Mengenal Berbagai Tanda Hamil Anak Perempuan

Posted on

ArenaWanita.com Tanda Hamil Anak Perempuan – Dengan adanya USG, jenis kelamin bayi dalam kandungan bukanlah sebuah misteri lagi. Akan tetapi, tahukah anda jika sebenarnya ada beberapa cara untuk  mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang dikandung tanpa menggunakan USG? Khususnya bagi anda yang sedang menginginkan bayi perempuan, berikut ulasan mengenai tanda hamil anak perempuan yang bisa dijadikan pedoman dalam mengetahui jenis kelamin bayi yang masih berada di dalam kandungan.

Tanda hamil anak perempuan dapat dilihat dari berbagai aspek seperti aspek fisiologis, psikologis, perilaku, dan lain-lain. Jauh sebelum ditemukannya teknologi USG, tanda-tanda ini banyak digunakan oleh orang terdahulu untuk memprediksi jenis kelamin anak yang akan lahir. Terlepas dari akurat atau tidaknya, yang jelas metode ini telah digunakan bertahun-tahun lamanya untuk membantu orang tua dalam mempersiapkan kelahiran anak mereka semisal menyiapkan perlengkapan bayi, memberi nama, dan berbagai persiapan lainnya.

Untuk itu, jika anda penasaran dengan jenis kelamin anak anda, namun belum memiliki waktu yang tepat untuk melaksanakan USG, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan referensi berikut ini sebagai pedoman sementara.

Tanda-Tanda Kehamilan Anak Perempuan (Fakta dan Mitos)

Ada beberapa tanda yang bisa digunakan untuk memastikan bahwa bayi yang anda kandung adalah berjenis kelamin perempuan. Di sini, tanda-tanda tersebut akan dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu fakta dan mitos. Fakta merupakan tanda-tanda yang sudah bisa dijelaskan secara ilmiah, sedangkan mitos adalah tanda-tanda yang belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Akan tetapi, yang perlu digaris bawahi adalah, semua yang disajikan di sini bukanlah sesuatu yang absolut. Bagaimanapun juga kemungkinan kesalahan prediksi tetap ada. Semakin banyak tanda yang dialami, maka semakin besar pula kemungkinan bahwa bayi yang dikandung merupakan bayi perempuan. Lalu, apa saja tanda hamil anak perempuan tersebut? Berikut ulasannya.

Mengenal Berbagai Tanda Hamil Anak Perempuan

  1. Detak jantung bayi yang cenderung lebih lambat

Tanda pertama yaitu berkaitan dengan detak jantung bayi. Seperti kita ketahui, bayi perempuan memiliki detak jantung yang cenderung lebih lemah dan rendah daripada bayi laki-laki, sekitar 140 per menit. Untuk itu, jika bayi yang dikandung memiliki denyut jantung kurang dari atau sebanyak 140 per menit, maka bisa dipastikan bahwa bayi yang dikandung merupakan bayi perempuan. Lalu, bagaimana cara mengukurnya? Caranya sangatlah mudah. Saat kehamilan telah menginjak tri semester akhir, dekatkanlah teliga ke perut ibu hamil yang akan dicek. Dengarkan detak jantung bayinya, dan hitunglah.

  1. Timbul jerawat di wajah

Kedua, banyak penelitian yang telah menyatakan bahwa sekitar 90% ibu hamil berjerawat akan melahirkan bayi perempuan. Teori ini diperkuat dengan fakta bahwa sepanjang proses kehamilan, tingkat hormon estrogen pada perempuan terus meningkat, khususnya bagi perempuan yang mengandung bayi perempuan.

  1. Badan terlihat tetap langsing dan ramping walaupun sedang mengandung

Hal ini karena pada wanita yang sedang mengandung anak perempuan terdapat kecenderungan untuk mengonsumsi lebih sedikit makanan yang memiliki kalori tinggi. Oleh karena itu, dari segi fisik, perempuan yang mengandung anak perempuan cenderung akan tetap ramping, langsing, dan  cantik di masa kehamilannya dibandingkan dengan wanita yang mengandung anak laki-laki.

  1. Posisi perut

Terakhir, yaitu posisi perut. Pada umumnya, janin perempuan lebih suka menempel di bagian atas rahim ibunya. Hal ini akan mengakibatkan ibu yang hamil anak perempuan akan memiliki panggul yang lebih tinggi.  Selain itu, bentuknya tubuh juga akan lebih melebar di area pinggang. Akibatnya, tumpuan berat badan sebagian besar akan ditopang oleh panggul dan punggung.

Selain fakta-fakta diatas, di kalangan masyarakat tersebar juga beberapa mitos mengenai tanda hamil anak perempuan. Yang pertama yaitu erat kaitannya dengan perubahan fisik pada ibu hamil. Jika seseorang sedang mengandung bayi perempuan, maka kulit tubuhnya akan menjadi lebih halus, lembut, dan sensitif. Selain itu, bayi perempuan di dalam kandungan juga dipercaya dapat mengubah warna rambut ibunya menjadi lebih merah, bagian payudara yang membesar terutama di bagian payudara kiri, dan perubahan warna pada urine yang menjadi lebih keruh dan gelap.

Mitos kedua mengenai tanda hamil anak perempuan berkaitan dengan kebiasaan dari ibu hamil itu sendiri. Salah satunya yaitu, saat mengandung anak perempuan,ibu hamil akan menjadi lebih cerewet dari biasanya. Kemudian, ibu hamil menjadi lebih suka berdandan, bahkan ini terjadi pada wanita yang merupakan tipe orang yang tidak suka berdandan sebelum kehamilannya. Oleh karena itu, banyak yang mengatakan bahwa saat hamil anak perempuan, sang ibu dipercaya akan terlihat lebih cantik. Kemudian, bisa juga dilihat dari kebiasaan makannya. Adanya bayi perempuan dipercaya akan membuat sang ibu menjadi lebih menyukai makanan yang manis atau asam seperti buah-buahan.

Mitos kedua yaitu dari sisi kebiasaan. Jika  seorang ibu pada masa kehamilannya  menjadi kurang dominan saat berhubungan badan, atau lebih suka tidur dalam posisi miring ke kanan, maka  bisa diperkirakan bahwa anak yang dikandungnya berjenis kelamin perempuan. Selain itu, tanda hamil anak perempuan dari sisi kebiasaan adalah jika ibu menjadi lebih suka mengkhayal tentang perempuan. Misalnya, saat hamil, perempuan menjadi lebih suka melihat artis-artis cantik di televisi atau menjadi lebih suka mendandani anak perempuannya menjadi serupa dengan tokoh idolanya.

Mitos selanjutnya tentang tanda hamil anak perempuan dapat dilihat dari sisi psikologis. Saat mood seorang ibu menjadi tidak stabil, berubah-ubah dalam waktu yang singkat, dan cepat marah, maka bayi yang dikandungnya kemungkinan besar berjenis kelamin perempuan. Tidak hanya itu, secara psikologis, saat mengandung bayi perempuan, sebenarnya seorang seorang sudah memiliki feeling tersendiri bahwa anaknya akan lahir dengan jenis kelamin perempuan. Sehingga, pada dasarnya ibu secara alamiah akan lebih siap dalam mempersiapkan segala perlengkapan bayi.

Mitos selanjutnya, berkaitan dengan parahnya morning sickness yang diderita sang ibu. Gejala ini ditandai dengan munculnya rasa mual di pagi hari yang bisa berakibat muntah-muntah. Pada dasarnya, gejala ini merupakan sesuatu yang relatif umum pada kehamilan bayi laki-laki atau perempuan. Namun  saat morning sickness yang diderita sudah cukup parah, terus-menerus, dan dalam waktu yang lama, maka dapat dikatakan bahwa anda sedang mengalami salah satu tanda hamil anak perempuan.

Tanda hamil anak perempuan selanjutnya juga bisa dilihat lewat gerakan janin. Jika gerakan janin dalam kandungan tak bisa diprediksi, seperti kadang bergerak di malam hari, kadang menendang-nendang, kadang diam, dan lain-lain, maka besar kemungkinan bayi yang dikandung berjenis kelamin perempuan. Sedangkan jika gerakan janin memiliki ritme yang teratur dan bisa dengan mudah ditebak, maka kemungkinan besar bayinya berjenis kelamin laki-laki.

Baca juga:

Demikian beberapa cara, baik fakta maupun mitos, yang bisa digunakan untuk menentukan apakah anak yang sedang dikandung berjenis kelamin perempuan atau laki-laki. Akan tetapi, mengingat masih adanya kemungkinan kesalahan prediksi, ada baiknya jika anda tidak hanya bergantung pada metode tersebut dalam mempersiapkan segala kebutuhan bayi. Demikian ulasan tentang tanda hamil anak perempuan, semoga bermanfaat dan dapat digunakan sebagai jalan alternatif saat anda tak sempat melakukan USG.

Kata Kunci Halaman Ini:

hamil anak perempuan, fakta dan mitos mengandung anak perempuan, tanda tanda gerakkan beby perempuan, lebih suka miring ke kanan apa itu tanda anak perempuan, apakah bumil tidur d posisi kiri terus berdanda mengandung anak perempuan, artikel ciri hamil anak perempuan, cara mengetahui janin yg dikandung anak perempuan, tandahamilanakperempuan, ciri hamil anak perempuan lewat usg kalo cowo bentuknya gimana dan cewe, fakta dan mitos hamil anak perempuan

Baca Juga: