Tata Ruang Dapur Berdasarkan Feng Shui

Posted on

ArenaWanita.com | Tata Ruang Dapur Berdasarkan Feng Shui – Ilmu Feng Shui banyak digunakan untuk  berbagai macam urusan, salah satunya adalah untuk penataan rumah. Berdasarkan Feng Shui, setiap rumah memiliki bagian dan porsinya masing-masing, jadi penataannya bisa berbeda satu sama lain. Penataan tersebut disesuaikan pula dengan fungsi utama dari sebuah ruangan, misalkan saja dapur.


Dalam hal ini bisa dikatakan bahwa dapur merupakan “penggerak” rumah. Memang dalam hal ini dapur sebagai tempat untuk menjalankan salah satu aktivitas rumah yang penting, yaitu mengolah makanan dan sebagainya.

Penataan dapur sangat penting untuk dilakukan dengan baik sehingga aktivitas tersebut dapat berjalan dengan dan menghasilkan sesuatu yang baik pula untuk orang-orang yang tinggal di dalam rumah tersebut. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menata sesuai dengan Feng Shui.

  • Rapikan Dapur

Kita tahu bahwa dapur dipenuhi dengan berbagai macam perabotan dan peralatan memasak. Banyaknya perabotan dan peralatan jika tidak diatur maka akan berdampak tidak baik pada aktivitas dapur. Sehingga kita harus punya cara untuk membuat perabotan dan peralatan tersebut rapi. Tempatkan keduanya di rak atau kabinet yang pas.

  • Gunakan Barang Peralatan Seperlunya

Jika perabotan terlalu banyak kita sendiri yang juga akan bingung mana yang mau digunakan, hal ini dapat mengganggu aktivitas di dapur. Jadi pastikan yang ada di dapur adalah peralatan yang diperlukan saja. Peralatan lainnya simpan di tempat yang memang untuk menyimpan barang, misalkan gudang. Dengan begitu dapur akan terasa nyaman untuk ditempati dan digunakan.

Tata Ruang Dapur Berdasarkan Feng Shui

  • Hidupkan Suasana Ceria dan Terang

Hal yang dapat kita lakukan selanjutnya adalah membuat dapur menjadi tempat yang terang. Bisa dengan menggunakan penerangan yang cukup, atau dengan menggunakan cat yang berwarna cerah, terang, dan ceria sehingga akan berdampak pada suasana dapur. Bila perlu tempat sebuah pot kecil untuk menghiasi dapur dengan tanaman kecil. Pada dasarnya memang sesuatu yang berasal dari alam dapat membuat jiwa menjadi lebih sehat.

Ruang Dapur Berdasarkan Feng Shui

  • Buat Jarak Televisi dan Meja Makan

Makan dan menonton televisi merupakan dua aktivitas yang berbeda. Momen dimana kita duduk dan makan bersama keluarga di meja makan harus menjadi momen yang eksklusif. Tambahkan kursi yang nyaman dan bila perlu tempatkan hiasan dinding untuk menambah suasana yang tenang dan menyenangkan. Hindari makan sambil menonton televisi agar komunikasi keluarga tetap lancar. Baca juga:

  • Tempatkan Elemen Tanah

Elemen tanah ini bisa menghadirkan dan menyalurkan energi yang bersifat “membumi” pada tubuh. Hal ini bisa dikatakan menjadi faktor yang sangat penting atau bisa menengahi ketika kita berhadapan dengan pisau dan api di dapur. Penempatan elemen tanah bisa dilakukan dengan cara memilih warna dinding yang sesuai, atau menggunakan lantai granit maupun yang lainnya dengan nuansa tanah, misalkan warna merah bata, coklat, dan hijau daun.