Sajian Kuliner Unik dan Menarik Ini Bisa Bikin AW’es Penasaran

Posted on

ArenaWanita.com – Dunia kuliner Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Selain dikenal dengan keragaman rasa, jenis dan ukurannya, kuliner Indonesia juga dikenal dengan keunikannya. Keunikan-keunikan kuliner ini adalah tidak lepas dari daya kreativitas anak-anak bangsa. Dan, ada apa sajakah sajian kuliner unik dan menarik tersebut? Berikut rangkumannya untuk anda.


  • Bakpao Buah

Bakpau merupakan makanan tradisonal Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa hokian, yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Pau yang berarti bungkusan dan Ba yang berarti daging, jadi bakpau berarti bungkusan yang berisi daging. Sebuah bakpao lazimnya berbentuk bulat dan berwarna putih, tetapi didaerah Dalem Kauman Bandung, bakpau disulap menjadi buah-buahan.

Bukan isinya yang rasa buah-buahan ya! tetapi bentuk bakpao-nyalah yang berupa bentuk buah. Ada 10 macam buah, apel, strawberry, terong, jeruk, melon dan lain-lain. Ide membuat bakpao buah berawal dari eksperimen untuk membuat pesanan bakpao dari seorang teman. Cara membuat bakpao ini memang memerlukan ketelatenan yang luar biasa. Pertama-tama masukan tepung terigu, gula pasir, air dan mentega putih kedalam mixer.

Kemudian aduk hingga tercampur rata, tekan-takan adonan dengan menggunakan tangan, supaya tekstur adonan padat. Potong adonan menjadi beberapa bagian dan timbang setiap adonan masing-masing dengan berat 30 gram. Giling adonan dengan rolling pin hingga pipih. Masukan isi bakpao berupa kacang hijau atau bisa juga memakai rasa lain seperti kacang hitam, kacang merah dan pandan.

Isi bakpao biasanya disesuaikan dengan bentuk buah, sehingga masing-masing bakpau memiliki rasa yang berbeda. Kemudian bakpao dibentuk seperti buah lemon, lalu tambahkan cengkeh untuk tangkai buahnya. Berbeda dengan bakpao berbentuk strawberry yang adonnanya dibentuk bulat dan sedikit lonjong. Jangan lupa untuk taburi wijen hitam pada permukaan bakpao.

Bakpau Buah

Adonan yang sudah dibentuk kemudian dimasukan kedalam loyang kukusan dan diamkan selama 15 menit sebelum dikukus, supaya adonan sedikit mengembang. Bakpao yang sudah dikukus kemudian diwarnai sesuai bentuk buahnya. Pewarnaan dalam bakpao buah ini menggunakan mesin airbrush. Tuang pewarna makanan pada tangki kecil airbrush kemudian disemprot ke bakpao buah. Setelah bakpao diberi warna, bakpau ditambahkan dengan ornamen daun menggunakan adonan lain. Kukus lagi untuk mematangkan daun selama 15 menit.

Untuk membeli bakpao ini tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena bakpau dibandrol dengan harga Rp 6000 perbuahnya. Bagi anda yang tak suka dengan bahan pengawet tak perlu khawatir. Bakpao buah ini tidak menggunakan pengawet dan bertahan kuat selama 2 hari.

  • Es Krim Mochi

Tak kalah unik dengan bakpau buah, ada lagi kreasi makanan dari Bandung yaitu es krim mochi. Usaha yang idenya berawal dari mencoba es krim mochi sewaktu berjalan-jalan di Singapura ini mulai dijalankan sejak tahun 2009. Moci yang dibuat adalah jenis mochi Jepang, karena ukurannya yang lebih besar dari mochi lokal. Untuk membuat moci ini tidak terlalu sulit. Tahap pertama yaitu membuat es krimnya terlebih dahulu.

Adonan yang berisi susu dan tepung es krim diaduk menggunakan mixer. Setelah tercampur rata, tuang adonan kewadah lalu masukan freezer dan tunggu selama 8 jam. Es krim yang akan dibuat adalah es krim biskuit. Caranya, biskuit yang sudah diremukan kemudian dimasukan kedalam es krim lalu diaduk. Jika sudah selesai tercampur, es krim dicetak supaya bentuknya bulat dan kembali dimasukan ke freezer supaya tidak mencair.

Es Krim Mochi

Tahap selanjutnya adalah membuat adonan mochi. Masukan tepung ketan kedalam air hangat, aduk dengan mixer hingga adonan merata. Adonan dituang ke mangkuk besar lalu tutup bagian atas mangkuk dengan plastik wrap dan masukan microwave. Jika sudah mengental, keluarkan adonan mochi lalu aduk dengan sendok supaya lebih kenyal. Setelah itu, adonan mochi ditaburi dengan tepung maizena lalu potong jadi beberapa bagian kemudian pipihkan. Adonan yang sudah dipipihkan masukan es krim dan masukan kedalam cetakan. Adonan es krim mochi yang sudah dicetak, dimasukan kembali kedalam freezer selama 1 hari. Setiap bulan, sang pembuat moci mampu menghasilkan 3 ribu es krim moci untuk memenuhi kebutuhan outlet didaerah Bandung dan Sumedang.

  • Risoles Melepuh

Hampir semua orang mengakui jika kota Bandung memang kaya akan kreasi kulinernya. Salah satu kreasi kuliner yang datang dari kota Bandung adalah risoles melepuh. Dinamakan risoles melepuh, karena isi risoles yang menggunakan keju. Jadi ketika makan risoles ini akan merasakan lelehan keju didalamnya. Selain warnanya yang bermacam-macam, rasa risoles yang satu ini pun juga bermacam-macam seperti melting cheese, beef black pepper, hamburger, sushi dan brokoli. Proses pembuatan risoles ini tergolong mudah, pertama kali siapkan adonan kulit risoles. Supaya tidak ada adonan yang menggumpal, adonan disaring terlebih dahulu untuk kemudian diberi pewarna makanan. Warna kulit risoles yang beragam ini, biasanya mewakili rasa dari risoles yang dibuat.

Risoles Melepuh

Seperti hijau untuk brokoli, hitam untuk black pepper, ping untuk hamburger serta kuning untuk sushi. Adonan kulit risoles yang sudah jadi, kemudian dipanggang mengguanakan bagian bawah wajan. Clup bagian bawah wajan ke adonan lalu panggang hingga merata dan jadilah kulit risoles. Proses selanjutnya yaitu mengisi risoles sesuai dengan warna kulit, lipat risoles lalu kemudian clupkan kedalam campuran putih telur dengan tepung dan balurkan dengan tepung panir.

Baca juga:

Supaya awet, risoles dimasukan kedalam freezer. Resep yang didapat dari sang ibu yang telah dimodivikasi ini dikirim ke beberapa kota termasuk Jakarta. Harga risoles dibandrol seharga Rp 5.500 untuk sekitar Bandung, dan Rp 6.500 untuk sekitar Jakarta. Bagaimana, anda berminat untuk membeli camilan yang satu ini?


Kata Kunci Halaman Ini:

kuliner unik dan menarik, bentuk aneka risoles, Black risoles, Risoles unik, warna bakpao menarik