Tips dan Trik Belanja Online Dengan Kartu Kredit

Posted on

ArenaWanita.com | Belanja Online Dengan Kartu Kredit – Di era yang serba maju dan serba menggunakan teknologi ini sepertinya sudah tidak asing lagi jika mendengar belanja online dengan kartu kredit. Ini adalah salah satu cara berbelanja seseorang dengan bantuan koneksi internet dan pembayaran akan dilakukan melalui transfer melalui debit ataupun kartu kredit tertentu sesuai perjanjian antara kedua belah pihak.


Cara berbelanja seperti ini sudah banyak dilakukan orang, selain memang lebih menghemat waktu dan tenaga dibandingkan anda harus berjalan mencari sendiri toko yang menjual keperluan yang anda butuhkan. Banyak orang menyebutkan cara semacam ini dibilang lebih efisien karena lebih menghemat waktu tenaga dan uang.

Namun apakah yang terjadi seperti itu? Tahukah anda problema apa yang terjadi dibalik cara mudah mendapatkan barang dengan berbelanja online? Persoalan inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Meskipun cara semacam ini sebenarnya bisa dikatakan lebih mudah, lebih efisien dan menghemat banyak waktu dan tenaga, namun kerap kali cara – cara semacam ini juga dikeluhkan bagi sebagian orang yang merasa dirugikan. Gara – gara belanja online dengan kartu kredit terkadang seseorang harus mengalami kerugian karena barang yang dibelinya ternyata tidak kunjung datang padanya sesuai yang telah disepakati oleh kedua belah pihak sebelumnya. Hal – hal semacam ini juga sudah bukan berita yang asing lagi karena bukan hanya 1 atau 2 orang yang mengalami hal demikian.

Wajar saja hal ini terjadi karena memang tidak ada kesepakatan secara langsung antara kedua belah pihak yakni penjual dan pembeli, kedua belah pihak hanya melakukan kesepakatan di sebuah social media yang menghubungkan antara keduanya, ini bisa dikatakan kesepakatan fiktif sehingga ini menjadi ladang tipu menipu bagi sebagian orang yang ingin mencari untung dengan cara yang kotor.

Belanja Online Dengan Kartu Kredit

Meski telah banyak terjadi tipu menipu dalam belanja online dengan kartu kredit, namun tetap saja masih banyak orang yang mengandalkan cara belanja semacam ini demi untuk memenuhi kebutuhan maupun hasrat mereka pribadi. Entahlah apa sebabnya bagi mereka yang masih memakai jasa online, yang pasti mereka punya alasan tersendiri mengenai hal itu.

Bagi anda yang baru mengenal atau bahkan baru saja tau tentang belanja online dengan kartu kredit setelah membaca artikel ini, itu tidak masalah karena tidak ada larangan bagi anda untuk boleh atau tidaknya menggunakan jasa online sebagai sarana jual beli, namun yang akan kita bahas disini adalah kehati – hatian kita dalam belanja agar terhindar dari tipu menipu yang marak terjadi di belanja online seperti sekarang – sekarang ini.

Memang bagi ognum yang melakukan kecurangan ini bisa dibilang hanya untung 50 sampai 200 ribu rupiah saja, memang angka tersebut terlihat kecil namun coba anda bayangkan berapa orang yang bisa ditipu dalam sehari oleh ognum tersebut. Ini menjadi hal yang sepertinya pantas untuk diperbicangkan dan dicari solusi atau jalan keluar dari permasalahan semacam ini.

Sebenarnya untuk menghindari risiko –risiko yang tidak diinginkan termasuk tipu menipu dalam berbelanjda secara online ada beberapa tips dan trik agar anda terhindar dari tipu menipu dalam belanja online diantaranya dengan memperhatikan hal – hal sebagai berikut:

Identitas Perusahaan

Sebuah perusahaan pastilah memiliki sebuah identitas baik nama perusahaan atau alamat perusahaan, yang harus anda lakukan disini adalah sebelum anda melakukan pemesanan secara online sebaiknya anda memperhatikan identitas perusahaan yang hendak anda ajak kerjasama dalam hal ini adalah (jual beli), anda harus mencari tahu dimana perushaan itu berdiri, ini sangatlah pentinga karena agar setidaknya anda mengetahui bahwa perusahaan tersebut bukan menggunakan alamat fiktif atau karangan semata. Ini bisa anda lakukan dengan cara browsing atau googling, anda tinggal ketikkan saja alamat yang dicari lalu klik “search”, setelah anda menemukan alamat tersebut barulah anda cari tahu benarkah berdiri sebuah perusahaan “A” di alamat tersebut. Jika google tidak menmukan apapun, besar kemungkinan perusahaan itu memang tidak berdiri dialamat itu. dengan cara seperti itu sehingga anda akan terhindar dari resiko tertipu yang kerap terjadi pada jual beli barang secara online.

Belanja Online

Pilih Tempat Belanja Terpercaya

Dalam belanja online dengan kartu kredit, jika anda mendapatkan penawaran lebih dari satu produk dari sebuah perusahaan, cobalah untuk membeli produk pada tempat belanja terpercaya. jika ternyata dalam waktu yang sudah dijanjikan barang yang anda pesan sampai dengan utuh ditangan anda, berarti ada kemungkinan perusahaan itu tidak berbohong dan memang nyata keberadaannya, sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir untuk memesan barang – barang yang lain dari perusahaan tersebut.

Lakukan Cek Harga

Meski belanja online dengan kartu kredit bisa dikatakan lebih efisien, namun anda juga harus mengecek harga ditempat lain apakah harga yang ditawarkan masih dalam kategori wajar atau berbeda jauh dari harga pasaran. Cara ini dimaksudkan agar anda bisa mendapatkan harga yang sesuai sehingga anda tidak akan dirugikan.

Belanja online dengan kartu kredit memang hal yang sangat menyenangkan, melihat sekilas dari kemudahan yang diberikan, terutama bagi kaum wanita ini seperti suatu hal yang wajib, namun tetap harus diperhatikan berbagai risiko dari belanja online tersebut.

Memang setiap hal yang kita lakukan pastilah mengandung resiko, apapun itu. Tapi kita sebagai manusia yang diberi kesempurnaan oleh tuhan dengan diberi akal, tentu kita bisa mencari cara agar kita bisa lebih berhati – hati dalam hal apapun. Pada umumnya sebuah tempat belanja yang baik untuk berbelanja dengan kartu kredit akan menawarkan sistem yang terkait dengan hal hal berikut ini :

  1. Tersedianya sistem verifikasi. Sistem canggih memungkinkan security data penggunaan kartu kredit yang optimal. Nah, verfikasi yang dimaksud adalah sistem pada sebuah toko online akan memberi sistem dengan dengan mengirimkan kode ke nomer ponsel terdaftar. lalu, anda hanya perlu memasukkan kode pada tempat yang telah disediakan.
  2. formulir pengisian data pun dibuat sedetail mungkin mulai dari nama pengguna sampai ke alamat penagihan bill. Tentu saja hal ini akan digunakan untuk mencocokan data yang fungsinya sebuah merchant bisa mendapatkan keyakinan bahwa yang berbalanja adalah pemegang resmi kartu kredit.

Baca juga:

Sekali lagi dalam artikel ini tidak akan menyarankan anda untuk tidak belanja online dengan kartu kredit, karena itu adalah hak anda pribadi. Namun tidak ada salahnya bagi kita untuk lebih berhati – hati dalam berbagai hal termasuk dalam berbelanja online. Sadari bahwa banyak sekali penipuan yang ada di dunia maya. Kehatian hatian amat diperlukan dalam kasus ini sehingga anda bisa mendapatkan yang terbaik – barang yang anda pesan sesuai keinginan dan uang anda pun tak hilang karena kejahatan carding yang mulai marak.

Itulah sedikit ulasan mengenai belanja online menggunakan kartu kredit, semoga dengan pembahasan diatas semakin menambah pengetahuan dan wawasan anda mengenai apa yang terjadi dibalik belanja online yang dikatakan sebagai cara yang efisien. Tetaplah berhati – hati dalam segala hal.