Apa Saja Tips Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir?

Posted on

ArenaWanita.com – Bagi para ibu muda atau para ibu yang baru saja melahirkan anak pertama, kemungkinan Anda memiliki kesulitan dalam merawat bayi Anda. Mungkin Anda masih banyak bertanya- tanya bagaimana cara untuk memandikan bayi, makanan apa saja yang diperbolehkan atau cara mengatasi dan menghindari kulit bayi dari ruam dan iritasi.

Tentu ini bukanlah merupakan hal yang mudah. Anda bahkan mungkin terkesan agak kaku ketika pertama kali merawat bayi, tapi perlahan Anda pasti bisa merawat buah hati dengan baik dan benar. Kali ini, artikel ini akan memberikan beberapa tips cara merawat bayi yang baru lahir tanpa khawatir dan takut akan penanganan yang salah.

Tips cara merawat bayi yang baru lahir yang sangat perlu Anda perhatikan pertama kali yaitu cara merawat tali pusar bayi. Ini merupakan hal yang penting karena tali pusar bayi sangat mudah terkena infeksi. Tentunya Anda tidak mau itu terjadi pada buah hati.

Apa Saja Tips Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir

Untuk menghindarinya, apabila tali pusar terkena air, pastikan Anda mengeringkannya menggunakan kasa, tissue atau cotton buds. Pastikan tali pusar bersih tanpa terkontaminasi cairan apapun. Tali pusar bayi membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk bisa putus. Anda juga harus menghindarkan bagian tersebut dari air seni atau kotoran si bayi agar tidak terjadi infeksi yang bisa berakibat buruk.

cara merawat tali pusar bayi

Selanjutnya, tips cara merawat bayi yang baru lahir yang perlu Anda perhatikan adalah kosmetik yang akan digunakan untuk bayi Anda. Kosmetik yang dimaksud adalah berbagai produk yang akan dipakai bayi mulai dari produk shampoo, sabun mandi, baby powder, baby cologne, baby lotion, hair lotion dan sebagainya. Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak sekali produk kosmetik bayi yang aman bermunculan di pasaran.

Anda harus memilih produk yang memiliki kualitas terbaik dan tidak terlalu banyak mengandung zat kimia. Pertama kali penggunaan, pastikan juga bahwa buah hati Anda tidak alergi dengan produk tersebut. Apabila timbul ruam dan iritasi, Anda harus segera menghentikan pemakaian.

Kosmetik Bayi

Tips cara merawat bayi yang baru lahir lainnya yaitu Anda wajib memperhatikan popok dan kebersihan pakaian bayi. Anda tentu tidak mau melihat buah hati kotor dikarenakan pakaian dan popok yang tidak bersih. Pastikan Anda mengecek popoknya sesering mungkin. Apabila bayi Anda sudah buang kotoran, segeralah ganti popoknya agar tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Terakhir, Anda harus memperhatikan ritual tidur buah hati Anda. Wajarnya, bayi memiliki waktu tidur sehari sekitar 16 jam.

Baca juga:

Mereka biasanya tidur dengan gelisah dan sering kali bangun. Tetapi, bayi akan memiliki pola tidur yang tetap dan teratur ketika telah mencapai usia lima minggu. Untuk membuatnya tidur dengan nyenyak, sebelum tidur Anda bisa memandikannya dengan air hangat kemudian gunakan baby lotion untuk memijatnya. Setelah itu, ketika bayi sudah berada di ranjang tidur, nyanyikan lagu nina bobo untuk membuat bayi tenang.

Kata Kunci Halaman Ini:

cara mengganti kasa tali pusar, cara mengganti kasa tali pusar bayi baru lahir

Baca Juga: