Tips Ampuh Melembabkan Kulit Kering Memakai Bahan Alami

Posted on

ArenaWanita.com – Kurangnya asupan nutrisi dan minum, seperti yang terjadi saat puasa, bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Kalau sudah seperti itu, tentu kulit akan terlihat kusam serta tidak bercahaya. Untuk dapat melembabkan kembali kulit yang kering, AW’ers dapat memakai bahan alami dibawah ini :

Oatmeal

Oatmeal sangatlah efektif untuk memlembabkan kembali kulit kering. Teksturnya yang lembut dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang tumbuhnya sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Caranya, siapkan dua sendok makan oatmeal yang telah dihancurkan hingga menjadi serbuk halus, satu sendok teh madu, 2-4 sendok teh susu skim hangat, dan satu sendok makan minyak almond (hancurkan dengan memakai blender).

Larutkan madu dalam susu skim hangat. Tambahkan oatmeal dan kacang almond yang sudah dihancurkan. Aduk hingga membentuk pasta kental. Tambahkan susu skim bila terlalu kental.

Aplikasikan ramuan tersebut pada kulit wajah yang telah dibersihkan dan diuapi dengan uap panas untuk dapat membuka pori-pori wajah. Biarkan sekitar 20-30 menit. Angkat masker dengan waslap basah sampai bersih. Kompres wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori wajah. Keringkan dengan handuk lembut, kemudian pelembab dioleskan.

Tips Ampuh Melembabkan Kulit Kering Memakai Bahan Alami

Aloe Vera

Sudah lama Aloe vera (lidah buaya) dikenal sebagai tanaman yang dapat digunakan untuk merawat rambut. Selain itu, Aloe vera ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk melembabkan dan mencerahkan kembali kulit yang kusam dan kering.

Caranya, sisipkan dua per tiga cangkir air murni dan sepertiga cangkir gel lidah buaya. Campur kedua bahan tersebut sampai merata, kemudian simpan dalam botol bersih, dan dinginkan di lemari es. Bila akan menggunakan, kocok lebih dahulu ramuan tersebut, kemudian oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bagus dikonsumsi, tapi juga bermanfaat untuk merawat kulit, yaitu mampu melembabkan kulit. Orang Yunani kuno biasa menggunakan minyak zaitun untuk mandi. Yaitu dengan menambahkan minyak zaitun ke dalam air, kemudian digunakan berendam. Minyak zaitun mengandung senyawa alami yang disebut asam linoleat, yang mampu mencegah air dalam kulit keluar, sehingga kelembabannya tetap terjaga.

Asam linoleat tidak dapat diproduksi oleh tubuh, dan harus diperoleh dari makanan. Penelitian menunjukkan, minyak zaitun tidak hanya mampu melembabkan kulit, tapi juga bisa mengurangi gejalam psoriasis, dermatitis, dan eksim. Bahkan, minyak zaitun mampu mengurangi peradagangan dan menenangkan serta menyembuhkan kulit yang terbakar oleh sinar matahari.

Madu

Madu merupakan bahan alami yang sangat sempurna untuk melembabkan kembali kulit kering. Madu mampu mengangkat sel-sel kulit mati, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Madu bersifat humektan (menarik air), sehingga mampu mempertahankan kelembaban kulit. Madu juga bersifat antibakteri dan anti-iritasi, sehingga cocok untuk kulit kering dan cenderung sensitif.

Cara merawat kulit menggunakan madu sangatlah mudah. AW’ers dapat langsung mengoleskan madu murni pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan 10-15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Atau, siapkan dua sendok makan madu, dua sendok cocoa butter yang sudah dilelehkan, dan satu teteh minyak lavender (bisa ditambahkan atau tidak). Campur semua bahan sampai merata, lalu aplikasikan pada kulit wajah yang sudah dibersihkan.

Bila ada sisa, simpan madu plus cocoa butter tersebut di lemari es. Bila ingin menggunakannya lagi, panaskan 10 detik di microwave, aduk, kemudian oleskan secara merata pada kulit yang sudah dibersihkan.

Baca juga

Nah diatas tadi adalah tulisan mengenai Tips Ampuh Melembabkan Kulit Kering Memakai Bahan Alami. Semoga bermanfaat ladies.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara melembabkan kulit kering, cara melembabkan kulit, cara melembabkan kulit tubuh, cara alami melembabkan kulit, cara melembabkan kulit secara alami, cara melembabkan kulit tubuh secara alami, cara melembabkan wajah, https://arenawanita com/tips-ampuh-melembabkan-kulit-kering-memakai-bahan-alami/, melembabkan kulit kering, melembabkan kulit

Baca Juga: