Tips dan Trik Membersihkan Furniture Kayu Supaya Selalu Terlihat Seperti Baru

Posted on

ArenaWanita.com | Tips dan Trik Membersihkan Furniture Kayu – Orang Indonesia pada umumnya lebih memilih furniture dengan bahan dasar kayu untuk melengkapi dekorasi rumah. Alasan mengapa banyak orang yang memilih furniture kayu dibandingkan dengan bahan material yang lain adalah karena bahan kayu lebih tahan lama, tidak mudah ketinggalan jaman karena gayanya yang klasik sehingga dapat bertahan dari masa ke masa tanpa mengurangi keindahannya.

Furniture kayu ini menjadi salah satu yang populer dalam penataan interior rumah. Hal yang perlu diperhatikan dari furniture kayu adalah cara perawatannya. Jika perawatannya tidak benar, maka furniture kayu ini akan lapuk dan juga terlihat kusam. Berikut ini adalah tips dan trik merawat furniture kayu supaya selalu terlihat seperti baru.

  • Tips dan trik yang pertama adalah hindarilah kayu dari tumpahan benda-benda cair seperti minuman, alkohol, ataupun alat kosmetik yang berbahan cair. Karena jika kayu terkena tumpahan benda-benda cair tersebut, selama satu menit saja, dan air akan meresap ke dalam kayu menjadi noda yang susah dibersihkan.
  • Selanjutnya jagalah permukaan kayu dengan baik, jangan sampai terkena debu dan kotoran yang akan membuat permukaan kayu tampak lapuk dan kusam. Cara mudah untuk membersihkan debu yang hinggap di furniture kayu adalah dengan menggunakan vacuum cleaner yang di ujungnya dilengkapi dengan sikat kecil sehingga efektif untuk membersihkan kayu dari deu dan kotoran. Atau bisa juga dengan menggunakan kain lap yang diberi sedikit minyak khusus untuk memberihkan kayu supaya permukaannya dapat terlihat lebih mengkilap.

Tips dan Trik Membersihkan Furniture Kayu Supaya Selalu Terlihat Seperti Baru

  • Kemudian untuk bahan furniture kayu yang tidak divernis, gunakanlah kain yang dibasahi dengan campuran air hangat dan sabun yang berformula lembut untuk membersihkan kayu. Setelah itu, segera keringkan dengan kain yang kering untuk mencegah kayu tersebut menyerap terlalu banyak kelembapan yang malah akan membuatnya cepat lapuk.
  • Jika furniture kayu terkena noda yang lengket, maka cara membersihkannya adalah menggunakan kain lap basah lalu segera gosok-gosok dengan kain lap yang kering. Sama seperti tips yang sebelumnya, jangan biarkan kain lap asah lama-lama menempel pada permukaan kayu agar tidak merusak kayu tersebut.
  • Bahan kayu yang divernis harus senantiasa dilapisi dengan wax atau bisa juga disemir setiap tahun agar membuatnya tetap berkilau. Selain itu, dapat juga bermanfaat untuk melindungi bagian permukaan kayu dari debu dan lembab.

Baca juga:


Demikian adalah cara yang paling mudah untuk merawat serta membersihkan furniture kayu dari kotoran. Furniture kayu ini dapat bertahan lama dengan desain yang juga tahan lama disebabkan furniture kayu menampilkan gaya klasik. Jadi, bisa dikatakan bahwa furniture kayu ini merupakan investasi yang paling menguntungkan jika dirawat dan dijaga dengan baik.


Kata Kunci Halaman Ini:

agar perabot kayu mengkilap seperti baru, artikel tips & trik perwatan furniture kayu, furniture kayu