Tips Aman Memotong Kuku Bayi

Posted on

ArenaWanita.com | Tips Aman Memotong Kuku Bayi – Menjaga kebersihan bayi adalah komponen penting yang harus selalu dijaga oleh setiap orang tua. Berbicara soal kebersihan bayi itu artinya kebersihan secara menyeluruh mulai dari memandikan bayi, menjaga kebersihan bagian lipatan, dan juga kebersihan kuku.


Bayi memiliki kuku yang lunak dan tipis namun sangat tajam dan cepat tumbuh.Apabila kuku bayi dibiarkan memanjang dan tidak dipotong hal itu akan melukai bayi anda dan juga akan melukai anda, bayi akan mencakar mukanya sendiri dan akan mencakar payudara anda saat menyusu.

Selain itu bayi juga memiliki kebiasaan memakan jarinya, apabila anda tidak merawat kuku bayi dengan rutin maka bayi anda akan memakan kuman yang bersarang di kuku bayi, akibatnya bayi akan terserang penyakit yang disebabkan oleh kuman.

Memotong kuku bayi kelihatannya sepele namun sebagian orang tua merasa kesulitan saat akan memotong kuku bayinya. Berikut ini ada tips aman memotong kuku bayi.

  1. Sebelum mulai menggunting kuku bayi basahi terlebih dahulu ujung gunting kuku khusus bayi menggunakan kapas yang dibasahi dengan cairan alkohol 70 %. Jika anda mau saat ini banyak baby shop yang menyediakan peralatan medicure pedicure khusus untuk bayi.
  2. Pegang jari bayi dengan kuat tapi jangan sampai membuatnya sakit. Potong kuku bayi dengan posisi lurus bukan melengkung mengikuti bentuk jarinya. Anda tidak perlu memotong kuku bayi hingga habis, sisakan kurang lebih 1 mm ujung kuku untuk menghindari terjadinya luka.
  3. Apabila pada kuku bayi terdapat kotoran bersihkan dengan cutton bud yang dibasahi dengan air matang.
  4. Jika jari bayi terluka tekan lukanya menggunakan tissu sampai aliran darahnya berhenti kemudian oleskan obat merah menggunakan cutton bud.
  5. Langkah akhir rendam tangan bayi dengan air hangat untuk membersihkan kuman yang ada disela-sela jari bayi.

Tips Aman Memotong Kuku Bayi

Sebaiknya pemotongan kuku bayi anda lakukan saat bayi sedang tidur untuk meminimalis terjadinya luka pada jari bayi, karena pada saat bayi tidur ia cenderung lebih tenang dan diam. Anda juga bisa memotong kuku bayi setelah mandi karena kuku bayi yang basah cenderung lebih lunak dan mudah dipotong.

Baca juga:

Demikian tips aman memotong kuku bayi yang bisa anda praktekkan di rumah untuk merawat dan menjaga kebersihan bayi secara keseluruhan. Salam.


Kata Kunci Halaman Ini:

jari bayi terluka saat potong kuku, cara mengobati luka pada kuku bayi, cara memotong kuku bayi agar tidak tajam, cara mengobati luka pada jari bayi akibat gunting kuku, bayi saya terluka saat dipotong kukunya, luka dijari bayi com, tangan bayi terluka akibat potong kuku, cara cpat mngobati luka jari krn gunting kuku, cara agar kuku bayi tidak tajam, bahayakah jari bayi terpotong saat gunting kuku