Ruang Sempit Bukan Masalah

Posted on

ArenaWanita.com | Ruang Sempit Bukan Masalah – Memiliki rumah yang indah adalah impian semua orang. Rumah yang indah bukan berarti punya ruangan yang besar dengan tambahan kolam renang atau taman nan luas.

Rumah indah artinya adalah rumah yang dapat menghadirkan kenyamanan bagi siapa saja yang melihat atau masuk ke dalam, khususnya penghuni rumah tersebut.

Maka dari itu, ruang sempit bukanlah suatu permasalahan yang dapat menghambat seseorang untuk membuat rumah yang indah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyiasati ruangan rumah yang sempit agar terlihat lebih luas dan tidak pengap.

  • Warna

Mungkin banyak orang yang menganggap warna putih bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Hal tersebut ternyata tidak sejalan dengan pemikiran para desain karena belum tentu hal tersebut akan membuat ruangan terlihat lebih luas. Bisa juga untuk menggunakan warna yang agak gelap. Namun kembali lagi pada selera masing-masing orang yang berbeda satu sama lain.


  • Gunakan Cermin

Penggunaan cermin pada dinding bisa “menambah” sudut pandang suatu ruangan. Sudah banyak yang menggunakan cara ini untuk membuat ruangan terlihat lebih luas. Desain berpendapat bahwa cermin dapat memantulkan cahaya lampu yang ada sehingga menghasilkan cahaya yang natural, tempatkan cermin di pojok ruangan atau di belakang furnitur seperti kursi atau sofa. Kalau bisa gunakan cermin yang berukuran agak besar.

Hiasan Dinding Ruang Tamu

  • Perabotan Mengkilap

Maksudnya disini adalah perabotan yang dapat memantulkan cahaya. Untuk membuat ruangan terlihat lebih luas, cahaya menjadi salah satu kuncinya. Benda-benda yang dapat memantulkan cahaya bisa menambah penerangan pada ruangan. Seperti halnya cermin, penggunaan perabotan mengkilap dapat membuka sudut pandang ruangan agar terlihat lebih luas.

Cat Untuk Langit-langit

  • Cat Untuk Langit-langit

Sebuah saran yang bagus oleh Erin Davis dari Mosaik Design & Remodeling, bahwa cat yang digunakan untuk langit-langit ruangan disarankan untuk menggunakan cat yang berwarna sama atau setidaknya lebih cerah dibandingkan dinding rumah. Karena warna cat yang terlalu kontras akan menghasilkan nuansa yang membuat ruangan pada bagian dinding dan langit-langit menjadi punya kesan “terbelah” karena pada dasarnya pandangan mata bisa berhenti ketika ada perubahan warna secara tiba-tiba.

  • Kurangi Furnitur

Untuk membuat ruangan tampak luas, bisa dilakukan dengan mengurangi jumlah perabotan atau furnitur di dalam ruangan tersebut. Ada baiknya menggunakan satu furnitur yang berukuran besar namun jumlahnya sedikit dibandingkan dengan furnitur berukuran kecil namun jumlahnya banyak dan tidak ditata dengan baik.

  • Hiasan Dinding

Menempatkan hiasan, lukisan atau gambar di dinding juga dapat mengalihkan perhatian seseorang akan besarnya ruangan. Bisa menggunakan hiasan berupa gambar atau lukisan pada dinding yang memiliki nilai seni yang unik dan dapat meningkatkan minat maupun rasa ingin tahu dari dalam diri.