Stop! Jangan Biasakan Membaca Saat di Dalam Mobil, Ini Alasannya

Posted on

ArenaWanita.com – Tentu kita sempat mendengar kalau kita tidak bisa membaca waktu kita tengah ada dalam mobil atau kendaraan bergerak. Sebab, membaca waktu ada didalam kendaraan yang bergerak dapat mengakibatkan pusing serta bahkan juga mual. Sesungguhnya, mengapa ya kita dapat pusing?

Timothy C. Hain, profesor neurologi, THT, serta therapy fisik dari Northwestern University Medical School serta Charles M. Oman, direktur dari Man Vehicle Laboratory di Massachusetts Institute of Thecnology menerangkan, untuk memastikan seorang supaya memahami dengan tempatnya, otak menggabungkan info dari beragam sumber seperti pandangan, peraba, telinga sisi dalam, serta harapan otak tersebut.

Stop! Jangan Biasakan Membaca Saat di Dalam Mobil, Ini Alasannya

Beragam sumber itu mempunyai sensor dengan kemampuan semasing, yang juga akan memengaruhi kerja system vestibular atau system keseimbangan badan jalan lancar. Dalam keadaan normal, semuanya sumber sensorik ini juga akan keluarkan tanda yang sama, hingga system keseimbangan lancar.

Tetapi apabila ada tanda yang tidak sama, juga akan keluar masalah hingga dapat mengakibatkan sakit kepala, mual, serta disorientasi ruangan. Itulah penyebabnya, kenapa membaca atau menulis saat ada dalam mobil membuat kita pusing bahkan juga mual.

Mata kita yang tengah konsentrasi di buku tidak jalan selaras dengan system sensorik yang beda. Untuk menyingkirkan pusing, langkah mudahnya yaitu sudah pasti berhenti membaca. Lantas, biarlah badan relaks serta pandanglah ke luar jendela mobil.

Terkecuali membuat pusing, membaca saat ada dalam kendaraan dapat mengakibatkan masalah pandangan, lho. Jadi, tambah baik bersantai sambil nikmati perjalanan saja ya.

Baca Juga: