Sembuhkan Gangguan Tenggorokan Dengan Mengkonsumsi Lobak

Posted on

ArenaWanita.com – Bagi anda yang bertangan hijau atau gemar menanam, pasti menginginkan kebun berisi tanaman-tanaman yang dapat dimanfaatkan langsung. Bisa sayur mayur atau tanaman obat. Nah, anda bisa coba menanam Lobak Putih tak usah terlalu luas cukup satu bedeng dapat mencukupi kebutuhan rumahan anda.

Lobak adalah tanaman berbentuk umbi seperti wortel, tumbuhan yang masuk dalam familikrusiferae ini mudah ditanam baik di dataran rendah maupun pegunungan.

Tanah yang baik untuk menanam lobak adalah tanah gembur mengandung humus dan lapisan atasnya tidak mengandung kerikil. Anda bisa mulai menebar bijinya pada saat musim hujan atau awal musim kemarau, yang penting cukup air ya! dengan menyiramnya minimal 3 kali seminggu. Tak memerlukan waktu lama cukup 2 hingga 3 bulan saja lobak dapat tumbuh besar dan siap panen. Kulitnya yang putih dengan daging berwarna putih nampak bermunculan diatas tanah.

Tanaman lobak penting untuk dijaga dari hama kutu daun yang mungkin menyerang, insektisida kemungkinan diperlukan. Lobak mudah ditemukan dipasar swalayan dengan harga sekitar 7 ribu rupiah perkilogramnya. Sayuran khas negeri ginseng ini kerap digunakan sebagai bahan dari berbagai obat herbal.

Iya, umbinya mengandung vitamin A, B1, B2, niacin, minyak aciri, kalsium, zat besi dan asam oksalat. Bagi anda yang sedang diet menurunkan berat badan, lobak bisa menjadi solusinya karena dapat menekan nafsu makan. biasanya lobak dinikmati dalam bentuk sup hangat atau dimakan begitu saja, namun adakah manfaat istimewa lobak bagi kesehatan?

Sembuhkan Gangguan Tenggorokan Dengan Mengkonsumsi Lobak

Lobak dengan kandungan istimewanya ternyata memiliki berbagai khasiat unik, salah satunya adalah bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang mengalami gangguan tenggorokan seperti batuk. Iya, batuk memang kerap mengganggu keseharian anda, tenggorokan dibuatnya menjadi gatal sehingga tak nyaman beraktivitas. Sebenarnya batuk adalah respon alami yang dilakukan oleh tubuh untuk membersihkan lendir atau faktor, penyebab iritasi seperti debu atau asap agar keluar dari saluran pernapasan kita. Umumnya batuk akan sembuh dalam waktu 3 minggu tanpa pengobatan, namun jika anda benar-benar merasa nyaman dan ingin segera kembali baik anda bisa mencoba ramuan alami yang satu ini. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ya?

Anda membutuhkan air matang, lobak, jeruk dan gula. Sedangkan peralatannya adalah alas potong, pisau, peeler, gelas serta parutan. Cara membuatnya kupas kulit lobak terlebih dahulu dengan menggunakan peeler ya. kulit lobak halus dan lembut, sehingga tak sulit untuk mengupasanya. Setelah umbi bersih dari kulit, potong menjadi 3 bagian. Kemudian parut dengan sisi parutan yang kecil, agar sarinya mudah keluar. Selanjutnya ambil jeruk, anda bisa menggunakan jeruk jenis apapun karena kandungan pada kulitnya sama.

Baca juga:

Lalu parut kulit jeruk hingga membentuk lembaran kulit tipis. Pindahkan kedua bahan kegelas dan tuang air matang. Diamkan beberapa saat kemudian minum airnya. Lobak memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk mengobati batuk. Selain itu kalium pada lobak dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kulit jeruk juga baik karena mengandung vitamin C dan lagi-lagi antioksidan yang baik untuk mengusir bakteri jahat. Minum secara teratur hingga rasa gatal ditenggorokan mereda ya sahabat AW’ers!

Baca Juga: