak naik secara signifikan. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.