Steak Vegetarian Ini Bisa Memanjakan Perut Anda

Posted on

ArenaWanita.com – Anda tentu sudah sering melihat aneka sajian steak bukan? Olahan kuliner yang satu ini, biasanya diolah dengan bahan dasar daging-dagingan. Sehingga tak mungkin dikonsumsi mereka yang menganut pola hidup vegetarian. Memang pada mulanya kuliner Eropa ini berbahan utama protein hewani seperti daging sapi, ayam ataupun ikan.


Tetapi, beberapa variasi steak vegetarian kemudian muncul menawarkan rasa yang tak kalah nikmatnya dari steak daging. Ditangan kreatif para juru masak Indonesia, olahan steak ini bisa dibuat dari bahan dasar nabati seperti umbi-umbian dan sayur-sayuran. Ada apa saja? berikut informasi selengkapnya.

Steak Jamur Tiram

Yang pertama ada steak jamur tiram. Rasa jamur yang tidak seperti sayur-ayuran akan membuat siapapun mudah menyukai aneka olahan atau masakan jamur. Kandungan gizi dalam jamur juga sudah tidak diragukan. Jamur dapat memenuhi kebutuhan tubuh manusia akan vitamin, mineral, kalsium dan protein. Tak heran, jika aneka masakan jamur lebih banyak digemari dibandingkan dengan masakan sayuran yang lain.

Teksturnya yang lembut dan kenyal terasa seperti daging. Selain rendah kolestrol, jamur tidak mengandung kolestrol tinggi seperti daging-dagingan. Jamur juga mengandung protein yang kadarnya lebih tinggi daripada beras dan gandum. Hal ini jelas membuat aneka masakan jamur kaya akan manfaat.

Semua kandungan dalam jamur tersebut juga bermanfaat bagi tubuh. Untuk olahan steak, jenis jamur yang digunakan adalah jamur tiram. Hal ini karena jamur tiram memiliki tekstur yang kenyal, sehingga mirip dengan daging hewan pada umumnya. bahan dan cara pembuatannya tak sulit ko. pertama anda harus menyiapkan 2 lembar jamur tiram yang berukuran cukup besar. Tak ketinggalan keju, telur ayam, mustard, merica, garam, tepung terigu dan tepung roti.

Steak Jamur Tiram Enak

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama buat adonan bumbu yang terdiri dari merica, garam dan saus mustard. Lalu oleskan campuran bumbu ini pada seluruh permukaan jamur hingga merata. Selanjutnya masukan jamur dalam tepung terigu dan telur yang sudah dikocok. Potong keju dan taruh pada bagian tengah jamur. Selanjutnya tumpuk 2 lembar jamur tiram hingga menutup sempurna dan dilumuri dengan tepung roti. Terakhir goreng jamur tiram hingga berwarna coklat keemasan. Steak jamur yang gurih siap dinikmati.

Steak Tempe

Untuk anda jangan tertipu dengan steak yang satu ini ya, walaupun memiliki tampilan yang mirip dengan daging, yang satu ini dibuat dari tempe. Iya, tempe yang biasanya diolah dengan cara digoreng, ternyata bisa diolah menjadi steak yang nikmat. Tempe sendiri merupakan komponen makanan yang tak asing dilidah kita. Mengubah wajah tempe menjadi steak, seolah menyatukan sensasi kuliner Eropa dan Indonesia. Kandungan protein pada tempe tak kalah dengan daging.

Steak tempe juga cocok untuk anda yang bermasalah dengan hipertensi. Olahan sumber gizi protein nabati utama ini, juga bisa menjadi olahan alternatif bagi anak-anak anda yang kurang suka dengan tempe. Olahan steak tempe ini juga sudah mulai akrab bagi para wanita yang sedang menjalani program diet. Selain menjadi menu wajib para vegetarian, steak tempe juga tak haram dikonsumsi mereka yang biasa mengkonsumsi steak daging. Dijamin akan sulit membedakan rasanya.

Steak Tempe Lezat dan Gurih

Steak Kentang

Kalau yang satu ini adalah steak kentang. kentang yang biasanya dijadikan bahan pokok pengganti nasi, ternyata juga bisa dijadikan olahan steak yang menggoda lidah. Pertama kentang dipotong menjadi 4 bagian dengan ketebalan kira-kira 1cm. Kulitnya tak perlu dikupas karena juga memiliki kandungan gizi yang baik cukup dicuci bersih saja. Selanjutnya goreng kentang hingga berwarna kuning kecoklatan tak perlu terlalu lama, karena akan membuat kentang keghilangan banyak gizi didalamnya. Setelah diangkat, kentang kemudian dimasak lagi dengan cara di gril diatas bara api. Hal ini bertujuan untuk mendapatka aroma khas steak yang dibakar.

Kentang yang sudah matang kemudian disisihkan, yang spesial dari steak ini adalah saosnya terdiri dari cabai, bawang dan kincong yang ditumis hingga harum. Tak ketinggalan ditambahkan pula saos jamur yang nikmat. Setelah matang, saos ini kemudian dituangkan keatas potongan kentang. agar lebih cantik tambahkan garnis serta keripik singkong sebagai pelengkap. Hmmm, setak kentang yang lezat dan penuh gizi siap untuk dinikmati.

Steak Kentang Enak

Steak Tahu

Anda penderita kolestrol tinggi namun suka dengan olahan steak? Tak perlu khawatir, pasalnya steak yang satu ini rendah lemak dan kolestrol jahat. Jika tahu biasanya hanya diolah dengan cara digoreng berbeda dengan yang satu ini, dengan sedikit keterampilan tahu dapat diubah menjadi steak yang kaya akan citarasa. Rasa dan tekstur tahu yang pas dilidah orang Indonesia membuat olahan yang satu ini banyak diminati. Bahkan dasar tahu memang lebih bervariasai dibandingkan dengan tempe, meski sama-sama terbuat dari kedelai. Cara membuatnya, pertama tahu dilumat hingga hancur, lalu dicampur dengan telur dan bumbu-bumbu penyedap. Setelah itu adonan tahu dibentuk bundar menyerupai prekedel.

Adonan tahu kemudian digoreng diatas wajan khusus dengan sedikit minyak. Dalam membuat steak tahu ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pada saat menggoreng tahu api tidak boleh terlalu besar, hal ini dikarenakan tekstur tahu mengandunbg air. Sehingga membutuhkan panas yang merata sampai tahu matang dengan sempurna. Terakhir siram dengan saus barbeque yang gurih. Steak tahu juga sangat cocok dinikmati dengan sayur-sayuran pendamping seperti buncis ataupun wortel. Bagi penikmatnya, steak tahu memang berbeda anda tidak bisa membedakan tahu atau daging. Karena bumbu yang sudah meresap dan juga tekstur tahu yang sudah menyerupai daging. Bagaimana tertarik dengan olahan yang satu ini.

Steak Tahu Enak Lezat

Steak Terong

Anda pasti sudah tak asing dengan terong, karena sering dimasak dirumah sebagai sayuran pendamping nasi dan lauk pauk. Terong sebenarnya memiliki berbagai jenis, baik ukuran maupun bentuk dan warna. Namun yang bisa diolah menjadi steak adalah jenis terong ungu yang berbentuk panjang dan lonjong serta berukuran besar. Cara membuatnya tak sulit, pertama terong dipotong menjadi 4 bagian, setelah sebelumnya dibuang ujung-ujunngnya. Kemudian goreng terong selama kurang lebih 3 menit dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan. Untuk mendapatkan aroma steak yang khas, terong lalu dibakar diatas panggangan berbentuk gril selama kurang lebih 5 menit, hingga kulit luarnya kering. Selanjutnya bawang, daun jeruk dan cabai ditumis hingga harum.

Steak Terong Gurih

Tambahkan saos kombinasi yang terbuat dari bumbu rendang dan kacang merah serta saos sambal hingga matang merata. Saos spesial ini kemudian dituang keatas potongan terong yang telah ditata. Hmmm, menarik sekali bukan tampilan dari steak terong ini. Tak kalah menggoda dibanding steak daging sapi biasa anda konsumsi. Selain nikmat, kandunga gizi yang besar didalam terong dipercaya bisa mengatasi hipertensi dan penyakit hepatitis. Unik sekali bukan.


Kata Kunci Halaman Ini:

cara membuat steak terong, steak tempe, resep steak vegetarian, resep steak terong ungu, resep steak terong, resep steak jamur vegetarian, resep steak jamur tempe vegetarian, resep steak jamur, kenapa steak tempe hancur saat digoreng, cara membuat steak tahu