Resep Sup Tom Yam Ala Thailand

Posted on

ArenaWanita.com | Pernahkah anda mendengar kata tom yam? Tom yam adalah menu masakan sup yang berbumbu khas dari negeri gajah putih, Thailand. Pada umumnya, bahan dari resep masakan sup tom yam hanya udang dengan kuah dan mie. Tom yam memiliki sebuah rasa khas asam namun menyegarkan, dengan rasa sedikit pedas yang gurih.


Masakan satu ini sangat cocok untuk dimakan saat hari sedang hujan atau dingin. Karena rempah – rempah yang ada di dalam masakan sup akan menghangatkan saluran tenggorokan dan tubuh. Tidak lupa aroma citrus yang ditimbulkan akan membuat sensasi menyantap sup tom yam semakin melezatkan.

Meskipun masakan ini berasal dari Negara Thailand anda tidak perlu ke Negara Thailand untuk memakannya. Karena dengan resep di bawah ini, anda dapat membuat sendiri sup tom yam anda. Dan semoga Resep Sup Tom Yam Ala Thailand kali ini menjadi menu baru yang cocok untuk Anda dengan keluarga.

Berikut bahan sup tom yam yang harus anda persiapkan: 160 gram udang yang berukuran sedang dan telah dikupas dan dibersihkan, 100 gram mie putih ( soun ) yang telah diseduh, kaldu ayam sebanyak 1500 mililiter. Untuk bumbunya siapkan jahe muda seruas jari, garam secukupnya, jeruk nipis 2 sendok makan, serai, bawang putih 3 siung, daun jeruk 4 lembar, cabe rawit 10 buah, saus tomat secukupnya, Irisan dari 5 buah jamur kancing, gula pasir, ketumbar, garam dan secukupnya.

Untuk membuatnya anda belah udang hingga putus dan bersihkan dari kotoran. Olesi udang dengan air campuran garam dan perasaan jeruk nipis. Lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Lanjutkan dengan mendidihkan segelas air. Masukkan garam dan rebus daging udang sampai daging udang tersebut menjadi berwarna kemerahan. Lalu angkat dan tiriskan di sebuah wadah.

sup-tom-yam-ala-thailand

Panaskan air kaldu dan masukkan serai, jahe, bawang putih, daun jeruk, serta garam. Dan masak hingga 10 menit. Setelah mendidih, masukkan daging udang, jamur kancing, irisan cabe rawit, dan saus tomat. Aduk sebentar dan tambahkan perasan air jeruk nipis, serta gula. Aduk lagi dan angkat.

Baca juga:

Cara penyajiannya, anda letakkan dulu soun di dasar mangkuk. Lalu masukkan sup yang masih panas di atas soun. Taburkan sedikit ketumbat dan hidangkan ke keluarga anda. Mudah bukan? Dan demikianlah tips memasak resep sup tom yam khas Thailand. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Kata Kunci Halaman Ini:

resep sop udang