Sehat dan Cantik Dengan Bahan Alam Dari Laut

Posted on

ArenaWanita.com | Tidak hanya bahan alam dari darat yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan. Bahan alam dari laut pun bisa dimanfaatkan. Bahkan, penggunaan bahan tersebut sudah bisa digunakan sejak dulu.

Hanya saja, sekarang ini, pemanfaatan bahan alami dari laut sudah didukung dengan berbagai penelitian ilmiah, sehingga konsumen lebih yaikn, manfaatnya. Pemanfaatan bahan alam dari laut untuk kecantikan dan kesehatan tentu berprostek baik bagi kaum masyarakat Indonesia, karena besarnya potensi laut kita. Selain rumput laut, bahan lain yang bisa dimanfaatkan adalah sea fennel dari sisik ikan.

Rumput Laut

Rumput laut juga dikenal dengan sebubatan algae atau ganggang laut. Rumput laut adalah biota laut adalah biota laut yang sangat populer digunakan sebagai bahan makanan, suplemen kesehatan, dan kosmetik. Algae sangat kaya akan zat aktif, seperti kelompok asam lemak tidak jenuh, protein, klorofil, vitamin, mineral dan bermacam pigmen unik, serta senyawa probiotik yang sangat kuat mendukung pemakaiannya untuk kecantikan dan kesehatan.

Riset pada aktivitas biologic algae meningkat tajam. Satu diantaranya adalah untuk membuktikan kerja sebagai antioksidan. Hasil penelitian pada ganggang cokelat membuktikan potensi sebagai antioksidan. Bahkan, zat kandungan murni yang diisolasi dari ganggang cokelat itu, terbukti mempunyai kerja yang tidak kalah kuatnya dengan antioksidan sintetik.

Yang lebih menarik lagi adalah fakta bahwa secara tradisional, algae ternyata diketahui mempunyai efek anti-aging (anti penuaan). Karena itu, kita mudah menjumpai berbagai preparat kosmetika dan produk suplemen yang dibuat dari kombinasi ekstrak untuk menunda penuaan dini.

Sehat dan Cantik Dengan Bahan Alam Dari Laut

Sea Fennel

Sea fennel (adas dari dalam lautan) atau dikenal dengan nama ilmiah Crithmum maritimum ini memang belum banyak dikenal. Tanaman ini hidup di lautan, di kawasan Laut Meditterania, Laut Hitam, Laut Atlantik, dan daerah pantai kawasan Eropa dan Inggris. Daunnya berwarna hijau berdaging dan tersusun menjari membentuk karangan. Anak daun berukuran panjang 2-5 sentimeterm berbentuk lanset, dengan ujung yang runcing. Bunga pada ujung batang berwarna kekuningan atau hijau putih.

Seluruh bagian tanaman ini ternyata sudah digunakan untuk obat dan rempah. Misalnya, sebagai pelancar buang air kecil dan membantu proses detoks tubuh. Daunnya berasa agak asin dan seperti rempah. Itu karena adanya kandungan minyak atsiri, asam amino, dan senyawa golongan fenol. Ekstrak dan minyak atsiri dari tanaman ini sudah digunakan secara luas dalam dunia kosmetik.

Sisik Ikan

Pemakaian sisik ikan untuk tujuan kesehatan dan kosmetik belum banyak dikemukakan. Tetapi, penelitian ilmiah sudah banyak dilakukan, dengan hasil yang mengagumkan. Ternyata, diketahui bahwa sisik ikan berpotensi sebagai sumber kolagen, yaitu jenis protein yang harus terdapat dalam otot kulit manusia.

Kolagen adalah komponen yang sangat diperlukan untuk mempertahankan kesehatan kulit, seperti kekencangan dan kelembaban. Kekurangan kolagen akan menyebabkan terhambatnya proses penyembuhan luka, sehingga bisa berakibat fatal, seperti amputasi. Kolagen bahkan dapat berperan sebagai pembalut luka alamiah yang tidak dimiliki oleh pembalut sintetik, karena tahan terhadap serangan bakteri. Karena sifat alamiah itulah, menyebabkan terjadinya keadaan steril yang diperlukan untuk proses pencegahan infeksi. Sebuah penelitian telah dilakukan terhadap kolagen yang terdapat pada sisik ikan sarden.

Hasil penelitian itu menunjukkan, ternyata kolagen ikan lebih menguntungkan dibanding dengan yang terdapat pada hewan darat, yaitu kekentalannya lebih rendah. Kadarnya yang tinggi membuat sisik ikan sarden dapat dijadikan sumber penghasil kolagen dengan proses ekstraksi dan pemurnian yang relative lebih sederhana dibandingkan sumber hewan darat.

Baca juga

Demikianlah tulisan mengenai Sehat dan Cantik dengan Bahan Alam dari Laut yang dapat arenawanita.com sampaikan. Semoga bermanfaat :).

Kata Kunci Halaman Ini:

hasil laut yang digunakan sebagai bahan kosmetik adalah, hasil laut untuk kosmetik, hasil laut yang digunakan sebagai bahan kosmetik, hasil laut yg digunakan sebagai bahan kosmetik adalah, hasil laut yg berguna, hasil laut bahan kosmetik, hasil laut yang di gunakan sebagai bahan kosmetik adalah, hasil laut yg dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik alami yang harus hati hati adlah, hasil laut untuk bahan kosmetik, hasil laut

Baca Juga: