Sekilas Snack Untuk Anak Ini Tampak Biasa, Tapi Ternyata Dibuat dari Bahan yang Bikin Bergidik Ngeri

Posted on

ArenaWanita.com – Anak-anak memanglah sukai dengan jajanan yang ada diluar tempat tinggal. Tetapi, tidak semuanya jajanan yang ada diluar tempat tinggal itu sehat, serta layak dikonsumsi oleh anak-anak. Sebab, mungkin jajanan itu malah terbuat berbahan yang beresiko, serta tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak.

Beberapa waktu terakhir diketemukan jajanan anak-anak atau makanan ringan yang terbuat berbahan yg tidak layak dikonsumsi manusia. Jajanan itu terbuat dari pakan ternak. Usaha makanan ringan untuk anak-anak berbahan ternak itu digerakkan oleh M Basyori (42), Tamrin (40), serta Ali Murtadho (37).

Sekilas Snack Untuk Anak Ini Tampak Biasa, Tapi Ternyata Dibuat dari Bahan yang Bikin Bergidik Ngeri

Kasatreskrim Polresta Sidoarjo, Kompol M Harris, menyampaikan ketiga tersangka ini beli panganan ternak yang berupa mi kering di satu pabrik pakan ternak di Gresik.

“Tetapi oleh ketiga tersangka pakan ternak itu jadi jadikan camilan yang di beri merk serta di jual untuk mengkonsumsi manusia, terlebih anak-anak,”kata Harris waktu mengadakan launching masalah perkara, Jumat (2/6/2017).

Pakan ternak berupa mi ini berupa panjang-panjang. Oleh tersangka dihancurkan hingga jadi remah-remah.

Harris menjelaskan untuk menyingkirkan rasa pakan ternak, mi itu digabung bumbu-bumbu, seperti balado serta asin-gurih. Mi yang tidak laik dikonsumsi manusia itu lalu di beri merk Mei Mickey Joss serta Mei Cha Cha.

Yang buat lebih miris, ketiga tersangka sudah sembilan th. lakukan usaha ilegal ini. Walau penjualannya masih tetap di lokasi Jawa timur (Sidosrjo, Madura, serta Jombang), ketiga tersangka yang warga Desa Keret Krembung (Basyori) serta Desa Mudah Prambon (Tamrin serta Ali) dapat memperoleh untung kian lebih Rp 50 juta per bln..

“Tak ada izin apa pun berkaitan usaha yang dikerjakan ketiga tersangka. Satu tahun pernah hingga untung Rp 2 miliar,”sambungnya.

Harris menyatakan produsen pakan ternak berupa mi tidak ada sangkut pautnya dengan peristiwa ini. Menurut pernyataan tersangka, mereka membohongi produsen saat beli pakam ternak itu.

“Ke produsen bilangnya buat pakan usaha ternak sapi punya tersangka. Tetapi jadi disalahgunakan,”tuturnya.

Harris menyebutkan beberapa tersangka bakal dijerat Pasal 134 UU RI No 18 Th. 2012 tetang Pangan serta Pasal 135 UU RI No 18 Th. 2012 mengenai Pangan.

“Ancaman hukuman optimal dua th. penjara serta denda optimal Rp 4 milliar,”tutup Harris.

Oleh karenanya, baiknya beberapa orangtua lebih waspada lagi. Sebab, jika hal tersebut tidak dikerjakan, jadi bahaya bakal meneror anak-anak itu.

Makanan yang terbuat berbahan beresiko itu dapat menyerang kesehatan anak-anak itu. Umpamanya, menyerang pada lambung, sampai tenggorokan. Dalam soal ini, fungsi peranan pemerintah juga diperlukan.

Maksudnya, untuk memberi pengawasan pada makanan yang mengedar di lingkungan orang-orang. Langkahnya, dengan mengaplikasikan standard mutu makanan yang tinggi. Hingga, anak-anak juga lepas dari ancaman makanan yang beresiko.

Kata Kunci Halaman Ini:

mei mickey joss