Resep Masakan Urap Bumbu Kuning Jawa

Posted on

ArenaWanita.com – Urap-urap merupakan masakan jawa yang berbahan dasar sayuran, biasanya menggunakan sayur daun ketela pohon. Ada juga yang menggunakan daun papaya tetapi mungkin jarang disukai karena rasanya sedikit pahit.

Sayuran ini melalui proses perebusan dan yang menjadi ciri khasnya adalah ditaburi dengan parutan kelapa. Mungkin anda suda bosan dengan urap yang seperti biasanya. Berikut ada sedikit rahasia resep yang dapat anda praktekkan dalam membuat Resep Masakan Urap Bumbu Kuning Jawa

1. Jika anda ingin membuat Urap Bumbu Kuning caranya mudah sekali, anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti tauge sebanyak 100 gram, 350 gram daun ketela pohon (jika anda tidak suka, anda bis menggantinya dengan kangkung atau bayam), 1 ikat kacang panjang, 3 kunyit sebagai warna kuning, 1 buah kelapa yang telah diparut, anda juga bisa menambahkan cabe atau lombok apabila menyukai rasa pedas.

2. Bahan tambahan yang dapat anda gunakan sebagai penyedap atau pelengkap, bisa menggunakan bawang putih sebanyak  1 siung, 3 siung bawang merah, 2 biji kencur, garam, daun jeruk dan sedikit gula. Anda bisa menambahkan mentimun agar lebih bervariasi.

3. Peralatan yang anda butuhkan dalam pembuatan urap adalah ulekan untuk menghaluskan bumbu, alat parut kelapa, panci, pisau, kompor, baskom dll.

[Baca juga >> Tiga Hal Yang Bisa Merusak Kualitas Pakaian]

4. Pertama-tama anda harus merebus daun ketela pohon dan kacang panjang sampai matang, kurang lebih sekitar 30 menit. Agar lebih mudah, potonglah kacang dan daun tersebut menjadi beberapa potongan dan masukkan ke dalam panci. Sambil menunggu matang anda bisa memarut kelapa dan mencampur bumbu  pada ulekan. Haluskan bumbu tersebut kemudian campur pada kelapa yang telah diparut.

Urap Bumbu Kuning Jawa

Jika anda menggunakan mentimun, potong timun tersebut menjadi kubus kecil-kecil sebagai hiasan urap. Jika dirasa daun ketela yang tadi direbus sudah matang, angkat dan tiriskan. Bumbu dan parutan kelapa yang sudah tercampur tadi, masukkanlah ke dalam baskom dan campurkan pada daun ketela pohon yang sudah dimasak tadi. Aduk merata sampai tercampur. Tambahkan irisan mentimun tadi agar lebih cantik. Urap Bumbu Kuning Jawa siap untuk dihidangkan.

Mudah bukan ? Anda dapat menerapkan resep ini dirumah karena sangat mudah sekali. Semoga artikel  Resep Masakan Urap Bumbu Kuning Jawa dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Kata Kunci Halaman Ini:

tahu kulit bumbu kuning, resep urap kuning, resep urap bumbu kuning, urap bumbu kuning, urap, membuat urap kuning, cara membuat urap kelapa kuning, Cara membuat uap kelapa bumbu kuning, Bumbu urap kuning, bumbu kuning bahan kelapa

Baca Juga: